gambar ibu menyusui bayi

Tidak semua bunda menjalani proses menyusui dengan mudah. Kondisi psikologis, kelelahan fisik, serta faktor-faktor lainnya bisa mempengaruhi dan berdampak negatif pada proses menyusui.

Manfaat ASI

Manfaat ASI bagi Bayi:

  1. Sebagai makanan tunggal untuk memenuhi semua kebutuhan pertumbuhan bayi sampai usia 6 bulan.
  2. Meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung berbagai zat kekebalan sehingga akan lebih jarang sakit, termasuk melindungi anak dari serangan alergi.
  3. Mengandung asam lemak yang diperlukan untuk pertumbuhan otak sehingga bayi lebih pandai.
  4. Meningkatkan daya penglihatan dan kepandaian berbicara.
  5. Menunjang perkembangan motorik sehingga bayi akan cepat bisa  berjalan

Manfaat ASI bagi Bunda

Bagi bunda, memberikan ASI eksklusif pada bayi juga menurunkan risiko kanker payudara.

  1. Membantu bonding antara bunda dan bayi
  2. Mengurangi perdarahan setelah melahirkan, sehingga berpeluang mengurangi terjadinya anemia
  3. Memberikan jarak antar kehamilan
  4. Membantu penurunan berat badan bunda
  5. Menurunkan risiko kanker payudara
  6. Tidak merepotkan (tidak perlu membuat susu formula)
  7. Memberi kepuasan atau kebahagiaan bagi bunda tersendiri

Dapat kita simpulkan, bahwa penting sekali bagi ayah dan keluarga memberikan suasana kondusif pada bunda menyusui agar dapat menghasilkan ASI ekslusif yang berkualitas dengan volume yang melimpah.

BACA JUGA  Hal-Hal yang Dikhawatirkan Ayah Bunda di Seluruh Dunia

Peran Ayah dalam Pemberian ASI Eksklusif

Memberikan Dukungan Psikis

Dukungan psikis dari ayah, meskipun tidak secara langsung pada aktivitas menyusui, tetap berdampak pada kesehatan mental bunda. Dengan dukungan mental tersebut, misalnya Bunda bisa terhindar dari Baby Blues Syndrom atau Post Partum Depression.

Membantu Meringankan Pekerjaan Rumah Tangga

Pekerjaan Rumah Tangga seperti mencuci piring dan pakaian, menyapu dan mengepel rumah, memasak, serta merapihkan barang-barang merupakan bantuan signifikan dari para Ayah kepada Bunda yang sedang menyusui.

Tidak hanya itu, urusan-urusan dengan kebutuhan si bayi, seperti memandikan, membersihkan kotoran, mengganti popok, menggendong ketika rewel, dan lain-lain juga tidak kalah bermanfaatnya untuk Bunda. Setidaknya kelelahan fisik si Bunda menyusui lebih bisa dicegah sebelumnya. Belum lagi jika si Ayah punya kemampuan khusus dalam memberikan pijatan lembut pada punggung, bahu, dan bagian tubuh Bunda yang kelelahan.

Nah sebelum si bayi berusia 6 bulan, pada situasi seperti apa ayah dan bunda yang menyusui perlu mencari tahu dan berkonsultasi ke dokter laktasi

Kapan Harus ke Konselor Laktasi

WHO atau Badan Kesehatan Dunia menganjurkan ayah-bunda untuk melakukan 7 pertemuan dengan konselor laktasi, yaitu :

Usia kehamilan 28 minggu

Pada pertemuan pertama ini, Ayah-Bunda akan diberikan ilmu mengenai pentingnya ASI eksklusif serta bagaimana Ayah dapat berperan signifikan selama aktivitas menyusui.

Usia kehamilan 36 minggu

Ayah-bunda dan konselor laktasi akan bertemu untuk membahas persiapan menyusui, memeriksa keseluruhan kendala yang mungkin akan dihadapi (memeriksa puting), dan lain sebagainya yang bersifat persiapan dan antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pasca Melahirkan

Saat proses melahirkan kehadiran konselor laktasi membantu bimbingan kontak kulit dini antara bunda dengan bayi saat inisiasi menyusu dini (IMD).

BACA JUGA  Ayah-Bunda, Jangan Sampai Dirimu Menjadi Toxic Parents

Saat Perawatan

Saat bunda masih dalam ruang perawatan pasca melahirkan, konselor laktasi akan mengunjungi bunda, memberikan, bimbingan posisi menyusui yang baik (posisi tidur atau duduk) dan membantu perlekatan mulut bayi pada payudara

Saat Usia Bayi 7 hari

Satu minggu setelah melahirkan, pertemuan dengan konselor laktasi akan  diskusi mengenai kesulitan atau kendala yang dihadapi, karena biasanya dimasa ini bunda akan kelelahan karena kurang tidur, konselor laktasi juga akan memberikan edukasi tentang pijat payudara dan pijat oxitoxin

Usia bayi 14 hari

Pertemuan dengan konselor laktasi saat usia bayi 14 hari untuk melakukan evaluasi BB bayi, apakah BB nya naik sesuai dengan KMS, apakah masih ada kendala dalam menyusui.

Usia bayi 40 hari

Kontak ke-7 ini berfungsi untuk persiapan bunda yang akan kembali bekerja, konseling untuk persiapan ASI perah dan pemberian kepada bayi. Bisanya pada pertemuan ini bunda didampingi ayah dan orang yang akan mengurus bayinya saat bunda bekerja.

Kebanyakan dokter spesialis pengobatan menyusui memiliki sertifikasi sebagai konsultan laktasi atau konselor menyusui. Penyedia layanan ini dapat mendiagnosis dan mengobati berbagai kelainan pada bayi yang seharusnya meminum ASI dan bunda yang menyusui.

Klinik Laktasi

Di klinik ini, tenaga medis terlatih akan menangani langsung masalah Bunda dalam memberikan ASI, dari posisi pelekatan mulut bayi ke payudara, cara melakukan penekanan pada payudara saat si Kecil, hingga bagaimana memposisikan si Kecil pada payudara yang sediaan ASI Bunda lebih banyak. Yang bertanggung jawab di klinik laktasi adalah Konselor Laktasi.

Konselor Laktasi Denpasar

dr Oka Dharmawan

Beralamat di Apotek Kimia Farma Marlboro, Jl. Teuku Umar Barat No.28, Pemecutan Klod, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali 80119, Instagram Rumah Asi Bali.

BACA JUGA  Ketika Si Kecil Minta "Koneksi" ke Orang Tuanya

Konselor Laktasi di Puri Bunda Hospital

Jl. Gatot Subroto VI No.19, Dauh Puri Kaja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80233

Laman website Puri Bunda Hospital

Referensi: https://www.rspermatajonggol.com/pentingnya-konsultasi-dengan-konselor-laktasi-saat-hamil/

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.