Bronkopneumonia adalah salah satu bentuk paru-paru basah (pneumonia) yang menyebabkan peradangan di paru-paru sehingga bronkus dan alveoli terisi dengan cairan. Pneumonia sendiri adalah “payung” dari berbagai penyakit paru-paru yang berisi cairan. Penamaannya lebih lanjut bergantung pada letak terjadinya infeksi. Bronkopneumonia sendiri terjadi di bronkus (saluran-saluran pernapasan dari trakea menuju alveoli).

Untuk mengenali penyakit ini pada anak, mari kita telaah dari ciri-cirinya dulu

Gejala Bronkopneumonia

Demam. Kesulitan bernapas, seperti sesak napas. Nyeri dada yang mungkin memburuk dengan batuk atau bernapas dalam-dalam. Batuk berlendir.

Hampir semua penyakit pada saluran pernapasan atau paru-paru memiliki gejala yang mirip. Pada dasarnya, kedua penyakit ini sama-sama disebabkan oleh adanya infeksi dan disertai batuk yang berlangsung cukup lama. Mari simak perbedaan di antara penyakit-penyakit tersebut:

Beda Pneumonia dengan Bronkitis

Pada penyakit pneumonia, alveolus (kantung udara sebagai tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida) terisi oleh cairan, sehingga menyebabkan paru-paru meradang. Penyebabnya adalah bakteri, virus, dan jamur.

Bronkitis adalah kondisi ketika saluran bronkus terinfeksi dan mengalami peradangan. Penyebabnya ada bermacam-macam. Di antaranya adalah infeksi virus, bakteri, atau pun terlalu sering terpapar asap rokok dan polusi.

Penyebab Bronkopneumonia

Bronkopneumonia adalah salah satu jenis pneumonia yang disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau jamur. Kondisi ini juga dapat dipicu oleh beberapa faktor risiko, seperti usia, lingkungan, gaya hidup, dan kondisi kesehatan tertentu.

Dokter akan memeriksa kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh dan mungkin menyarankan sejumlah tes, seperti foto Rontgen dada, tes darah, atau CT scan.

BACA JUGA  Rekomendasi Dokter Anak di Bandung

Dengan Mengenali Penyebabnya, maka Bronkopneumonia bisa Disembuhkan

Adapun sejumlah prosedur pengobatan yang umum dilakukan untuk menangani bronkopneumonia adalah: Pemberian antibiotik, terutama jika bronkopneumonia disebabkan oleh infeksi bakteri. Pemberian obat antivirus jika bronkopneumonia disebabkan oleh infeksi virus.

Bronkopneumonia pada Anak Bisa Sembuh

Apabila penyebab bronkopneumonia atau pneumonia adalah virus, biasanya akan membaik dengan sendirinya. Orang tua dapat melakukan perawatan di rumah dengan cara memastikan anak dapat istirahat yang cukup, asupan cairan dan makanan yang cukup, serta obat-obatan pereda batuk dan demam yang diberikan oleh dokter.

Jika tidak sembuh dengan beristirahat di rumah, makan makanan sehat, hidup di lingkungan yang bersih, maka pengobatan bronkopneuminia yang disebabkan oleh virus, dapat menggunakan antivirus.

Bronkopneumonia oleh Bakteri

Jika bronkopneumonia yang Anda derita disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter akan meresepkan obat antibiotik. Obat ini harus dihabiskan untuk mencegah infeksi berulang dan memastikan bakteri penyebab bronkopneumia dalam tubuh Anda benar-benar sudah hilang.

Demikian informasi mengenai bronkopneumonia pada anak ini. Semoga bermanfaat. Baca juga artikel kesehatan anak lainnya dari Awal Cemerlang.

Referensi: https://www.pathologyoutlines.com/topic/lungnontumorinfectionsgeneral.html

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.