ibu rumah tangga menggunakan bank digital

Bank-bank konvensional yang mendirikan Bank Digital berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No.12/POJK.03/2021 adalah bank berbadan hukum Indonesia yang menyediakan dan menjalankan kegiatan usaha terutama melalui saluran elektronik tanpa kantor fisik selain kantor pusat atau menggunakan kantor fisik yang terbatas.

Ada beberapa contoh bank digital yang bisa digunakan oleh Ayah-Bunda, yaitu Livin dari Bank Mandiri, Jenius dari BTPN, blu dari BCA, Bank Jago (d/h Bank Artos), Digibank (DBS), Wokee (Bukopin), TMRW (UOB), Nyala (OCBC NISP), SeaBank, Motion Banking (MNC Bank) dan masih banyak lagi. Masing-masing bank konvensional tersebut memberikan nama brand khusus untuk aplikasi mobile banking-nya agar penetrasi ke pasar, khususnya pasar Generasi Z dan Generasi Alpha bisa lebih masif.

Penggunaan aplikasi digital, seperti mobile bankin maupun internet banking, untuk mengakomodir sebagian besar atau keseluruhan layanan nasabahnya serta memiliki sistem yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan nasabahnya. Berbeda dengan bank konvensional yang lebih mengandalkan jaringan kantor fisik dalam pelayanan nasabahnya.

Layanan pada bank digital pun sama dengan bank konvensional meliputi: penarikan uang, transfer uang, pengelolaan kredit, dana simpanan dan investasi, pembukaan rekening, pengelolaan cek dan laporan transaksi/ keuangan. Keunggulan sekaligus ketergantungan bank digital terletak pada jaringan internet, teknologi hardware dan software terkait.

Fitur Bank Digital

Dengan digital banking menggunakan brand-brand yang sudah disebut di atas, para bunda bisa mengelola keuangan, memantau arus kas, menabung untuk tujuan tertentu secara otomatis, bayar tagihan dan transfer uang dengan mudah. Semua aktivitas banking tersebut bisa dilakukan dari mana saja langsung dari layar HP bunda.

Tabungan Otomatis

Menyediakan fitur penghematan otomatis yang memungkinkan ibu rumah tangga untuk menetapkan tujuan tabungan dan secara otomatis mengalokasikan sejumlah dana setiap bulan ke akun tabungan sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka.

Bayar Tagihan dan Transfer Uang dengan Mudah

Bank digital memfasilitasi pembayaran tagihan dan transfer uang dengan cepat dan mudah melalui aplikasi mobile banking.

Edukasi Keuangan

Antara bank digital yang satu dengan yang lainnya berkompetisi dalam memberikan pelayanan yang terbaik agar para nasabah bertahan dan setia dengan bank tersebut. Di antaranya lewat program edukasi keuangan, yaitu konten-konten yang bermanfaat dan relevan untuk membantu ibu rumah tangga meningkatkan literasi keuangan mereka. Ini bisa berupa artikel, video tutorial, atau webinar tentang pengelolaan keuangan, investasi, dan perencanaan keuangan.

Fitur Keamanan yang Melegakan

Semakin mudah digunakan suatu aplikasi digital maka membuka celah terjadinya pencurian atau fraud dalam bentuk lain. Bank digital menjamin keamanan dan perlindungan data yang tinggi untuk memberikan ketenangan pikiran kepada ibu rumah tangga. Fitur keamanan seperti otentikasi dua faktor

Bank Digital adalah “pernikahan” atau gabungan antara inovasi perbankan dan teknologi, yang mau tidak mau menuntut Ayah-Bunda sekalian untuk mulai beradaptasi dan terbiasa dengan aplikasi digital ini. Selain memudahkan berbagai aktivitas perbankan, namun juga menitipkan tanggung jawab lebih berat untuk tidak sembarang membagikan akses masuk ke dalam akun bank digital masing-masing.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.