keranjang berisi boneka beruang

Ketika memikirkan dan memilih kado untuk bayi, mulailah dengan mempertimbangkan apakah manfaat yang diterima sudah sesuai dengan usia si bayi tersebut.

Selain itu, pertimbangkan pula selama apa kado tersebut bisa digunakan. Semakin lama bisa digunakan, termasuk bisa diturunkan kepada adiknya, maka semakin baik pula barang tersebut untuk dipilih sebagai kado bayi.

Berikut rekomendasi kado bayi versi tim Awal Cemerlang:

Stroller Bayi

Stroller bayi menjadi salah satu barang yang dapat digunakan bayi baru lahir hingga usia di bawah tiga tahun. Stroller membuat bayi lebih nyaman saat bepergian ke luar rumah sekaligus memudahkan orangtua dalam membawa perlengkapan.

Stroller bayi sendiri memiliki berbagai jenis serta fitur, mulai dari standard stroller, car seat frame stroller, stroller modular, hingga lightweight stroller yang bisa dilipat menjadi ringkas.

Ada berbagai merek stroller bayi seperti Pliko, Nuna, BabyElle, Bugaboo, Babydoes, Babyzen, dan sebagainya. Harganya dibanderol mulai dari Rp700.000-an hingga jutaan rupiah.

Carseat

Carseat merupakan salah satu perlengkapan penting yang harus disediakan di mobil untuk keselamatan bayi dan anak kecil. Pemakaian carseat dapat dimulai dari bayi baru lahir dengan sejumlah ketentuan.

Ada berbagai merek carseat yang bisa dijumpai di toko online (marketplace). Meliputi infant carseat, convertible carseat, booster seat, hingga carseat multifungsi yang mencakup semua tipe tersebut.

Beberapa pilihan merek carseat antara lain Joie, Nuna, Cocolatte, Babydoes, Beiens Baby, dan sebagainya. Harga carseat bervariasi bergantung dari fungsi dan merek, mulai dari Rp900.000-an hingga jutaan rupiah.

Playmat

Playmat adalah media belajar bayi, yang berguna untuk tummy time, belajar merangkak, dan bermain. Kini ada beragam pilihan playmate dengan gambar dan warna-warni yang menarik untuk bayi.

BACA JUGA  5 Eksperimen Sains Sederhana di Rumah yang Anak Prasekolah Harus Coba

Ayah-bunda bisa menjumpai aneka pilihan playmat bayi di marketplace dengan harga mulai dari Rp100.000-an.

Gendongan Bayi

Gendongan bayi memudahkan orangtua untuk menggendong si kecil. Ada beragam jenis gendongan bayi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan usia bayi.

Misalnya, seperti soft structured carrier, kain jarik, woven wrap, ring sling, hipseat, dan lainnya. Selain harganya yang cukup terjangkau, gendongan bayi juga bisa digunakan untuk jangka waktu lama bila dirawat dengan baik.

Beberapa merek gendongan bayi antara lain Baby Scots, Mooimom, Dialogue Baby, Mom’s Baby, Ergobaby, dan sebagainya. Harganya beragam bergantung dari merek dan jenis gendongan bayi, mulai dari Rp300.000-an.

Buku Bayi

Kado yang satu ini jarang terpikirkan, namun sangat bermanfaat bagi bayi hingga besar. Kamu bisa memberikan kado soft book bagi bayi baru lahir untuk melatih penglihatan dan menstimulasi otak bayi.

Soft book juga membantu merangsang indra bayi. Kamu bisa melengkapi kado soft book dengan koleksi buku bayi lainnya. Ada beragam jenis buku di marketplace yang bisa didapatkan dengan harga kurang dari Rp100.000.

Pompa ASI

Bayi dianjurkan untuk mendapatkan ASI eksklusif selama enam bulan, dan direkomendasikan sampai usia dua tahun. Karenanya, kado bayi berupa pompa ASI akan sangat bermanfaat dalam dua tahun.

Sebab, selain menyusui langsung atau direct breastfeeding (DBF), ibu melahirkan juga disarankan rutin memerah ASI agar payudara terus memproduksi ASI.

Ada beragam merek pompa ASI yang bisa menjadi alternatif, seperti Mom UUng, Spectra, Philips Avent,Mama’s Choice, Boboduck, Pigeon, Mooimom, dan sebagainya. Ada tipe single pump dan dual pump.

Jadi, jika ingin memberi kado pompa ASI, sebaiknya tanyakan kepada calon ibu sebelum melahirkan mengenai preferensi merek pompa ASI. Harga pompa ASI memang cukup menguras kantong, mulai dari Rp400.000-an hingga Rp2juta.

BACA JUGA  Taman Kota yang Rindang dan Sejuk di Semarang

Mainan Bayi

Mainan dapat membantu melatih kemampuan sensorik dan motorik bayi hingga anak-anak. Ada beragam jenis mainan bayi yang bisa kamu jumpai di marketplace.

Pada umumnya, bayi akan lebih tertarik dengan mainan yang memiliki suara dan warna-warna cerah. Kini mainan bayi semakin beragam warna dan manfaatnya. Mulai dari Rp100.000-an ayah-bunda sudah bisa membelikan mainan bayi sebagai kado.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.