Seiring dengan kemajuan teknologi, peluang bisnis online semakin terbuka lebar bagi berbagai kalangan, termasuk ibu rumah tangga. Banyak bunda yang sukses mengelola bisnis online mereka sendiri, memberikan kontribusi positif baik untuk keuangan keluarga maupun pengembangan pribadi.

Catatan yang sangat penting sebelum dan selama Bunda menjalankan bisnis online ibu rumah tangga ini adalah: Ayah harus menjadi support system yang super. Baik perihal bisnis online itu sendiri, maupun terkait tugas-tugas rumah tangga.

list bisnis online dari rumah untuk ibu rumah tangga

Artikel ini akan membahas beberapa ide bisnis online yang cocok bagi Bunda yang ingin memulai perjalanan wirausaha mereka di dunia digital.

1. Jualan Online:

Salah satu cara paling umum untuk memulai bisnis online adalah dengan menjual produk melalui platform e-commerce. Bunda dapat menjual produk handmade, makanan kemasan, atau produk-produk lainnya. Platform seperti Tokopedia, Tiktok, atau Shopee memberikan kemudahan dalam memulai dan mengelola toko online.

2. Menjadi Freelancer:

Bunda yang memiliki keahlian di bidang desain grafis, penulisan, penerjemahan, atau pemasaran digital dapat menjadi freelancer. Banyak platform seperti Upwork, Freelancer, dan Fiverr yang menyediakan kesempatan untuk menawarkan jasa mereka secara online. Berdasar pengalaman beberapa freelance, marjin paling tebal adalah ketika kita bisa menjadi freelance untuk korporat.

3. Content Creator

Jika memiliki kemampuan menulis yang baik, Bunda dapat memulai blog pribadi atau menulis artikel untuk platform online. Jika punya skill di bidang grafis atau video maker, bisa membuat konten video pendek (YouTube Short, TikTok, IG Reels).

Dengan menghasilkan konten berkualitas, bisa mendapatkan penghasilan dari iklan, kemitraan dengan brand, membuat konten untuk pihak lain, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Memulai Karir Content Creator dengan Peralatan Terbatas

BACA JUGA  Tips Mengelola Uang THR

4. Jasa Virtual Assistant:

Banyak pebisnis membutuhkan bantuan dalam mengelola tugas-tugas administratif. Sebagai seorang virtual assistant, Bunda dapat membantu dengan tugas seperti manajemen email, penjadwalan, atau tugas-tugas lain yang dapat dilakukan secara online.

5. Kursus Online:

Bunda yang memiliki keahlian khusus dapat membagikan pengetahuannya melalui kursus online. Platform seperti MySkill, SatuKelas, menyediakan sarana untuk membuat, mengunggah dan menjual kursus secara online.

6. Affiliate Marketing:

Melibatkan diri dalam affiliate marketing merupakan cara lain untuk mendapatkan penghasilan online. Bunda dapat memilih produk atau layanan yang sesuai dengan minat mereka, mempromosikannya ke berbagai channel social media yang bunda miliki, dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang dihasilkan. Platform affiliate marketing yang kami rekomendasikan: Shopee, Accesstrade, Niagahoster, dan lain-lain.

7. Penjualan Barang Bekas:

Melalui platform seperti OLX atau Facebook Marketplace, Bunda dapat menjual barang preloved (atau thrifting untuk fesyen) dengan potensi mendapatkan penghasilan tambahan. Pasar barang bekas ini sedang bertumbuh karena memuaskan customernya untuk memiliki barang dengan harga terjangkau. Apalagi tidak memunculkan perasaan bersalah karena merusak lingkungan dengan membuang barang.

Dalam memulai bisnis online, kunci kesuksesan adalah konsistensi, dedikasi, dan kemampuan untuk terus belajar. Bunda dapat mengelola waktu dengan bijak, memanfaatkan sumber daya yang ada, dan terlibat dalam komunitas online untuk mendapatkan dukungan dan inspirasi. Dengan semangat kewirausahaan, bisnis online dapat menjadi peluang besar bagi Bunda untuk meraih kemandirian finansial dan pengembangan diri.

Awal Cemerlang adalah platform yang berfokus pada topik parenting & pengasuhan anak usia 2-7 tahun. Kami berharap bisa membantu para ayah-bunda dalam pengasuhan agar si kecil bisa merasakan masa-masa “awal” yang benar-benar “cemerlang”. Lewat website awalcemerlang.com dan social media, kami berbagi tips, cerita, dan info seru lainnya. Follow social media kami di IG @awalcemerlang dan Tiktok @awalcemerlang 😊 Gabung juga di WAG Komunitas Awal Cemerlang.

BACA JUGA  Mengelola 8 Juta Rupiah untuk Keluarga dengan 2 Anak Prasekolah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.