Shin Tae Yong, yang akrab disebut STY oleh media massa dan netizen, tanpa terkecuali oleh penggila sepak bola di tanah air, semakin populer namanya seiring dengan tim nasional (timnas) sepakbola U-23 berhasil menembus semifinal Piala Asia U-23 tahun 2024. Semfiinal tersebut sendiri baru akan berlangsung Senin (29/04/2024) malam waktu Indonesia.

Tidak hanya STY yang menjadi sorotan, namun juga keluarga kecilnya. Berikut beberapa data-fakta mengenai STY dan keluarganya.

STY adalah Mantan Pemain yang Kini Menjadi Pelatih

Sebelum mengarsiteki Timnas Indonesia dan beberapa klub lain di Korea, STY juga berkarir menjadi pemain di klub negeri ginseng, Seongnam FC. Puncaknya, dia juga menjadi pemain kunci Timnas Korea Selatan era 1990-an.

Setelah itu, STY tetap berkarir di bidang sepakbola, khususnya sebagai pelatih. Sebelum melatih Indonesia, STY pernah menjadi head coach di timnas senior Korea Selatan setelah malang-melintang di berbagai klub di Negeri Ginseng.

Istri STY masih cantik dan awet muda

Istrinya, Cha Young-Joo, masih terlihat awet muda, padahal sudah 27 tahun menikah dan anak-anak sudah besar. Keduanya laki-laki dengan nama Shin Jae-won (kelahiran 1998) dan dan Shin Jae-hyeok (kelahiran 2001).

Anaknya ikut terjun di dunia sepakbola

Saat berusia 21 tahun, Shin Jae-won bergabung dengan FC Seoul. Sayangnya dia belum mendapat bmenit bermain yang cukup di klub tersebut. Setelah masa pinjaman di Ansan Greeners (sebuah klub kasta kedua di Korsel), anak pertama STY kini merupakan pemain inti di klub Seongnam FC.

BACA JUGA  Berbagai Tradisi Lebaran di Dunia

Shin Jae-Hyuk merupakan rekan setim dari pemain Indonesia, Asnawi Mangkualam di Ansan Greeners. Jae-hyuk berposisi reguler sebagai winger (sayap) kiri.

Membina di Sepakbola dan di Keluarga

STY bukan hanya coach di sepakbola, tetapi juga di keluarga. Terbukti, salah satu putranya, yaitu Shin Jae-won juga salah satu pemain di Timnas sepakbola senior di Korsel.

Di tim nasional Korea Selatan yang menjuarai Piala Asia tahun 2015, pelatih kepala (head coach) waktu itu adalah Uli Stielike, tetapi peran pembinaan yang sebenarnya dilakukan oleh STY, yang mengambil alih taktik dan pelatihan tim. STY kemudian menjadi head coach ketika Korsel tampil di Piala Dunia 2018, di mana Korsel menang 2-0 atas Jerman, setelah sebelumnya kalah 2 kali.

Sebagai orangtua, STY dan Istri Memperingati Momen Penting Keluarga

Hari kelahiran anak adalah momentum penting yang diingat oleh STY dan istri. Tidak heran, keduanya kerap merayakan ulang tahun putra mereka. Tidak lupa, momen-momen penting lain juga mereka abadikan sebagai keluarga.

Dari berbagai ilustrasi di atas, dapat kita simpulkan bahwa Shin tae Yong (STY) adalah suami dan ayah yang baik. STY memperhatikan kebutuhan fisik dan batin istri, begitu pula kepada anak-anak.

Baca Juga: Tulisan Featured lainnya dari Awal Cemerlang.

Referensi

  • https://www.suara.com/entertainment/2024/04/26/194500/5-potret-istri-shin-tae-yong-yang-masih-terlihat-cantik-meski-anak-sudah-dewasa
  • https://www.youtube.com/watch?v=ipOmhtwamHU&t=118s
  • https://www.suara.com/lifestyle/2024/04/27/112500/profil-dan-karier-shin-jae-won-anak-shin-tae-yong-pesepakbola-korea-malah-dukung-timnas-indo

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.