bapak ibu dan 2 anak yang bahagia di samping rumah

Mengelola uang sebesar 8 juta rupiah untuk keluarga dengan dua anak berusia 4-7 tahun memerlukan perencanaan dan pengelolaan yang bijaksana. Berikut adalah beberapa saran yang bisa Bunda pertimbangkan selaku Menteri Keuangan keluarga:

1. Buat Anggaran Bulanan:

Tentukan pengeluaran rutin seperti makanan, tagihan listrik, air, dan kebutuhan sehari-hari. lalu, sisihkan sejumlah uang untuk kebutuhan mendesak atau tak terduga.

2. Prioritaskan Kebutuhan Utama Anak-Anak:

Pastikan kebutuhan dasar anak-anak seperti makanan, pakaian, dan pendidikan tercukupi. Usia 4-7 tahun biasanya berarti ada 1 yang sedang TK dan adiknya belum sekolah. Sisihkan dana untuk keperluan pendidikan anak pertama ketika nantinya masuk SD.

3. Tabungan Darurat:

Alokasikan sebagian kecil dari uang bulanan untuk tabungan darurat keluarga yang bisa digunakan untuk keadaan darurat seperti kesehatan yang tidak dikaver asuransi atau perbaikan genteng rumah yang bocor.

4. Investasi Jangka Pendek:

Pertimbangkan untuk melakukan investasi jangka pendek yang terjangkau dengan uang jumlah kecil, misalnya reksa dana. Karena sekarang sudah ada aplikasi mobile yang memungkinkan berinvestasi secara mudah dan dalam nominal kecil. Bila ada dana berlebih, bisa berinvestasi ke instrumen fisik seperti emas batangan yang sudah tersedia mulai dari 1 gram saja.

5. Pendidikan Keuangan Anak:

Ajarkan konsep dasar kepada anak-anak mengenai uang sebagai alat bayar. Bahwa ada produk atau jasa yang bisa kita terima dengan melakukan pembayaran menggunakan uang. Berikan mereka bekal pengetahuan tentang cara mengumpulkan uang dan memenuhi kebutuhan yang penting. Dengan cara menabung selama beberapa waktu guna mencapai jumlah uang yang ditargetkan.

BACA JUGA  Cara Ampuh Menghindari Penipuan Freelance dan Melindungi Penghasilan Anda

6. Bandingkan Harga:

Selalu bandingkan harga sebelum membeli barang atau jasa. Pertimbangkan apakah pembelian tersebut bisa ditunda atau tidak. Perhatikan juga apakah ada barang atau jasa lain yang bisa menjadi substitusinya. Manfaatkan diskon atau promosi untuk memaksimalkan keuntungan dari belanja.

7. Pertimbangkan Asuransi:

Jika belum, pertimbangkan untuk memiliki asuransi kesehatan dan asuransi jiwa untuk perlindungan keluarga Anda. Minimal, bayar BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan secara rutin.

8. Hibahkan atau Sumbangkan Sebagian:

  • Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk menyisihkan sebagian dari uang bulanan untuk bersedekah atau memberikan sumbangan.
  • Hal ini dapat membantu memberikan rasa kepuasan dan keberlimpahan.

9. Perencanaan Liburan dan Aktivitas Keluarga:

Tentukan rencana liburan dan aktivitas keluarga dengan bijaksana. Cari opsi yang terjangkau namun tetap menyenangkan dan bermakna.

10. Evaluasi dan Sesuaikan:

Rutin evaluasi anggaran dan lakukan penyesuaian jika diperlukan. Seiring berjalannya waktu, pertimbangkan untuk memperbarui strategi keuangan.

Selalu ingat untuk selalu hidup sesuai kemampuan finansial dan fleksibel dalam merencanakan keuangan keluarga. Jika memungkinkan, konsultasikan dengan seorang ahli keuangan untuk saran lebih lanjut sesuai dengan situasi dan tujuan keuangan Anda.

Awal Cemerlang adalah platform yang berfokus pada topik parenting & pengasuhan anak usia 2-7 tahun. Kami berharap bisa membantu para ayah-bunda dalam pengasuhan agar si kecil bisa merasakan masa-masa “awal” yang benar-benar “cemerlang”. Lewat website awalcemerlang.com dan social media, kami berbagi tips, cerita, dan info seru lainnya. Follow social media kami di IG @awalcemerlang dan Tiktok @awalcemerlang 😊 Gabung juga di WAG Komunitas Awal Cemerlang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.