uang rupiah 2000, 5000, 20000

Jika sedang terlilit hutang ditambah lagi masih banyak pengeluaran yang harus dipenuhi, ayah-bunda tentu harus segera memutar otak demi bisa keluar dari permasalahan tersebut. Ternyata ada lho solusi cerdas agar bebas utang.

Seperti apa caranya? Simak beberapa cara untuk melunasi utang yang bisa kamu coba terapkan.

Mengatur Ulang Pos-Pos Pengeluaran

Tidak mungkin menggunakan pos-pos pengeluaran yang ada untuk kondisi berhutang seperti ini. Prioritaskan utang dan kebutuhan terlebih dahulu. Evaluasi pos pengeluaran tersebut dan sesuaikan kembali dengan kondisimu.

Berhemat

Contoh penghematan yang bisa dilakukan, seperti pindah tempat tinggal jika memang biaya sewa tempat tinggal tersebut terbilang mahal. Bisa juga dengan beralih menggunakan barang yang bisa dicuci lalu dipakai berkali-kali seperti handuk atau saputangan untuk mengurangi biaya belanja tisu. Selain itu, kamu bisa menggunakan transportasi umum atau sepeda untuk pergi ke kantor, memasak dan membawa bekal makan sendiri, atau berhenti paket langganan, seperti Spotify, Netflix, dan lain sebagainya.

Rekapitulasi Utang

Artinya menghimpun dan menghitung kembali utang-utang yang dimiliki mulai dari jumlah (outstanding), sisa waktu, hingga besaran bunga sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memprioritaskan utang mana yang akan dibayar terlebih dahulu.

Lunasi Utang dengan Bunga yang Besar Dahulu

Setiap lembaga keuangan memiliki ketentuan bunga yang berbeda. Ada yang besar dan ada juga yang kecil. Berapapun persentase bunga yang diberikan tentunya ini akan memengaruhi keuanganmu.

Cara melunasi utang ini dapat digunakan jika ayah-bunda memiliki beberapa utang dengan suku bunga yang beragam. Ada baiknya untuk kamu melunasi utang dengan suku bunga yang besar terlebih dahulu. Mengapa suku bunga yang besar? Karena suku bunga yang besar lebih melipatgandakan utang dalam rupiah daripada hutang bersuku bunga kecil.

BACA JUGA  Panduan Lengkap Memulai Investasi Emas yang Menguntungkan

Gunakan Tabungan

Karena melunasi hutang adalah kewajiban, tidak ada salahnya menunda pembelanjaan atas barang yang sudah direncanakan sejak lama. Yaitu menggunakan uang tabungan untuk melunasi hutang tersebut.

Solusi Sementara: Berutang untuk Melunasi Utang

Memang, cara cepat untuk melunasi utang adalah dengan mengajukan pinjaman lagi. Dengan begitu, dana besar yang diterima bisa digunakan untuk melunasi utang dengan tenggat waktu paling dekat.

Ini namanya gali lubang, tutup lubang sebagai solusi sementara. Hanya menjaga nama baik penghutang di mata para pemberi hutang.

Mencari Penghasilan Tambahan

Apabila gaji bulanan dari pekerjaan utama ayah-bunda benar-benar tidak mencukupi untuk sekadar melunasi utang, ini saat yang tepat untuk mencari penghasilan tambahan. Ketahuilah, kamu bisa menjual keahlian demi mendapatkan uang tambahan.

Misalnya, menjadi guru les musik, berenang, ataupun melukis. Bisa juga dengan menjadi sopir ojek/taksi online, menjual jasa sebagai penerjemah atau penulis artikel, hingga desain dan fotografi.

Cukup antisipasi keterbatasan double income dalam rumah tangga.

Menjual Aset yang Ada untuk Melunasi Hutang

Aset seperti emas, baik berupa keping logam maupun perhiasan, merupakan aset yang mudah dilikuidasi untuk melunasi hutang. Tidak ada salahnya berinvestasi pada emas ketika situasi ekonomi sedang baik.

Demikian beberapa cara-cara melunasi hutang versi Awal Cemerlang. Semoga dengan melaksanakan satu atau beberapa di antaranya bisa mengurangi masalah-masalah keuangan ayah-bunda.

Referensi:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.