Home Ibu Hamil Kapan Ibu Hamil Boleh dan Tidak Boleh Naik Tangga?

Kapan Ibu Hamil Boleh dan Tidak Boleh Naik Tangga?

0
10
gambar ibu hamil sedang menaiki tangga

Salah satu kekhawatiran utama ibu hamil adalah mengenai naik tangga itu sebenarnya aman atau tidak. Dalam situasi membawa ‘beban’ janin dan lelah serta lemas, jatuh dari tangga bisa sangat berbahaya karena kemungkinan terburuknya adalah komplikasi atau bahkan keguguran.

Apakah menaiki tangga aman selama kehamilan?

Menaiki tangga aman bagi ibu hamil hanya aman jika berhasil menyimbangkan tubuhnya yang berat itu. Terjatuh atau tersandung merupakan salah satu ketakutan terbesar karena dapat mengakibatkan komplikasi yang parah terutama jika bumil terjatuh dengan posisi tengkurap.

Bumil harus semakin ekstra hati-hati di bulan-bulan akhir kehamilan. Pergeseran pusat gravitasi pada tubuh yang hamil meningkatkan risiko terjatuh. Pada usia kehamilan 37 minggu, pusat berat ibu hamil turun ke panggul dan hal ini menyulitkan bernapas.

Namun bertambahnya berat badan bayi membuat bumil kesulitan menaiki tangga. Jika terpaksa harus naik tangga, maka bergeraklah perlahan dengan memegang pagar sebagai penyangga, dan bernapaslah dengan kecepatan normal.

Bagaimana naik tangga baik untuk kehamilan?

Seperti yang telah kita bahas pada bagian di atas, menaiki tangga tidak aman selama kehamilan tetapi hal ini bisa ditangani dengan hati-hati. Naik tangga merupakan salah satu aktivitas fisik yang membantu menjaga tubuh tetap aktif selama hamil. Penelitian juga telah mengidentifikasi bahwa menaiki tangga sama baiknya dengan berjalan kaki dan berolahraga, yaitu meningkatkan kekuatan kaki. Olahraga menaiki tangga juga meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

Sesuai penelitian, jika ibu hamil menaiki tangga maka akan mengurangi salah satu risiko preeklamsia, yaitu hipertensi (tekanan darah tinggi pada bumil).

BACA JUGA  Mitos atau Fakta Kehamilan yang Ayah-Bunda Harus Ketahui

Selain itu, menaiki tangga juga mengurangi kemungkinan terjadinya diabetes gestasional yang merupakan salah satu komplikasi paling umum selama kehamilan. Bumil harus menaiki tangga dengan mengikuti semua tindakan keselamatan selama kehamilan.

Tips keamanan dasar saat menaiki tangga selama kehamilan?

Menaiki tangga saat hamil memang berisiko tetapi juga bermanfaat untuk menjaga berat badan yang sehat. Oleh karena itu, Bumil harus memperhatikan beberapa hal saat menaiki tangga agar tetap bugar dan menghindari komplikasi yang tidak perlu. Di antara tips keamanan dasar bagi bumil untuk menaiki tangga adalah:

  • Berjalan perlahan, tidak terburu-buru
  • Pastikan tangga memiliki penerangan yang cukup untuk melihat anak tangga
  • Berpegangan pada pegangan tangga
  • Tidak melewatkan satu anak tangga pun – kaki jangan menaiki/menuruni lebih dari satu anak tangga
  • Jika memiliki tangga berkarpet, pastikan karpet tidak kendor dan bergelombang di tangga
  • Tangga tidak boleh basah karena air/minyak; cenderung licin
  • Jika terpeleset atau tersandung di tangga, segera hubungi dokter spesialis kandungan.

Menaiki tangga sebenarnya bagian dari beraktivitas secara aktif yang baik untuk kesehatan. Dalam situasi ibu hamil, menaiki dan menuruni tangga pun masih olahraga yang baik. Namun, bumil harus berhati-hati karena bertambahnya berat badan, pergeseran titik berat, serta tenaga maupun napas yang cenderung lebih lemah daripada dalam situasi tidak hamil.

Referensi: divahospital.com

NO COMMENTS

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Discover more from awalcemerlang.com

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading