gambar anak dan ayah tidur dengan pose yang sama

Mengetahui bahwa Anda akan menjadi seorang ayah adalah momen istimewa dalam hidup. Sangat wajar jika para calon ayah merasakan perasaan bercampur aduk. Dari rasa gembira sampai rasa ketakutan atau kekhawatiran tidak bisa memberikan nafkah.

Sejujurnya, sulit untuk merasa siap sepenuhnya menjadi seorang ayah. Tim Awal Cemerlang ada beberapa ide untuk para calon ayah sembari menunggu kelahiran si kecil dan menjalani bulan-bulan berikutnya yang menyenangkan namun melelahkan.

Mulai Mencari Tahu

Bergabunglah dengan beberapa komunitas online yang terbuka menerima Anda untuk ikut sama-sama belajar menjadi seorang ayah. Pahami dan berempatilah pada gejala-gejala yang dirasakan oleh istri, seperti mual pagi hari, mulas, dan lain-lain sehingga calon ayah bisa mendukung kehamilan tersebut dengan lebih baik.

Ketahui apa saja yang ayah perlu lakukan ketika si bunda melahirkan dan pasca melahirkan. Baca apa itu persalinan pervaginam dan sesar, bagaiman ayah mendukung bunda yang sedang menyusui, bagaimana mengganti pokok, dan lain sebagainya.

Menjadi lebih Sehat

Jika Anda merokok, cobalah berhenti demi kesehatan Anda sendiri dan si kecil. Paparan asap rokok ketika hamil maupun pasca melahirkan terbukti meningkatkan kelainan jantung bawaan pada bayi baru lahir.

Bicarakan Metode Pengasuhan dengan calon Bunda

Mulai diskusi tentang bagaimana ayah-bunda akan menjadi orang tua. Apakah ayah-bunda berdua siap menyusui? (Dukungan dari ayah sangat penting untuk keberhasilan menyusui!) Apakah Anda ingin bayi tidur di boks bayi di kamarnya sendiri atau di kamar yang sama dengan bunda? Apakah Anda berdua akan bekerja?

BACA JUGA  Masalah Keluarga yang Sering Terjadi dan Bagaimana Ayah-Bunda Bisa Mencegahnya

Ingatlah bahwa hal-hal ini masih bersifat teoritis bagi Anda berdua. Begitu bayi lahir, perasaan Anda mungkin berubah. Menyusui mungkin lebih menantang dari yang Anda harapkan.

Mulai Berperan sebagai Sebuah Tim yang Kompak

Mulai sekarang, ayah-bunda dan si kecil terikat seumur hidup, dalam hubungan orangtua dan anak. Adalah ide bagus untuk melihat segala sesuatu dari kacamata bahwa ayah-bunda harus kompak mengenai pengasuhan anak.

Jika bunda yang menggendong si kecil mulai merasa lelah, membantu bunda juga berarti membantu si kecil. Memberi makan si kecil (menyuapi), menemani sambil bermain bersama, ikut membersihkan si kecil beberapa cara yang ayah bisa lakukan untuk merawat keluarga kecil Anda.

Tetapkan bahwa Anda ingin menjadi Ayah yang Hebat

Tidak semua orang memiliki hubungan yang baik dengan ayahnya sendiri. Jika Anda cukup beruntung memiliki ayah yang hebat, Anda mungkin ingin menjadi seperti dia — dan itu luar biasa.

Jika ayah Anda tidak mencontohkan hal-hal yang baik atau seharusnya, Anda mungkin merasa gugup dengan peran sebagai seorang ayah.

Temukan seseorang yang bisa Anda teladani sebagai seorang ayah, misalnya Nabi Muhammad shallahu alaihi wassalam. Atau mengikuti nasihat-nasihat dari konsultan pengasuhan seperti Ustadz Bendri Jaisyurrahman, Elly Risman, ayah Irwan Rinaldi, dr. Aisyah Dahlan, dan lain sebagainya.

Bergabunglah dengan Calon Ayah – Calon Ayah yang Lain

Memiliki seseorang yang akrab dengan tantangan keayahan memberi Anda jalan keluar dan tempat untuk bertanya atau curhattentang pengalaman keayahan yang sedang dijalani. Anda juga bisa bergabung dengan grup online, grup masjid, atau grup lainnya yang biasa membahas tentang keayahan.

Menghadiri Konsultasi Kehamilan

Ayah punya kesempatan bertanya ke dokter spesialis kandungan, mencari tahu apa yang dialami oleh bunda, dan mempelajari lebih lanjut tentang perkembangan bayi Anda.

BACA JUGA  6 Cara Me Time ala Ibu Rumah Tangga

Jadwal kerja dan tantangan lainnya mungkin menghalangi Anda hadir di konsultasi dengan dokter, namun cobalah mencari jadwal yang memungkinkan Anda untuk hadir sesering mungkin. Lanjutkan dengan konsultasi berikutnya untuk pemeriksaan bayi baru lahir.

Bertindak sebagai Komunikator – Jangan Diam Saja

Ayah-bunda berhak memutuskan siapa saja yang akan menghadiri persalinan, dan sejuta keputusan lain yang akan ayah-bunda buat bersama. Jika keluarga atau teman mempertanyakan pilihan Anda, penting bagi Anda untuk angkat bicara selaku kepala keluarga.

Ingatlah bahwa menetapkan batasan adalah hal yang sehat dan normal. Jika Anda ingin merayakan kelahiran dengan mengundang semua orang yang ayah-bunda kenal ke acara Aqiqah, itu bagus. Namun jika ingin membatasi pengunjung dan menghabiskan waktu sendirian bersama keluarga, itu juga sama bagusnya. Anda bisa menjadi orang yang memberi tahu orang lain apa yang akan — dan tidak akan — dilakukan sebagai sebuah keluarga.

Lebih terlibat sebagai orang tua

Angkat bicara untuk mengajukan pertanyaan ketika konsultasi kehamilan atau konsultasi new born baby. Dukung keputusan bunda untuk kembali bekerja – atau untuk tinggal di rumah.

Ini juga berarti mencari tanda-tanda depresi pascapersalinan (post-partum depression) dan membantu mereka mendapatkan bantuan profesional yang tepat. Ayah harus menjadi orang yang kuat dalam mendukung kesehatan bunda dan si kecil. Penting bagi si kecil memiliki dua orang tua yang sehat.

Berbagi Tanggung Jawab Perawatan New Born Baby

Ayah mudah merasa tersisih di masa-masa awal, terutama jika bunda sedang menyusui. Anda mungkin merasa peran Anda tidak begitu penting, namun sebenarnya penting. Ini dia cara-cara merawat bayi baru lahir Anda:

mengganti popok – tidak hanya di siang hari, tetapi saat bangun tengah malam
memandikan si kecil
habiskan waktu tatap muka untuk membantu membangun keterikatan dan kelekatan
membacakan untuk bayi Anda
pilihlah lagu khusus untuk dinyanyikan sebelum tidur
menyiapkan susu dalam botol, termasuk mencuci botol dan melakukan sterilisasi
mengerjakan tugas-tugas rumah tangga seperti mencuci piring dan pakaian

BACA JUGA  Agar Anak Tak Kehilangan Figur Ayah

Tidur

Bunda butuh tidur. Ayah butuh tidur. Si Bayi pun wajib tidur.

Ada banyak pendekatan untuk tidur dan mungkin diperlukan beberapa percobaan dan kesalahan untuk menemukan cara yang tepat untuk keluarga Anda. Yang penting semua orang bisa tidur. Ayahmungkin harus bekerja besok, begitu pula si bunda.

Tidurlah secara bergiliran, tidur siang kapan pun Anda bisa, bagilah dan taklukkan semua tugas dan tanggung jawab rumah tangga agar bunda dan si kecil dapat istirahat. Apa pun yang Anda lakukan, pastikan semua orang di rumah punya kesempatan untuk tidur.

Ketahuilah bahwa Anda penting bagi bayi Anda. Akan ada banyak fase dalam kehidupan si kecil yang membutuhkan Anda. Terkadang Anda mungkin merasa disconnected atau kurang penting. Dan jangan menyalahkan aktivitas bekerja. Mencari nafkah di luar rumah tidak buruk, kok. Itu artinya Anda bertanggung jawab kepada istri dan anak.

Percayalah, Anda pasti akan memiliki momen-momen istimewa, misalnya saat si kecil mengucapkan “dada” atau memegang jari Anda untuk pertama kalinya. Atau ketika Anda satu-satunya orang yang ingin mereka bawakan atau mendengar lagu spesial yang mereka nyanyikan.

Menjadi ayah adalah tentang menjalani peran baru dan berada di peran tersebut untuk jangka panjang. Kehadiran Anda dalam hidup mereka adalah hadiah yang Anda berikan kepada mereka — dan diri Anda sendiri — setiap hari.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.