Mengelola diabetes pada anak memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Diet yang tepat dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mendukung pertumbuhan serta perkembangan yang sehat. Berikut adalah panduan mengenai asupan makanan dan minuman yang direkomendasikan serta yang harus dikurangi untuk anak penderita diabetes.

Asupan Makanan atau Minuman yang Direkomendasikan

  1. Sayuran Hijau dan Berwarna-warni: konsumsi sayuran dalam jumlah yang tepat memberikan serat dalam jumlah yang dibutuhkan. Serat yang cukup juga akan membuat anak merasa kenyang sehingga mengurangi rasa atau keinginan untuk mengonsumsi karbohidrat sederhana, seperti: Brokoli, Bayam, Wortel, dan Paprika: Sayuran ini kaya akan serat, vitamin, dan mineral, serta memiliki indeks glikemik rendah, yang membantu mengontrol kadar gula darah.
  2. Buah-buahan dengan Indeks Glikemik Rendah, seperti: Apel, Pir, Berries, dan Jeruk: Buah-buahan ini mengandung serat dan nutrisi penting yang baik untuk kesehatan anak tanpa meningkatkan gula darah secara signifikan.
  3. Sumber Protein Rendah Lemak, seperti: Daging Tanpa Lemak, Ayam Tanpa Kulit, Ikan, Telur, dan Tahu: Protein membantu menjaga rasa kenyang lebih lama dan mendukung pertumbuhan anak.
  4. Karbohidrat Kompleks, seperti: Biji-bijian Utuh seperti Oatmeal, Quinoa, dan Beras Merah: Karbohidrat kompleks dicerna lebih lambat, membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.
  5. Minuman Sehat, seperti: Air Putih, Teh tanpa gula, dan minuman lain tanpa gula.

Asupan Makanan atau Minuman yang Harus Dikurangi untuk Anak Penderita Penyakit Diabetes

  1. Makanan/Minuman yang Tinggi Gula atau Karbohidrat Sederhana
    • Permen, Kue, Donat, biskuit, kue kering: Makanan ini mengandung gula sederhana dalam jumlah besar yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah. Roti Putih, Pasta Putih, dan Nasi Putih: Karbohidrat sederhana cepat dicerna dan dapat menyebabkan peningkatan gula darah yang cepat.
  2. Makanan Tinggi Lemak Jenuh dan Trans (yang tidak sehat)
    • Keripik, Makanan Cepat Saji, dan Gorengan: Makanan ini dapat meningkatkan risiko komplikasi kardiovaskular yang lebih tinggi pada anak dengan diabetes. Karena mengandung kalori, gula, garam, atau lemak tidak sehat dalam jumlah besar.
  3. Minuman Manis
    • Minuman Bersoda, Jus Buah Kemasan, dan Minuman Energi: Minuman ini tinggi gula dan kalori yang dapat memperburuk kontrol gula darah.
BACA JUGA  Berikan Zat Besi kepada Anak Melalui 5 Bahan Makanan Ini

Baca juga: Cukai MBDK untuk mengatasi gaya hidup sedentary yang berisiko tinggi.

Tips Tambahan untuk Mengelola Diet Anak dengan Diabetes

  1. Rencanakan Makanan dengan Cermat: Buatlah jadwal makan yang teratur dan seimbang untuk membantu mengelola kadar gula darah.
  2. Perhatikan Porsi Makan: Mengontrol porsi makan dapat membantu menghindari lonjakan gula darah.
  3. Libatkan Anak dalam Memilih Makanan: Ajarkan anak untuk memilih makanan sehat dan mengerti pentingnya pola makan seimbang.
  4. Monitor Kadar Gula Darah Secara Teratur: Pemantauan rutin membantu menyesuaikan diet dan aktivitas fisik sesuai dengan kebutuhan anak.

Dengan memperhatikan jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi, anak penderita diabetes dapat tetap menjalani hidup yang sehat dan aktif. Dukungan dan edukasi yang tepat dari orang tua sangat penting dalam membantu anak mengelola diabetes dengan baik.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.