Susah tidur saat hamil trimester 1 biasanya lebih sering terjadi pada calon ibu yang baru pertama kali mengandung. Hal ini terjadi karena perempuan tersebut baru pertama kali mengalami perubahan signifikan pada tubuhnya secara fisik, hormonal, maupun mental. Situasi yang belum terbiasa ini, menyebabkan ibu hamil trimester 1 kesulitan tidur malam.

Dalam situasi tubuh yang sedang ‘normal’ pun, tidur malam sedemikian pentingnya. Kurang tidur hampir setiap malam bisa meningkatkan risiko ibu hamil mengalami kelahiran prematur, persalinan lebih lama, diabetes, dan preeklamsia. Apalagi pada ibu hamil yang sebenarnya harus ‘mengistirahatkan’ 2 orang, yaitu dirinya dan si janin.

Penyebab Ibu Hamil Susah Tidur Malam

Kalau baru pertama mengalami, ibu hamil mungkin merasakan cemas dan khawatir mengenai proses persalinan. Selain itu, peningkatan hormon progesteron menyebabkan susah tidur malam juga. Adapun sebab-sebab lain ibu hamil muda mengalami susah tidur:

  • Keinginan untuk buang air kecil terus-menerus
  • Mual atau muntah
  • Sakit punggung
  • Nyeri payudara
  • Kram kaki
  • Maag kambuh
  • Kelelahan

Cara Mengatasi Ibu Hamil Susah Tidur Malam

Berikut ini cara-cara agar ibu hamil tidak susah tidur malam

Membatasi Durasi Tidur Siang

Tidur siang dicukupkan mulai dari 20 menit hingga 90 menit. Sehingga ketika malam tiba, ibu hamil punya rasa lelah dan mengantuk untuk tidur malam.

Salah satu cara untuk membatasi waktu tidur siang tersebut adalah dengan menggunakan alarm dari jam meja atau smartphone. Ada orang-orang yang bisa bangun tidur siang setelah ‘memprogram’ dirinya lewat niat tidur siang.

BACA JUGA  Sunnah Rasulullah: 6 Tips Romantis Pasangan Suami Istri

Menjalankan Rutinitas Tidur Malam

Berikut ini adalah rutinitas tidur malam yang sebaiknya dibiasakan untuk ‘memprogram’ tubuh supaya tidak mengalami susah tidur:

  • Tidur di jam yang sama, misal jam 8 malam
  • Mandi air hangat sebelum tidur supaya tubuh lebih rileks
  • Naik ke kasur lebih awal atau tepat waktu supaya mengantuk sesuai jadwal tidur malam
  • Menenangkan diri -misal dengan membaca buku
  • Untuk makan dan minum, sudah dituntaskan minimal 2 jam sebelum waktu tidur. Juga supaya tidak terbangun tengah malam untuk BAK ke kamar mandi.

Mencukupi Hidrasi di Siang Hari

Supaya tidak merasa dehidrasi di malam hari, sebaiknya hidrasi dilakukan dalam volume yang cukup namun dengan frekuensi lebih tinggi sejak pagi hingga petang.

Suasana Kamar yang Tepat untuk Tidur Malam

Kondisi kamar yang tepat untuk tidur malam adalah cukup gelap, yaitu tidak menyilaukan. Hening dan tidak berisik, serta sejuk yang tidak membuat berkeringat. Kamar tidur yang panas cenderung membuat ibu hamil mudah terbangun.

Tidur Miring

Posisi tidur yang tepat untuk ibu hamil trimester pertama adalah posisi miring. Bila menggunakan posisi tidur telentang biasa, kemungkinan membuat perut terasa berat dan mungkin akan menekan rongga dada.

Melawan Stress dengan Teknik Relaksasi

Stress atau tertekan merupakan kelanjutan dari perasaan cemas-khawatir akan persalinan dan pasca persalinan. Ada juga tekanan dari kenaikan hormon progesteron.

Di samping mengatur pikiran dan perasaan cemas-khawatir itu sendiri, ibu hamil -dan dengan dukungan support system, terutama suami- bisa melaksanakan teknik-teknik relaksasi, seperti yoga, meditasi, latihan pernapasan, maupuan shalat -boleh sambil duduk.

Demikian ulasan dari tim Awal Cemerlang mengenai sebab-sebab Ibu hamil susah tidur malam dan cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

BACA JUGA  Kewajiban Suami Kepada Istri - Semoga Dimudahkan dalam Menjalankannya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.