Alergi adalah suatu reaksi ‘penolakan’ oleh tubuh terhadap suatu ‘benda asing’ yang masuk ke dalam tubuh. Bagaimana tubuh menilai mana yang ‘kawan’ maupun ‘asing’ ini berbeda-beda pada tiap individu manusia. Tidak terkecuali pada anak.

Tidak heran, ada anak yang alergi pada udang, alergi terhadap susu sapi, alergi pada telur, alergi terhadap makanan laut (seafood), dan bentuk-bentuk alergi yang lain.

Yuk ayah-bunda, kita bahas satu demi satu bagaimana mencegah dan mengatasinya:

Alergi Udang

Berikut adalah gejala-gejala alergi pada udang:

  • Merasa tidak nyaman dan kesemutan pada area mulut.
  • Sakit perut, mual, dan muntah.
  • Diare.
  • Kesulitan bernapas atau mengi.
  • Terasa mengganjal pada tenggorokan.
  • Kulit terasa gatal atau eksim.
  • Muncul ruam pada kulit.
  • Pembengkakan pada bagian bibir, wajah, lidah, hingga tenggorokan.

Gejala sering kali dapat muncul dalam beberapa menit hingga 2 jam setelah mengonsumsi makanan yang dapat menyebabkan alergi. Apabila gejala ringan biasanya setelah mengonsumsi akan menunjukkan perbaikan sehingga yang merasakan alergi selanjut merasa lebih nyaman.

Cara Mengatasi Alergi Udang

Konsumsi obat-obatan jenis antihistamin yang bekerja pada reseptor-reseptor histamin. Dengan demikian histamin bisa teratasi sehingga gejala alergi bisa menurun perlahan bahkan menghilang sama sekali.

Alergi Susu Sapi

Pada penderita alergi susu, sistem kekebalan tubuh malah menganggap protein susu sebagai zat yang berbahaya. Akibatnya, tubuh akan melepaskan histamin dan zat kimia lain yang memicu munculnya gejala alergi susu. Orang dewasa atau anak-anak yang memiliki alergi terhadap susu sapi juga bisa alergi terhadap susu hewan lain, seperti susu kambing, susu domba, dan susu kerbau.

BACA JUGA  Penyakit Gula Darah pada Anak Kecil

Gejala umum akibat alergi susu antara lain:

  • Gatal-gatal pada bibir atau mulut
  • Bengkak di bibir atau lidah
  • Sesak napas
  • Batuk
  • Kram perut
  • Mata berair
  • Muntah
  • Diare
  • Pilek

Susu Formula untuk yang Alergi Susu Sapi

Jika bayi mengalami alergi susu sapi maka dihindari untuk pemberian susu sapi maka bisa diganti dengan susu bertuliskan hypoalergenic atau susu soya/kedelai. Contoh-contoh susu lain yang bukan susu sapi: susu almond, susu gandum/oat, susu (kacang) mete/mede, susu beras, dan lain-lain.

Alergi Seafood

Gejala-gejala alergi seafood kurang lebih sama dengan gejala alergi yang lain, kecuali pada gejala anafilaksis.

Gatal-gatal atau eksim (dermatitis atopik)
Pembengkakan pada bibir, wajah, lidah dan tenggorokan, atau bagian tubuh lainnya
Mengi, hidung tersumbat atau kesulitan bernapas
Sakit perut, diare, mual atau muntah
Pusing, sakit kepala ringan atau pingsan
Anafilaksis (gejala alergi paling berbahaya), yang ditandai dengan sulit bernapas, penurunan tekanan darah, dan hilang kesadaran.

Referensi: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20211221072303-255-736555/6-gejala-alergi-seafood-dan-cara-mengatasinya.

Alergi Seafood Apa Obatnya?

Antihistamin dapat mengurangi gejala alergi seafood seperti gatal-gatal dan kemerahan. Pada gejala yang parah seperti anafilaksis, dibutuhkan injeksi epinefrin atau adrenalin. Konsultasikan ke dokter untuk mengetahui pengobatan yang tepat terhadap gejala alergi seafood yang dimiliki.

Penanganan Alergi

Teknik paling umum dalam penanganan alergi adalah mengenali apa saja alergen (misal: seafood, susu sapi, dll) yang membuat reaksi alergi muncul pada anak-anak. Sehingga ayah-bunda bisa mencegah anak untuk mengonsumsi produk tersebut. Tentunya kita tidak mungkin mengenali alergen tersebut kecuali si kecil memang pernah mengalaminya. Jadi, baik ayah-bunda maupun si kecil harus hafal dan mengetahui apa saja alergi-alergi yang dimilikinya.

Ketika terjadi alergi, secara umum kebanyakan orang mengalami satu atau beberapa gejala berikut: gatal, mual, muntah, atau kesulitan bernapas atau pembengkakan pada bibir, wajah, atau rasa mengganjal pada tenggorokan. Maka yang digunakan adalah obat-obatan yang bergolongan antihistamin.

BACA JUGA  Alergen dan Pereda Alergi untuk Si Kecil

Demikian ulasan tim Awal Cemerlang mengenai gejala-gejala alergi dan penanganannya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.