mother works with laptop while her child play toys around her

Banyak orang tua, khususnya ibu-ibu yang memiliki anak usia 4-7 tahun, seringkali merasa dilema antara keinginan untuk mengasuh anak dengan baik dan keinginan untuk berkarier atau menjalankan bisnis. Namun, dengan perkembangan teknologi dan berbagai peluang baru, menjalankan bisnis dari rumah sembari mengasuh anak-anak bukanlah hal yang mustahil.

Berikut adalah beberapa tips untuk memulai dan menjalankan usaha bisnis dari rumah dengan tetap memberikan perhatian maksimal kepada buah hati Anda.

1. Kenali Passion dan Keahlian Diri Sendiri

Sebelum memulai bisnis dari rumah, identifikasi passion dan keahlian yang Bunda miliki. Apakah Bunda mahir dalam menulis, desain grafis, atau memiliki keahlian dalam bidang tertentu? Memulai bisnis yang sesuai dengan keahlian dan minat Bunda akan membuat perjalanan bisnis menjadi lebih menyenangkan.

2. Pilih Model Bisnis yang Sesuai

Ada berbagai model bisnis yang dapat dijalankan dari rumah, seperti freelancing, penjualan online, atau menjadi affiliator. Pilih model bisnis yang sesuai dengan waktu dan ketersediaan Anda, sehingga dapat dijalankan secara fleksibel tanpa mengorbankan waktu bersama anak.

3. Manfaatkan Teknologi Digital

Sekarang melakukan penagihan saja sudah ada tools digitalnya. Apalagi untuk core business-nya itu sendiri.

Jadi, gunakan teknologi digital untuk mempermudah pekerjaan Anda. Aplikasi produktivitas, platform pemasaran digital, dan alat kolaborasi online dapat membantu Bunda menjalankan bisnis dengan lebih efisien, memungkinkan untuk memberikan fokus yang lebih dari cukup pada pekerjaan dan keluarga.

BACA JUGA  Bukan Dapat Capek Doang, Ini Daftar Bisnis Online Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan

4. Buat Jadwal yang Fleksibel

Rencanakan jadwal kerja yang fleksibel, sesuaikan dengan jadwal anak-anak. Pilih waktu-waktu di mana anak sedang bermain atau tidur untuk fokus pada pekerjaan. Hal ini akan membantu Bunda menciptakan keseimbangan antara pekerjaan dan keluarga.

Ada kalanya suami maupun support system yang lain harus dibuat mengerti bahwa Anda sedang ada deadline dan sedang tidak bisa meng-handle anak. Jadi, dukungan support system adalah bagian tak terpisahkan dari yang namanya fleksibilitas bekerja dari rumah.

5. Manfaatkan Dukungan Keluarga

Keluarga adalah support system yang utama. Maka, dukungan keluarga sangat penting. Libatkan pasangan dan anggota keluarga lainnya untuk membantu dalam mengasuh anak-anak, sehingga Bunda dapat memiliki waktu yang lebih berkualitas untuk menjalankan bisnis.

6. Ciptakan Area Kerja yang Nyaman

Tentukan area kerja di rumah yang nyaman dan terpisah dari area bermain anak. Ini akan membantu Bunda fokus saat bekerja dan memudahkan anak-anak untuk memahami waktu kerja dan waktu bersama keluarga.

Area kerja (working space) bisa berupa meja dan kursi kerja berikut komputer. Bisa juga berupa dapur untuk memproduksi makanan dan minuman barang dagangan. Intinya, pisahkan area keluarga atau area bermain bersama anak-anak, dengan area bekerja. Bila ruangnya tidak bisa dikhususkan, setidaknya buat jadwal kapan space tersebut tidak boleh dimasuki oleh anak-anak.

7. Prioritaskan Keseimbangan Hidup

Penting untuk tidak mengorbankan keseimbangan hidup. Karena work-life balance itu penting. Tetapkan batas waktu untuk bekerja dan pastikan Bunda memiliki waktu berkualitas bersama keluarga. Keseimbangan yang baik akan membantu Bunda tetap produktif dan bahagia.

Dengan mengikuti 7 tips tersebut di atas, Bunda dapat menjalankan usaha bisnis dari rumah sambil memberikan perhatian yang cukup kepada anak-anak berusia 4-7 tahun. Ingatlah bahwa kunci keberhasilan adalah fleksibilitas, dukungan keluarga, manajemen waktu, serta manajemen fokus yang baik. Semoga tips ini membantu Bunda meraih kesuksesan dalam bisnis dan kehidupan keluarga!

BACA JUGA  Cara Menjadi Content Creator dengan Peralatan Terbatas: Tips untuk Pemula

Awal Cemerlang adalah platform yang berfokus pada topik parenting & pengasuhan anak usia 2-7 tahun. Kami berharap bisa membantu para ayah-bunda dalam pengasuhan agar si kecil bisa merasakan masa-masa “awal” yang benar-benar “cemerlang”. Lewat website awalcemerlang.com dan social media, kami berbagi tips, cerita, dan info seru lainnya. Follow social media kami di IG @awalcemerlang dan Tiktok @awalcemerlang 😊 Gabung juga di WAG Komunitas Awal Cemerlang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.