prinsip bermain bersama anak

Bermain bersama anak bukan hanya menyenangkan, tetapi juga memperkuat ikatan emosional tetapi juga bisa dijadikan strategi dalam mendukung perkembangan fisik maupun mental mereka.

Berikut adalah 8 prinsip bermain bersama anak untuk membuat waktu bermain bersama anak menjadi aktivitas yang berdampak:

  1. Belajar Sambil Bermain
    Tujuan penerapan prinsip bermain sambil belajar bagi anak usia dini salah satunya adalah untuk menstimulasi otak anak dalam jangka panjang agar dalam memorinya selalu dipenuhi oleh kegiatan-kegiatan yang memberi kesan positif dan tentunya menyenangkan bagi anak.
  2. Pilih Aktivitas yang Sesuai dengan Usia:
    • Pilih permainan atau kegiatan yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak agar mereka dapat menikmati dan menerima manfaat dari pengalaman bermain. Aktivitas yang belum sesuai dengan kelompok usia tidak berkontribusi signifikan pada tumbuh-kembangnya.
  3. Libatkan Imajinasi:
    • Berimajinasi seluas mungkin bersama anak. Jadikan permainan sebagai kesempatan untuk mengembangkan kreativitas dan daya khayal mereka. Di antaranya lewat permainan berpura-pura (pretend play). Aktinglah sebagai salah satu tokoh/karakter dalam cerita mereka.
  4. Biarkan Anak Memimpin:
    • Beri anak kesempatan untuk memimpin permainan. Ini memungkinkan mereka merasa dihargai dan memberikan rasa kontrol atas kegiatan bersama. Sekaligus juga sebagai sarana untuk melatih teknik berkomunikasi dan bersosialisasi mereka.
  5. Bawa Permainan Edukatif:
    • Pilih permainan yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga memiliki unsur pendidikan. Ini dapat mencakup permainan papan (board game) yang mengajarkan keterampilan matematika, bahasa, atau pemecahan masalah. Contoh board game versi sederhana: ular tangga, monopoli, catur, dan permainan lainnya yang menggunakan papan.
  6. Luangkan Waktu untuk Permainan Luar Ruang (Outdoor):
    • Cobalah permainan outdoor untuk mendukung aktivitas fisik anak. Bersepeda, bermain bola, atau sekadar berjalan-jalan di taman dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan.
  7. Dedikasikan Waktu Khusus:
    • Tentukan waktu khusus untuk bermain bersama anak, tanpa gangguan dari pekerjaan atau ponsel. Ini menunjukkan bahwa Anda memberikan perhatian penuh pada mereka. Quality time datang dari waktu yang memang dialokasikan khusus untuk keluarga; tanpa gangguan sama sekali dari luar.
  8. Berikan Pujian dan Dorongan:
    • Berikan pujian ketika anak berhasil dalam permainan atau menyelesaikan tugas. Dorong mereka untuk terus mencoba dan memberikan usaha terbaik. Pujian dan dorongan akan meningkatkan kepercayaan diri (self-esteem) anak.
BACA JUGA  Yuk Ngonten Bareng Si Kecil! Ini Dia Daftar Inspirasinya

Dengan menerapkan prinsip prinsip bermain bersama anak ini, waktu bermain bersama anak tidak hanya menjadi kesempatan untuk bersenang-senang, tetapi juga membangun hubungan yang erat, serta mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak.

Awal Cemerlang adalah platform yang berfokus pada topik parenting & pengasuhan anak usia 2-7 tahun. Kami berharap bisa membantu para ayah-bunda dalam pengasuhan agar si kecil bisa merasakan masa-masa “awal” yang benar-benar “cemerlang”. Lewat website awalcemerlang.com dan social media, kami berbagi tips, cerita, dan info seru lainnya. Follow social media kami di IG @awalcemerlang dan Tiktok @awalcemerlang 😊 Gabung juga di WAG Komunitas Awal Cemerlang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.