anak memegang telinga

Penting untuk melakukan tindak lanjut (follow up) apabila muncul ciri-ciri berikut ini pada si kecil. Khawatirnya, telah terjadi gangguan pendengaran pada anak yang apabila tidak ditangani akan dapat mengganggu penguasaan bahasa, kemampuan bicara, bahkan interaksi sosial anak.

Ciri Anak dengan Gangguan Kemampuan Mendengar

  • Sering mengalami nyeri berulang pada telinga atau penyumbatan di telinga
  • Tidak memahami apa yang Anda katakan dengan benar
  • Terlambat mulai berbicara atau perkembangan bicaranya tidak sesuai dengan usianya
  • Tidak merespons suara
  • Keluar cairan dari telinga

Apabila benar si kecil mengalami satu atau beberapa ciri tersebut, mari kita telusuri beberapa kemungkinan penyebabnya berikut ini:

Penyebab Anak Kurang Pendengaran

  • Si kecil terpapar suara bising secara konsisten
  • Si kecil pernah kecelakaan sehingga mengalami cedera di kepala
  • Si kecil mengalami penyakit meningitis
  • Si kecil mengalami otitis media (infeksi pada telinga bagian tengah, tepatnya pada rongga di belakang gendang telia)

Setelah mempersempit daftar kondisi yang mungkin menjadi penyebab anak kurang pendengarannya, ingatlah bahwa gangguan pendengaran pada anak bisa disembuhkan, kok. Mari simak cara-cara mengatasi anak yang kurang pendengaran:

Cara Mengatasi Kurang Pendengaran

  • Membersihkan dan mengeluarkan benda asing yang menyumbat telingan. Bawa si kecil ke dokter THT untuk dibersihkan telinganya. Jangan gunakan cotton bud untuk membersihkan telinga; karena berisiko mendorong kotoran masuk lebih dalam.
  • Pada anak yang mengalami gangguan pendengaran akibat infeksi, berikan obat antiradang atau antibiotik setelah pemeriksaan oleh dokter THT. Tentu sesuai dosis dan cara pakai yang diresepkan.

Pendengaran yang terhambat pada anak akan mengganggu kelancaran komunikasinya. Ada opsi untuk melaksanakan terapi wicara agar anak lebih terampil dalam mendengarkan; yang dibuktikan dengan responnya secara lisan atau lewat tindakan.

BACA JUGA  Dampak Serius Bronkitis pada Anak

Pada prinsipnya, apabila ada tanda-tanda gangguan pendengaran anak, bersegeralah untuk memeriksakannya ke dokter. Semakin cepat ditangani, maka semakin cepat pula dia bisa mencapai tumbuh kembang terbaiknya.

Awal Cemerlang adalah platform yang berfokus pada topik parenting & pengasuhan anak usia 2-7 tahun. Kami berharap bisa membantu para ayah-bunda dalam pengasuhan agar si kecil bisa merasakan masa-masa “awal” yang benar-benar “cemerlang”. Lewat website awalcemerlang.com dan social media, kami berbagi tips, cerita, dan info seru lainnya. Follow social media kami di IG @awalcemerlang dan Tiktok @awalcemerlang Gabung juga di WAG Komunitas Awal Cemerlang 😊

Referensi:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.