Jangan keliru lho ayah-bunda, proses edukatif tidak hanya di aktivitas bermainnya saja. Tetapi juga proses menuju “memiliki” mainan itu sendiri.

Jadi, lewat DIY (Do It Yourself), anak-anak bisa belajar juga secara langsung ketika membuat mainan itu sendiri.

Di bawah ini, ada 5 jenis mainan DIY yang bisa dibuat dari barang bekas khusus untuk si kecil yang masih prasekolah:

1 Mainan Binatang Felt

Bahan yang Dibutuhkan: Kain flanel atau felt berbagai warna, benang, gunting, pensil, dan pola binatang.

Cara Membuat: Gunakan pola binatang untuk menggambar dan memotong bentuk binatang dari kain felt. Jahit atau tempelkan detail wajah dan anggota tubuh binatang menggunakan benang dan lem. Anak-anak dapat bermain dengan binatang-binatang ini untuk merangsang imajinasi dan kreativitas mereka.

2 Tabung Sensori

Bahan yang Dibutuhkan: Tabung plastik transparan, beras, kacang, biji-bijian, paku, atau benda-benda kecil lainnya.

Cara Membuat: Isi tabung plastik dengan berbagai benda sensori seperti beras, kacang, atau biji-bijian. Tutup tabung dengan rapat dan pastikan tidak bocor. Anak-anak dapat menggoyangkan tabung dan merasakan sensasi dari benda-benda di dalamnya, yang dapat membantu dalam pengembangan sensori mereka.

3 Puzzle Bahan Bekas

Bahan yang Dibutuhkan: Kardus bekas, kertas, spidol, dan gunting.

Cara Membuat: Gunakan kardus bekas untuk membuat puzzle dengan menggambar gambar sederhana di atasnya, seperti binatang atau bentuk geometri. Kemudian, potong gambar menjadi beberapa potongan puzzle. Anak-anak dapat mencocokkan potongan-potongan tersebut untuk membentuk gambar yang lengkap.

4 Kotak Pasir DIY

Bahan yang Dibutuhkan: Kotak atau wadah plastik besar, pasir, mainan kecil seperti sekop dan cetakan.

BACA JUGA  Menghabiskan Waktu Berkualitas dengan Keluarga: Wisata Ramah Anak di Bogor

Cara Membuat: Isi kotak atau wadah plastik dengan pasir hingga setinggi beberapa inci. Tambahkan mainan kecil seperti sekop, cetakan, atau truk mainan untuk menambah keseruan. Kotak pasir DIY ini dapat digunakan untuk bermain di dalam ruangan atau di luar rumah.

5 Alat Musik Daur Ulang

Bahan yang Dibutuhkan: Bahan-bahan daur ulang seperti botol plastik, tutup botol, kancing, dan potongan-potongan kain.

Cara Membuat: Buatlah alat musik sederhana dari bahan-bahan daur ulang. Misalnya, botol plastik yang diisi dengan kancing dapat dijadikan marakas, atau tutup botol yang ditempelkan pada potongan kain bisa digunakan sebagai jingle bells. Anak-anak dapat berkreasi dengan berbagai suara yang dihasilkan oleh alat musik DIY mereka.

Dengan membuat mainan DIY ini bersama anak-anak prasekolah, selain dapat meningkatkan kreativitas mereka, juga memberikan pengalaman berharga tentang proses pembuatan dan menghargai barang-barang yang dibuat dengan tangan sendiri.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.