Apabila anak cuek terhadap panggilan oleh ayah-bunda, atau terlambat bicara, atau tanda-tanda lain yang sepertinya menyiratkan bahwa ada gangguan fungsi pendengaran pada si kecil, nah sudah waktunya ayah-bunda juga mulai mempertimbangkan untuk melakukan tes pendengaran pada anak usia 2-3 tahun.

ciri-ciri anak dengan gangguan proses mendengar

  • Sering mengalami nyeri berulang pada telinga atau penyumbatan di telinga
  • Tidak memahami apa yang Anda katakan dengan benar
  • Terlambat mulai berbicara atau perkembangan bicaranya tidak sesuai dengan usianya
  • Tidak merespons suara
  • Keluar cairan dari telinga

Macam-Macam Tes Pendengaran

Ada tes Timpanometri, tes BERA, ada pula tes OAE.

1 Tes Timpanometri

Timpanometri adalah pemeriksaan telinga yang berguna untuk menentukan keadaan di telinga tengah. Dengan pemeriksaan timpanometri dapat diketahui adanya cairan di telinga tengah, adanya kekakuan tulang-tulang pendengaran, tekanan negatif di telinga tengah. Sehingga dapat disimpulkan tingkat kesehatan telinga bagian tengah.

2 Tes BERA

Tes Brain Evoked Response Auditory (BERA) adalah tes kemampuan pendengaran anak berusia 1-3 tahun. Selain itu, tes BERA juga baru bisa dilakukan pada bayi minimal berusia tiga bulan. Teknisnya adalah dengan merekam potensial listrik yang dikeluarkan sel koklea selama menempuh perjalanan mulai telinga dalam hingga inti-inti tertentu di batang otak

3 Tes OAE

OAE adalah singkatan dari Otoacoustic Emissions. Pemeriksaan OAE dilakukan dengan menempelkan sumbat kecil ke telinga bayi/anak selama beberapa detik (mirip dengan pemeriksaan Timpanometri). OAE screener biasanya dilengkapi dengan speaker dan mikrofon mini yang dibalut dengan sumbat dari bahan lembut (eartip).

Demikian artikel ini mengenai tes pendengaran pada anak usia 2-3 tahun yang meliputi pengenalan orang tua pada tanda-tanda anak-anak yang mengalami gangguan proses mendengar, sampai dengan jenis tes-tes yang bisa dilakukan guna menjawab keingintahuan ortu tersebut.

BACA JUGA  Usia Anak Masuk Sekolah yang Paling Tepat, Orangtua Wajib Tahu!

Baca juga: Konten Pengasuhan dari Tim Awal Cemerlang.

Referensi

Awal Cemerlang adalah platform yang berfokus pada topik parenting & pengasuhan anak usia 2-7 tahun. Kami berharap bisa membantu para ayah-bunda dalam pengasuhan agar si kecil bisa merasakan masa-masa “awal” yang benar-benar “cemerlang”. Lewat website awalcemerlang.com dan social media, kami berbagi tips, cerita, dan info seru lainnya. Follow social media kami di IG @awalcemerlang dan Tiktok @awalcemerlang 😊 Gabung juga di WAG Komunitas Awal Cemerlang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.