ibu hamil memegang vitamin di tangan kanan dan mengelus perut dengan tangan kiri

Kehamilan adalah situasi spesial yang tidak sama dengan situasi biasa yang dialami perempuan. Selain asupan makanan bergizi seperti biasa, ibu hamil juga memerlukan suplemen atau tambahan berupa vitamin-vitamin.

Pemberian vitamin-vitamin bisa kita bagi ke dalam 3 tahapan waktu, yaitu trimester 1, trimester 2, dan usia kehamilan 7 bulan ke atas. Di samping pengelompokan berdasar waktu tersebut, vitamin untuk ibu hamil bisa ditujukan agar bumil tidak mudah lelah, atau bumil tidak mual, maupun untuk bumil yang susah makan.

Berikut ini penjelasan lebih detail dari tim Awal Cemerlang mengenai vitamin untuk ibu hamil:

Trimester 1

  • Vitamin A. Vitamin A merupakan vitamin larut lemak yang dibutuhkan untuk mendukung proses pembentukan mata, jantung, paru-paru, ginjal, tulang, dan organ lain janin. …
  • Vitamin B6. Vitamin ini bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan otak dan sistem saraf janin, serta membantu metabolisme protein dan karbohidrat pada janin.
  • Vitamin B9 (asam folat) efektif mencegah cacat tabung saraf pada janin, menurunkan risiko terjadinya kelahiran prematur, dan mencegah anemia pada ibu hamil.
  • Vitamin B12. Vitamin B12 bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem saraf ibu hamil selama trimester pertama. Vitamin ini juga penting untuk pembentukan sel-sel janin dan mencegah janin terlahir dengan cacat lahir tulang belakang.
  • Vitamin C. Asupan vitamin C yang tercukupi berperan dalam pembentukan tendon, kulit, dan tulang janin. Bagi ibu, vitamin C membantu penyerapan zat besi sehingga mencegah ibu hamil mengalami anemia. Tidak hanya itu, vitamin ini juga berfungsi sebagai antioksidan serta berguna dalam pembentukan sistem kekebalan tubuh ibu dan janin.
  • Vitamin D. asupan vitamin D yang cukup untuk mendukung pertumbuhan tulang, gigi, dan otot janin. Risiko terjadinya komplikasi kehamilan, seperti preeklamsia dan diabetes gestasional, juga menurun pada ibu hamil yang memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuhnya.
BACA JUGA  Panduan Asupan Bergizi untuk Ibu Hamil

Trimester 2

  • Kalsium. Kalsium masih dibutuhkan ibu hamil saat kehamilannya memasuki usia trimester kedua. …
  • Docosahexaenoic acid (DHA) yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil yang memasuki usia kehamilan trimester kedua. …
  • Vitamin B. Berbagai vitamin B yang sudah disebut di atas (trimester 1) yaitu B6, B9, dan B12 juga bermanfaat untuk ibu hamil di trimester 2.

Bumil 7 Bulan

Asam folat (vitamin B9) adalah makanan saat hamil 7 bulan yang tak boleh dilupakan. Asam folat merupakan nutrisi penting dalam pembentukan sel otak. Suplemen prenatal (masa sebelum kelahiran) dengan asam folat, penting bagi kecerdasan Si Kecil meski dalam kandungan.

Agar Bumil Tidak Mudah Lelah

Kebutuhan akan zat besi melonjak tinggi saat hamil. Sayuran hijau, misalnya bayam, brokoli, dan kale. Sayuran ini mengandung tinggi asam folat, zat besi, dan kalsium. Untuk tambahan, bumil bisa mengonsumsi Zinc dan vitamin D. Salama Al Azani, seorang ahli gizi, menyebutkan bahwa ibu hamil perlu mendapatkan Zinc dan vitamin D. Keduanya sangat berperan dalam menjaga daya tahan tubuh

Agar Bumil Tidak Mual

Pada ibu hamil, mengonsumsi vitamin B6 dapat meredakan rasa mual serta menunjang perkembangan sel darah dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini bisa diperoleh dari ikan, ayam, daging, kacang-kacangan, kentang, pisang, dan labu.

Bumil yang Susah Makan

  • Konsumsi makanan yang disukai agar asupan tetap masuk.
  • Makan dengan Porsi Kecil. Khawatir mual apalagi muntah jika porsi besar langsung dilahap segera. Konsekuensinya harus makan sesering mungkin.
  • Konsumsi Camilan. Di antara makanan yang sering dimakan, ada baiknya mengkonsumsi camilan supaya tidak bosan/jenuh.
  • Hindari makanan beraroma kuat karena memancing mual dan muntah. Sekali mual dan muntah, perlu waktu lama untuk mengembalikan nafsu makan.
  • Rutin beraktivitas fisik. Tidak perlu olahraga kardio atau angkat beban yang memberatkan. Di antara aktivitas yang tepat adalah memperbanyak berjalan kaki.
BACA JUGA  Ciri-Ciri Janin yang Sehat; Tanda Bumil Tak Mudah keguguran

Demikian rekomendasi vitamin-vitamin untuk ibu hamil. Semoga ayah-bunda bisa menjalani hamil dengan nyaman dan menyenangkan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.