gambar ibu hamil memegang mulut dan perut karena mual

Ketika asam lambung naik dari lambung ke kerongkongan, ibu hamil (bumil) biasanya merasakan nyeri dan panas di bagian dada. Ada juga yang merasakan nyeri seperti ditusuk-tusuk benda tajam pada bagian ulu hati. Pada beberapa kasus, ada yang merasakan rasa pahit atau asam di rongga mulut. Keberadaan gas berlebihan di lambung juga mendorong tubuh secara otomatis melakukan sendawa. Gejala-gejala tersebut biasa disebut ”heartburn’ oleh para profesional/praktisi kesehatan. Istilah tersebut muncul karena sensasi panas di ulu hati.

Beratnya menjadi ibu hamil adalah kenaikan asam lambung bisa terjadi sepanjang masa kehamilan yang 9 bulan 10 hari tersebut. Bahkan ada bumil yang mengalami kenaikan asam lambung di trimester 1, 2, dan 3 berturut-turut. Pasti rasanya tidak nyaman banget ya, ayah-bunda.

Penyebab Kenaikan Asam Lambung pada Ibu Hamil

Ayah-bunda sekalian tentu sering mendengar bahwa ibu hamil mengalami perubahan hormon. Nah perubahan hormon ini menyebabkan banyak hal, salah satu di antaranya adalah berkurangnya kekuatan otot sfingter yang terletak pada jalur lambung-kerongkongan. Tidak heran, hal ini menyebabkan asam lambung bisa dan mudah naik ke kerongkongan.

Jika dibiarkan berlarut tanpa penanganan tepat, asam lambung naik bisa menyebabkan komplikasi pada kehamilan. Ada berbagai jenis komplikasi yang bisa muncul, di antaranya: Esofagitis. Esofagitis adalah peradangan atau iritasi yang terjadi pada dinding esofagus alias kerongkongan, yaitu saluran yang menghubungkan mulut dan lambung.

Solusi: Tips Meredakan Asam Lambung yang Naik Ketika Hamil

Mengobati Rasa Sakit

Untuk pengobatan secara cepat, bumil dapat mengkonsumsi obat antasida sesuai petunjuk atau anjuran dari dokter.

BACA JUGA  Kapan Ibu Hamil Boleh dan Tidak Boleh Naik Tangga?

Mencegah Munculnya Rasa Sakit

Sementara itu, untuk mencegah rasa sakit akibat kenaikan asam lambung, ibu hamil bisa melakukan hal-hal berikut:

  • Minum seduhan air jahe hangat.
  • Hindari makanan pedas dan asam.
  • Hindari minuman berkafein, minuman beralkohol, dan minuman bersoda..
  • Makan dalam porsi kecil dan kunyah secara perlahan.
  • Hindari langsung berbaring setelah makan, atau
  • Tidur dengan posisi yang mencegah kenaikan asam lambung

Bagaimana dengan buah-buahan untuk ibu hamil yang mengalami kenaikan asam lambung? Pepaya adalah salah satu buah rekomendasi untuk asam lambung yang dapat dicoba oleh bumil. Pepaya mengandung enzim papain yang bermanfaat dalam melancarkan proses pencernaan.

Posisi Tidur yang Baik Ketika Asam Lambung Naik

  • Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi. Sehingga asam lambung lebih sulit naik ke kerongkongan. Teknik ini bisa dilakukan dengan menambah beberapa bantal di sisi kepala. Bisa juga bumil tidur dalam posisi duduk bersandar.
  • Tidur miring ke kiri. Karena posisi lambung lebih ke sebelah kiri tubuh, maka dalam posisi lebih dekat pada gravitasi, asal lambung lebih sulit naik ke kerongkongan.

Demikian ulasan tim Awal Cemerlang mengenai gejala-gejala yang dialami oleh ibu hamil, penyebab hal tersebut terjadi, serta tips-tips mengatasi maupun mencegah heartburn tersebut.

Referensi

  • https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/heartburn-pada-ibu-hamil
  • https://www.alodokter.com/ketahui-posisi-tidur-ibu-hamil-saat-asam-lambung-naik

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.