anak kecil memegang telepon mainan

Si kecil akan melewati beberapa tonggak (milestone) bahasa dalam 12 bulan pertama kehidupannya, meliputi bersuara, tertawa, babbling, dan kata pertama mereka. Tonggak bahasa adalah keberhasilan yang menandai berbagai tahap perkembangan bahasa. Ini mencakup aspek reseptif (mendengar dan memahami) dan ekspresif (bicara).

Tentu ayah-bunda sekalian ingin sekali mendengar kata pertama bayinya. Dari bersuara dan babbling, hingga membuat suara pendek, dan akhirnya kata dan frasa, bayi belajar berkomunikasi. Senyum pertama si kecil akan membuat ayah-bunda senang, begitu juga dengan langkah pertamanya. Ketika ayah-bunda mendengar si kecil berbicara, dia menggunakan kata-kata untuk memberi tahu ayah-bunda bagaimana perasaannya dan apa yang diinginkannya.

Tonggak bahasa adalah keberhasilan yang menandai berbagai tahap perkembangan bahasa. Ini mencakup aspek reseptif (mendengar dan memahami) dan ekspresif (bicara). Ini berarti bahwa selain mampu membuat suara dan kata, si kecil juga bisa mendengar dan memahami.

Tidak semua bayi mengatakan hal yang sama pada waktu yang sama. Tonggak bahasa adalah perkiraan, ketika sebagian besar bayi melakukan hal tertentu. Jadi jangan terlalu khawatir ketika perkembangan si kecil tidak sesuai dengan informasi linimasa yang ayah-bunda terima.

Jauh sebelum si kecil bisa berbicara, dia akan mencoba memberi tahu perasaannya pada ayah-bunda. Akan tersenyum pertama kali pada usia sekitar usia 2 bulan. Pada usia 4 bulan, si kecil mungkin akan tertawa. Pada usia enam bulan, si kecil harus bisa berbalik badan dan melihat ayah-bunda. Dia akan merespons ketika namanya disebut, dan bisa membedakan antara nada suara yang bahagia dan marah. Si kecil akan bisa mengekspresikan kebahagiaan (tertawa atau bersuara), dan ketidakbahagiaan (dengan menangis).

Tentu saja, selama waktu tersebut, banyak energi si kecil akan dihabiskan dengan belajar bergerak. Duduk, berguling, merangkak, menarik diri untuk berdiri, bahkan mengambil langkah pertama mungkin terjadi pada akhir tahun pertama.

BACA JUGA  Bongkar Rahasia! Persiapan Kembali ke Sekolah yang Ayah Bunda Harus Ketahui

Tonggak Bahasa yang Signifikan

  • Bersuara – Ini adalah suara pertama bayi selain menangis, biasanya terjadi antara enam hingga delapan minggu usia.
  • Tertawa – Biasanya sekitar usia 16 minggu, si kecil akan tertawa sebagai respons terhadap hal-hal di dunia mereka.
  • Babbling dan jargon bayi – Ini adalah penggunaan suku kata yang berulang-ulang seperti “bababa,” tetapi tanpa makna khusus. Ini biasanya terjadi antara 6 dan 9 bulan. Babbling berubah menjadi jargon bayi, atau “bicara tanpa makna.”
  • Kata tidak – Antara usia 6 dan 11 bulan, si kecil belajar memahami kata “tidak” dan akan berhenti melakukan apa yang sedang dilakukannya (meskipun si kecil mungkin segera melakukannya lagi!).
  • Kata pertama – Pada saat bayi berusia satu tahun, mereka mungkin sudah mengatakan kata pertama mereka, dan mungkin satu atau dua kata lagi. Kata pertama bayi biasanya muncul antara 10 dan 15 bulan.
  • Mengikuti instruksi – Pada saat si kecil berusia satu tahun, si kecil harus bisa mengikuti instruksi ayah-bunda atau orang dewasa di sekitarnya. Bayi akan tertarik mencoba berbicara.

Kata-kata tidak akan sempurna. Konsonan yang dibuat dengan bibir, seperti “m” atau “b” atau “p” lebih mudah dihasilkan. Si kecil mungkin mengatakan “ma-ma,” yang lebih mudah diucapkan oleh bayi daripada “da-da.” Dada lebih sulit karena “d” dibuat oleh lidah dan langit-langit mulut. Si kecil mungkin mengatakan kata untuk makanan, seperti “ba” untuk botol.

Si kecil mungkin tidak sepenuhnya memahami apa yang mereka katakan sampai mereka melihat bagaimana ayah-bunda atau orang dewasa di sekitarnya bereaksi. Jika si kecil mengatakan “ma-ma” dan bunda segera datang, si kecil akan memahami maksudnya.

Yang Harus Diperhatikan

  • Suara keras – ayah-bunda harus khawatir jika si kecil tidak bereaksi terhadap suara keras paling lambat 5 bulan. Jika khawatir, segera kunjungi dokter spesialis anak.
  • Membuat suara – Bayi harus membuat suara senang dan tidak senang pada usia 5 bulan.
  • Mencari sumber suara – Pada usia 6 bulan, si kecil harus bisa memutar kepala atau matanya ke arah sumber suara.
  • Komunikasi – Antara usia 6 dan 11 bulan, si kecil harus bisa meniru suara, babbling, dan menggunakan isyarat.
  • Pengenalan nama – Pada usia 10 bulan, si kecil harus bereaksi dengan cara tertentu saat mendengar namanya.
BACA JUGA  Doa Sehari-Hari untuk Diajarkan Kepada Anak

Selama tahun pertama tersebu, ayah-bunda perlu sering mengunjungi dokter spesialis anak. Dokter akan menilai perkembangan bahasa si kecil. Jika punya kekhawatiran, segera tanyakan pada dokter. Selama si kecil terus berkembang, kata pertama akan datang. Tenang saja, ini bukan perlombaan dengan anak-anak yang lain.

Referensi: https://www.healthline.com/health/baby/language-milestones-0-to-12-months

Awal Cemerlang adalah platform yang berfokus pada topik parenting & pengasuhan anak usia 2-7 tahun. Kami berharap bisa membantu para ayah-bunda dalam pengasuhan agar si kecil bisa merasakan masa-masa “awal” yang benar-benar “cemerlang”. Lewat website awalcemerlang.com dan social media, kami berbagi tips, cerita, dan info seru lainnya. Follow social media kami di IG @awalcemerlang dan Tiktok @awalcemerlang 😊 Gabung juga di WAG Komunitas Awal Cemerlang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.