Penambahan berat badan normal dan sehat

Selama kehamilan, penambahan berat badan merupakan bagian alami dan penting dari proses seiring tubuh mengalami perubahan signifikan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Oleh karena itu, bertambahnya berat badan yang sehat memang bisa dianggap sebagai tanda positif kehamilan.

Dilansir Diva Women’s Hospital, seiring bertambahnya usia kehamilan, tubuh mengalami perubahan hormonal yang mendorong penumpunan simpanan lemak ekstra dan pertumbuhan plasenta serta cairan ketuban.

Janin bergerak

Salah satu pencapaian paling menarik untuk dilacak selama kehamilan adalah gerakan janin. Setelah 20 minggu, janin yang tumbuh di dalam rahim mulai menunjukkan kehadirannya melalui gerakan lembut di perut.

Tendangan dan kepakan awal ini merupakan tanda menakjubkan dari perkembangan bayi dan terbentuknya ikatan antara ibu dan anak. Seiring berjalannya bulan, indera janin/bayi mulai terbangun, dan pada bulan ke-6, mereka mulai merespons suara, diikuti oleh cahaya dan rasa sakit pada bulan ke-7.

Pertumbuhan janin yang tepat

Seiring waktu, pertumbuhan bayi yang luar biasa menjadi jelas. Biasanya, bayi tumbuh sekitar 5 cm setiap bulan, yang pada gilirannya berkontribusi terhadap penambahan berat badan ibu.

Selama pemeriksaan rutin, dokter akan menggunakan SUG untuk memantau pertumbuhan janin dengan cermat. Bayi cukup bulan diperkirakan akan mencapai panjang 48,5 – 50 cm dan berat sekitar 3 kilogram. Penting untuk diperhatikan bahwa pertumbuhan janin yang tidak memadai dapat mengganggu perkembangan kehamilan.

BACA JUGA  Panduan Asupan Bergizi untuk Ibu Hamil

Detak jantung janin

Telah dibahas sedikit sebelumnya, salah satu ciri-ciri keguguran adalah absennya detak jantung janin. Dikutip dari laman resmi Super Health Chatswood Medical Centre, ukuran kehamilan sehat lainnya yang akan diukur secara konsisten pada pemeriksaan antenatal adalah detak jantung bayi, Bunda.

Detak jantung janin dapat terdengar sejak minggu ke-5 kehamilan dan berkisar antara 100-160 detak per menit. Dokter mungkin melakukan tes non-stres untuk mengevaluasi apakah bayi memiliki detak jantung yang sehat pada tahap akhir kehamilan.

Ibu hamil alami mual di pagi hari

Mengutip parents, mual di pagi hari biasanya terjadi pada trimester pertama kehamilan dan seringkali menjadi tanda awal kehamilan. Meskipun melawan rasa mual bisa sangat melemahkan, mual di pagi hari dianggap sebagai bagian dari kehamilan yang sehat.

Tidak diketahui penyebab pasti di balik rasa mual tersebut, namun kini para peneliti telah menemukan bahwa mual atau morning sickness disebabkan oleh hormon yang disebut Growth Differentiation Factor-15 (GDF-15).

Perut semakin besar

Dikutip dari BabyGaga, tanda bagus bahwa bayi sehat selama dalam kandungan adalah melihat benjolan bayi tumbuh dari minggu ke minggu. Sebab, jika perut yang semakin besar, berarti bayi juga ikut tumbuh. Sesuatu yang menunjukkan bahwa janin tumbuh baik selama masa kehamilan.

Payudara membesar dan nyeri

Hormon mempengaruhi setiap bagian tubuh selama kehamilan. Ini termasuk payudara. Oleh karena itu, jika kehamilan berjalan sebagaimana mestinya, payudara perempuan akan membesar dan nyeri saat mereka bersiap untuk memproduksi ASI untuk dikonsumsi bayi saat mereka dilahirkan.

Payudara yang membesar dan nyeri akan menjadi bagian dari kehamilan dari awal hingga akhir, menurut American Pregnancy Association. Selama bayi terus berkembang, produksi ASI juga akan meningkat. Menunjukkan bahwa janin tumbuh sehat dan kuat selama kehamilan.

BACA JUGA  Cara agar Bayi Punya IQ Tinggi sejak dalam Kandungan

Konstipasi

Salah satu gejala kehamilan sehat adalah sembelit/konstipasi. Namun mengingat sembelit dimulai sekitar bulan kedua hingga ketiga kehamilan, menurut What to Expect, hal ini dapat memberikan kenyamanan bagi perempuan karena mengetahui bahwa janin terus tumbuh dan berkembang. Karena ini adalah hasil dari produksi progesteron ekstra di dalam tubuh untuk mempersiapkan persalinan sehingga memperlambat pencernaan.

Sembelit mungkin bukan tanda terbesar yang harus diperhatikan saat menentukan kesehatan janin saat dalam kandungan. Namun jika hal ini terjadi, kemungkinan besar janin akan baik-baik saja dan berkembang dengan baik selama bulan-bulan terakhir masa kehamilannya.

Ibu hamil merasa lelah

Tubuh bumil bekerja keras untuk mendukung pertumbuhan janin. Artinya, bumil akan lebih mudah lelah dari biasanya. Tidur siang atau istirahat bila perlu di siang hari. Pastikan mendapatkan cukup zat besi saat hamil – seringkali diperlukan suplemen zat besi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Terlalu sedikit zat besi dapat menyebabkan anemia, yang membuat bumil semakin lemah.

Organ janin berkembang sempurna

Tanda janin yang kuat dan sehat adalah mereka mengembangkan sistem pencernaan, termasuk usus dan ginjal. Mereka memiliki paru-paru dan organ utama lainnya, namun belum sepenuhnya berkembang. Kerangka lunak mulai tumbuh.

Janin mulai terlihat seperti bayi, dengan lengan, kaki, jari tangan, dan kaki. Wajah mereka mendapat mata, telinga, hidung, dan mulut. Lidah dan tunas gigi tumbuh. Kelopak mata menutupi mata bayi, dan pada akhir trimester, mereka bahkan sudah memiliki kuku. Selain itu, alat kelamin juga mulai tumbuh.

Keputihan bertambah jelang persalinan

Keputihan selama kehamilan membantu mencegah terjadinya infeksi, menurut Healthline. Oleh karena itu, jika keputihan meningkat saat hamil, itu tandanya bayi terus tumbuh subur selama dalam kandungan.

BACA JUGA  Ciri-Ciri Ibu Hamil Kurang Gizi yang Perlu Diwaspadai

Saat perjalanan kehamilan berakhir, keputihan akan lebih banyak dari sebelumnya. Hal ini karena bayi mendorong leher rahim saat mereka bersiap untuk dilahirkan. Menurut publikasi tersebut, ini menunjukkan betapa kuat dan siapnya janin untuk lahir ke dunia.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.