Setelah sebelumnya kita membahas Outdoor di Jakarta, kali ini kita bahas taman-taman di Kota Bandung ya. Baik taman kota yang biasa, maupun taman-taman yang memiliki tema-tema tertentu.

Taman Balai Kota

Taman ini disebut Balai Kota karena memang terletak di Balai Kota Bandung. Berlokasi di Jalan Wastukencana, taman ini merupakan tempat bermain dan tempat nongkrong yang sangat menyenangkan. Sebagaimana ruang publik lain di Kota Bandung, kalau hari minggu banyak yang olah raga, dan bersepedah di sini.

Taman Musik

Lokasinya di Jl. Sumbawa No.20, Merdeka, Kec. Sumur Bandung. Taman ini difungsikan sebagai salah satu tempat berkumpul, bermain musik dan juga sebagai tempat bermain basket dan kegiatan yang lainnya.

Taman Superhero

Taman kota kecil dengan patung pahlawan super dari buku komik, plus jalan rindang & peralatan bermain. Berlokasi di Cihapit, Kec. Bandung Wetan.

Tempat yang pas buat mengasuh anak-anak sambil jajan-jajan. Karena banyak pedagang kaki lima serta kafe dan restoran di sekitar taman ini. Banyak pohon tinggi sehingga tamannya cukup sejuk.

Taman Foto

Ini adalah taman yang rindang nan sejuk dan terletak bukan di jalan raya utama, sehingga kendaraan bermotor di sekitar taman ini tidak terlalu ramai. Suasanya tidak berisik, sehingga enak untuk duduk santai sambil jajan dan ngobrol.

Taman Maluku

Taman Maluku terletak di kelurahan Citarum, Kecamatan Bandung Wetan. Taman ini memiliki lapangan tenis, patung misionaris Belanda & meja piknik di bawah pohon rindang.

BACA JUGA  Menghabiskan Liburan Bersama Keluarga: Wisata Ramah Anak di Jakarta Selatan

Terdapat area jogging track yang baik dan fasilitas olahraga lainnya yang memungkinkan pengunjung untuk tetap aktif.
Selain itu, taman ini juga dilengkapi dengan area bermain anak yang aman dan menarik, menjadikannya tempat yang ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Taman Radio

Taman ini terletak di jantung Kota Bandung, tepatnya di Jl. Ir. H. Juanda, Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan. Dahulu bernama taman Flexi, kini dinamai sebagai taman radio. Tersedia smoking area dan beberapa kursi untuk istirahat di pinggir taman ini. Untuk kondisi tamannya terawat, namun bagian tengah taman tersebut tidak bisa diakses, karna terdapat satu pohon besar ditengah taman itu.

Taman Panatayuda

Jl. Penata Yudha, Kelurahan Lebakgede, Kecamatan Coblong. Dekat dengan Jalan Dipati Ukur. Kuliner populer yang dekat dengan taman ini adalah Sei Sapi Lamalera..

Taman di jalan Penatayuda ini dibangun pada tahun 2014 an dan direnovasi pada tahun 2022 dengan tema anti narkoba. Taman yang diambil dari nama raja di kerajaan Pajajaran ini dilengkapi dengan perpustakaan, area bermain anak dan walking track. Suasana yang adem menjadikan taman ini cocok untuk tempat bersantai. Mudah-mudahan taman inì tetap terjaga dengan baik.

Taman Jomblo

Taman Pasupati atau Taman Jomblo adalah ruang publik yang unik karena bertempat di bawah jalan layang. Persisnya beralamat di Jl. Tamansari No.66, Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong.

Taman ini bercirikan kotak-kotak tempat duduk warna warni yang hanya cukup untuk satu orang. Oleh sebab itu waktu diresmikan tahun 2014 dikenal juga sebagai Taman Jomblo. Di belakangtaman terdapat area bermain skateboard.

Taman Cibeunying

Taman yang unik karena dikelilingi oleh penjual tanaman hias. Ayah-bunda akan senang berlama-lama di taman ini, karena tidak bisa melihat koleksi bunga anggrek dan banyak jenis tanaman-tanaman lain. Pohonnya tinggi-tinggi sehingga tempatnya adem dan cocok banget untuk cuci mata -melihat tanaman hijau. Seperti biasa, ada banyak street food juga di taman ini.

BACA JUGA  6 Akun Instagram Ide Bermain Bersama Anak yang Wajib Difollow

Berlokasi di Jl. Taman Cibeunying Utara, Cihapit, Kec. Bandung Wetan

Taman Bola

Berlokasi di Jl. Brigadir Jend. Katamso, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kidul. Taman yang nyaman, karena ada banyak playground kids nya juga. Lumayan sekali untuk bersantai sambil menggandeng anak kecil untuk bermain di taman ini.

Kiara Artha Park

Taman kota modern dengan kampung budaya Korea, air mancur menari bercahaya & kafe terbuka. Beralamat di Jl. Banten, Kebonwaru, Kec. Batununggal.

Taman yang sangat bagus dengan biaya masuk yang sangat terjangkau. Ayah-bunda bisa menikmati waktu libur yang menyenangkan bersama keluarga di taman ini. Tersedia juga area makan, stand cemilan, juga penyewaan sepeda dan scooter. Pada malam hari, ada pertunjukan air mancur menari yang sangat cantik.

Taman Lampion

Terletak di Ciateul, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat 40252.

Berlokasi di dalam area lapangan tegalega, lampion park menawarkan konsep taman dengan lampion-lampion yg berbentuk binatang purba mulai dari T-Rex, brontosaurus, pteranodon hingga ankilosaurus. Tempat ini lebih nyaman dikunjungi pada sore ke malam karena semua lampion akan menyala sehingga terlihat lebih artistik.

Taman Lalu Lintas

Tempat rekreasi dengan taman lalu lintas yang mengajarkan keamanan bagi anak, kolam renang, & taman bermain. Jl. Belitung No.1, Merdeka, Kec. Sumur Bandung.

Ada permainan gratis seperti perosotan, ayunan, jungkat jungkit, naik ke patung binatang, taman untuk lari-lari dll jadi tidak naik wahana pun sudah cukup.

Taman Sejarah

Jl. Aceh No.53, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung. Taman Sejarah Bandung terletak berseberangan dengan Museum Kota Bandung. Tempatnya cukup luas dan sejuk karena ada pepohonan. Di taman tersebut menyajikan relief dan standee yang berisikan sejarah dan biografi singkat mengenai walikota Bandung dari masa ke masa. Cocok untuk belajar sejarah sambil bersantai.

BACA JUGA  Yuk Ngonten Bareng Si Kecil! Ini Dia Daftar Inspirasinya

Selanjutnya bukan taman kota, tetapi alun-alun kota yang tentu saja juga berfungsi sebagai public spaces.

Alun-Alun Kota

Alun-alun Bandung adalah pusat kota Bandung yang dicirikan oleh sebidang tanah yang luas. Bersebelahan dengan Masjid Agung. Di sekelilingnya ada bangunan-bangunan fungsional dan tentu saja pusat berbelanja. Tempatnya ada di dekat Grote Postweg. Beralamat di Jl. Asia Afrika, Kb. Pisang, Kec. Regol.

Cocok untuk rekreasi keluarga. Sekedar duduk di hamparan rumput sintesis atau bermain-main dengan anak. Tentu saja ada para pedagang mainan. Ada parkiran basement di bawah dan juga parkiran di luar yang luas.

Alun-Alun Ujung Berung

Alun-alun kota dengan pohon & belukar, plus jalan setapak berwarna-warni & huruf besar bertuliskan nama taman. Terletak di sisi timur Kota Bandung dengan alamat Jl. Cigending No.3, Cigending, Kec. Ujung Berung.

Suasananya enak untuk bersantai, minum kopi, dan nongkrong bersama teman atau keluarga. Suasananya damai walaupun ramai. Jajanan bandung maupun jajanan zaman now juga ada di sini. Lokasinya berdekatan dengan pasar tradisional.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.