Kali ini, izinkan tim Awal Cemerlang mengulas tentang Food Preparation atau food prep yang populer dengan tagar #foodprep di jagat digital, khususnya instagram. Kita akan ulas mulai dari apa itu food preparation, manfaatnya, bagaimana melakukannya, hingga tips-tips food preparation untuk sayur maupun ayam. Dengan kulkas maupun tanpa kulkas.

Apa Itu Food Preparation

Food preparation atau food prep adalah penyiapan bahan makanan -setelah berbelanja- untuk suatu periode (tiga harian, mingguan atau dua mingguan). Food preparation dilakukan pada awal bergulirnya periode tersebut.

Food preparation dilatarbelakangi oleh kesibukan kehidupan perkotaan maupun sempitnya waktu yang tersedia, sehingga pergi ke pasar tradisional atau pasar modern tidak bisa dilakukan setiap hari.

Food preparation yang hanya mempersiapkan bahan mentah, biasa disebut raw food prep. Sementara persiapan makanan yang dimakan sejatinya juga masuk dalam definisi food preparation. Yang akan banyak dibahas dalam artikel ini adalah raw food prep.

Manfaat Food Preparation

Berikut ini adalah manfaat dilakukannya food preparation

  • Bahan makanan sudah bersih dari pengotor
  • Bahan makanan sudah dipotong-potong lebih kecil
  • Mengurangi waktu persiapan sebelum memasak
  • Budget belanja lebih efektif
  • Dapur dan tempat penyimpanan lebih rapi
  • Sehingga, pergi ke pasar modern atau pasar tradisional bisa dilakukan tiga hari sekali, seminggu sekali, atau dua pekan sekali.

Food Preparation Sayur

Tidak semua sayur baik disimpan berhari-hari di dalam kulkas. Untuk food preparation sayur ini, kami pilih bawang-bawangan dan sayur-sayuran hijau.

Bawang-bawangan

Bawang merah, bawang putih dikupas. Ditempatkan dalam kantong atau kotak plastik bening, lalu disimpan di laci kulkas.

BACA JUGA  Bekal Anak Sekolah: Menu Sehat dan Lezat untuk Aktivitas Belajar Mereka

Sayur-sayuran hijau

Contoh sayuran yang dimaksud, misalnya buncis, wortel, kacang panjang. Ketiganya memiliki jenis serat yang bersifat tegar. Caranya adalah dengan mencuci sayur-mayur hingga bersih, potong-potong berukuran kecil, simpan di kota atau kantong plastik bening, dan disimpan di laci kulkas juga.

Food Preparation Ayam

Untuk food preparation ayam, bukan sekedar menyiangi ayam saja. Tetapi juga sampai membuat bumbu-bumbunya. Didiamkan hingga bumbu meresap. Jadi setelah didiamkan selama semalam, esoknya bisa mulai digoreng/dimasak. Dan food preparation ayam ini durasinya bisa hingga 2-3 hari.

Beberapa menu ayam yang biasa hadir dalam food preparation ayam adalah ayam mentega, spicy wings, ayam lengkuas, ayam teriyaki, dll.

Tips-Tips Lain Food Preparation

Berikut adalah tips-tips lain dalam food preparation menurut eatnow.id:

  • Daging sapi jangan dicuci
  • Bersihkan seafood untuk ukuran sekali masak, simpan di freezer, pindahkan ke chiller semalam sebelum dimasak
  • Bumbu halus, biasanya ada tiga macam: bumbu merah, bumbu putih, bumbu kuning.
  • Janganlah menyimpan berbagai jenis bahan ke dalam satu wadah. Hal ini akan menyebabkan kontaminasi dan membuat bahan-bahan lebih cepat rusak.
  • Jangan menyimpan bahan makanan lebih dari dua pekan.

Demikian informasi dari tim Awal Cemerlang mengenai manfaat melakukan food preparation, sehingga dengan persiapan-persiapan tersebut, maka memasak tidak lagi menjadi aktivitas yang memboroskan bahan, waktu, dan tenaga.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.