ensiklopedia nabi muhammad untuk anak

Dalam 1 set Ensiklopedia Nabi Muhammad terdiri dari 12 eksemplar dengan judul-judul di bawah ini. Sebagai pemancing untuk membeli 1 set buku tersebut di link tokopedia kami, kami berikan deskripsi sedikit mengenai isi buku-buku tersebut.

Masyarakat Jahiliyah

Masyarakat Mekkah di masa jahiliyah memiliki kebiasaan buruk seperti minum khamr, berjudi, berzina, merampok, dan menganggap rendah kaum perempuan. Keburukan-keburukan ini diilustrasikan dengan sangat baik dalam tema ‘masyarakat jahiliyah’ sebagai pengantar untuk dijelaskan kepada anak-anak mengapa Rasulullah Muhammad shallahu alaihi wassalam diturunkan di Mekkah.

Masa Kecil

Nabi Muhammad Shallahu Alaihi Wassalam dilahirkan dalam keadaan yatim. Ayahnya, Abdullah, meninggal sebelum kelahirannya. Setelah lahir, Nabi Muhammad Shallahu Alaihi Wassalam kecil diasuh dan disusui oleh Halimah As-Sa’diyah, seperti yang biasa dilakukan oleh bangsa Arab pada waktu itu.

Kelanjutan peristiwa-peristiwa di masa kecil Nabi Muhammad shallahu alaihi wassalam, seperti meninggalnya kakek Abdul Muthalib juga diceritakan dalam tema ‘Masa Kecil’ Rasulullah ini.

Masa Remaja

Kisah masa remaja Nabi Muhammad Shallahu Alaihi Wassalam dimulai ketika beliau sudah bisa mencari biaya hidup sendiri. Beliau bekerja sebagai penggembala kambing milik beberapa orang Quraisy dan mendapatkan upah dari pekerjaan tersebut.

Jadi salah satu kisah dalam tema ‘Masa Remaja’ adalah bagaimana beliau membangun kemandirian pribadi dan finansial. Kisah-kisah lainnya bisa dibaca dalam tema tersebut.

Orang Terpercaya

Nabi Muhammad Shallahu Alaihi Wassalam diberi gelar Al Amin (Orang Terpercaya) oleh masyarakat di Mekkah karena karakternya yang jujur, amanah, dan terpercaya. Bagaimana beliau bisa dipercaya baik dalam urusan sehari-hari diceritakan secara lengkap dalam tema Rasullullah sebagai ‘Orang Terpercaya’.

BACA JUGA  Rekomendasi Channel YouTube yang Edukatif dan Menghibur untuk Si Kecil

Generasi Pertama

Lima orang pertama yang masuk Islam adalah Ali bin Abi Thalib, Khadijah, Abu Bakar Ash-Shiddiq, Zaid bin Haritsah, Utsman bin Affan. Siapa lagi yang termasuk dalam generasi pertama setelah lima orang tersebut? Bisa disimak dalam tema ‘Generasi Pertama’ ini.

Dakwah Terbuka

Dakwah terbuka atau dakwah terang-terangan di antaranya adalah dengan mengundang kaum kerabat keturunan dari Bani Hasyim, untuk menghadiri jamuan makan dan kemudian mengajak agar masuk Islam. Bentuk-bentuk lain dakwah terbuka bisa disimak lebih lengkap dalam tema ‘Dakwah Terbuka’.

Hijrah

Proses hijrah dilakukan dengan diam-diam, secara sendiri-sendiri atau kelompok kecil. Cerita hijrah Rasulullah berdua saja dengan Abu Bakar merupakan kisah paling menarik yang diceritakan dalam buku ini. Menarik karena ada unsur sembunyi-sembunyi menghindari kaum Quraisy seperti pada permainan petak umpet.

Pembebasan Mekkah

Pembebasan kota Mekkah dari orang-orang Kafir Quraisy ini terjadi tanpa pertumpahan darah sama sekali. Padahal penguasaan suatu kota secara cepat oleh suatu kaum, biasanya diikuti dengan pertumpahan darah. Bagaimana peristiwa yang tanpa perlawanan ini sampai bisa terjadi diceritakan lebih lengkap dalam tema ‘Pembebasan Mekkah’.

Wafatnya Rasulullah

Salah satu fakta unik dalam tema ‘Wafatnya Rasulullah’ adalah bahwa beliau lahir dan meninggal di bulan yang sama, yaitu Rabiul Awal. Beliau meninggal di usia 63 tahun – tidak terlalu tua pun tidak terlalu muda. Simak fakta dan kisah unik lainnya dalam tema yang satu ini.

Keluarga Rasulullah

Sebagai seorang manusia, Rasulullah juga lahir dari kedua orang tua, memiliki kakek, sepupu, istri, anak, dan cucu. Tema ‘Keluarga Rasulullah’ membahas siapa saja tokoh-tokoh yang merupakan keluarga dekat serta peran serta mereka dalam perkembangan Islam.

BACA JUGA  Hadapi Era Digital dengan Bijak! Konten Digital untuk Anak Prasekolah

Teladan Rasulullah

Rasulullah Muhammad shallahu alaihi wassalam merupakan teladan bagi kita semua. Segala perkataan, tindakan, dan kebiasaannya menjadi contoh yang sebaiknya kita ikuti. Baik karena kita merupakan umatnya beliau, maupun karena mengikuti sunnahnya maka kita pun mendapat pahala. Apa saja yang sunnah-sunnah dari beliau, dituangkan dalam tema ‘Teladan Rasulullah’ ini.

Penerus Kepemimpinan Rasulullah

Tema ‘Penerus Kepemimpinan Rasulullah’ ini di antaranya membahas Khulafaur Rasyidin, yaitu Abu Bakar, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, serta Ali bin Abi Thalib. Tahukah kamu bahwa Abu Bakar merupakan mertua sekaligus sahabat Rasulullah? Dialah yang ditunjuk untuk menggantikan Rasulullah dalam memegang kendali umat Islam. Kisah-kisah lainnya bisa dibaca dalam tema ‘Penerus Kepemimpinan Rasulullah’ ini.

Demikian ulasan kami mengenai 1 set buku Ensiklopedia untuk Anak yang berisi 12 tema/eksemplar mengenai Nabi Muhammad shallahu alaihi wassalam. Masing-masing tema berisi 40 halaman full colour dengan ilustrasi yang menarik. Belum lagi teks-teksnya yang sangat informatif. Dapatkan 1 set buku ini hanya seharga Rp99.000,- di akun tokopedia kami: Awal Cemerlang (Tokopedia).

10 COMMENTS

  1. Wah, anak-anak saya bakalan happy nih kalau dibelikan buku ensiklopedia nabi muhammad untuk anak ini. Mereka suka baca soalnya, apalagi yang kakaknya, apa aja dibaca, even dia udah SMP, sering juga baca bacaan anak-anak kecil hahaha

  2. Semenjak diinvansi dengan bacaan digital, sepertinya buku fisik begini masih begitu penting untuk anak2 yaa. Kembali seperti jaman orang tua dulu, banyak koleksi buku bacaan di rak. Seru deh,,,
    daripada dimana2 baca digital mulu
    Covernya juga mengingatkan saya sama bacaan jaman dulu, detail dan penuh warna. Semoga minat baca anak2 semakin meningkat

  3. Saya punya seri buku ensiklopedia NAbi Muhammad ini di rumah. Emang rekomen banget. Kami punya beberapa ensiklopedia cerita Nabi Muhammad di rumah. Tapi yang sering dibaca anak-abak adalah seri ini karena lumayan tipis dan ada komik-komiknya juga.

  4. Menarik nih buat bahan bacaan anak-anak, ensiklopedia Nabi Muhammad, dipecah menjadi beberapa buku, jadi nggak terlalu tebal bukunya, bisa dibaca terpisah. Enteng dibawa kemana-mana, Ada ilustrasinya pula

  5. satu set hanya Rp 99.000, beli ah

    Kalo ngasih hadiah untuk keponakan2 saya lebih memilih buku

    dan buku ensiklopedia nabi Muhamad jadi pilihan yang tepat

  6. Wajib banget punya buku ini. Karena bisa bikin anak jadi lebih mengenal Nabi Muhammad. Buku edukasi yang bagus. Kalau pun udah gak ada anak kecil, cocok banget buat kado.

  7. wah, cukup untuk merangkum isi dari buku ensiklopedia Nabi Muhammad, nih
    seketika pas baca jadi flashback dengan beberapa cerita tentang baginda nabi
    ini kalau dibaca bareng anak pasti seru, apalagi jika melihat ilustrasi atau gambar pada buku ensiklopedianya

  8. Oh ini berbeda dengan Muhammad Teladanku (MUTE) yaa..?
    Aku punya yang series ini dan mashaAllaa~
    Baguuss sekali buku yang menceritakan kisah Rasulullah sholallahu alaihi wa salam dengan detil namun tetap menggunakan bahasa anak-anak yang mudah dipahami.

  9. Bagus banget buku ini karen bisa memperkenalkan nilai dan norma agama melalui kisah-kisah Nabi secara menyenangkan sejak dini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.