usia anak masuk sekolah

Usia anak masuk sekolah bisa jadi berbeda-beda bagi tiap anak. Hal tersebut membingungkan beberapa orang tua.

Negara lewat Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mensyaratkan anak berusia 7 tahun bila mendaftar SD Negeri. Sementara itu, ada anak-anak yang lahir di bulan Oktober, November, dan Desember mengalami kegamangan karena sekolah dimulai bulan Juli.

Namun, ada cara lain untuk mengetahui apakah si kecil memang sudah waktunya untuk bersekolah dengan melihat beberapa prasyarat berikut ini:

Berani Berkomunikasi dan Berinteraksi dengan Orang Lain

Ayah bunda, coba perhatikan, apakah anak sudah bisa:

  • Mengerti perintah sederhana
  • Menjawab ketika ayah-bunda bertanya
  • Meminta bantuan pada orang lain secara lisan
  • Berkomunikasi lisan secara jelas

Jika ayah-bunda sudah melakukan observasi pada si kecil, dan ditemukan bahwa si kecil sudah bisa melakukan semuanya atau hampir semuanya, itu artinya anak sudah siap untuk masuk dunia prasekolah.

Bisa Menggunakan Toilet Sendiri

Berada di lingkungan umum, seperti sekolah, di mana tidak ada pendampingan oleh orang tua, maka sepatutnya si kecil sudah bisa menggunakan toilet secara mandiri. Kemampuan tersebut juga menjadi salah satu pertimbangan untuk menentukan apakah anak sudah siap masuk dunia prasekolah atau belum. Jika sudah mampu, maka anak sudah bisa mengikuti kegiatan bersekolah.

Baca Juga: Panduan Praktis Menjadikan Anak Prasekolah Lebih Disiplin.

Sudah Bisa Makan Sendiri

Di sekolah, ada waktunya di mana siswa-siswi akan dipersilahkan untuk mengkonsumsi bekal yang dibawa. Yang wajib menjadi observasi ayah-bunda adalah apakah si kecil sudah bisa duduk dengan tenang dan menyuapkan makanan ke dalam mulutnya. Apabila kedua hal tersebut terpenuhi, itu artinya si kecil sudah bisa bersekolah.

BACA JUGA  Mengajarkan Istinja kepada Anak: Pentingnya Mengikuti Rukun Istinja secara Lengkap

Anak bisa jauh dari orangtua dalam waktu sementara

Salah satu tanda anak siap sekolah adalah ia sudah bisa ditinggal oleh ayah-bunda untuk sementara waktu.

Sekarang perhatikan, apakah anak merasa nyaman jika ditinggal oleh ayah-bunda, sementara ia berkumpul dan bermain dengan teman-temannya? Anda tinggal sebentar, sementara ia bermain dengan teman-temannya?

Jika ya, tandanya ini bisa menjadi salah satu tanda ia sudah siap masuk sekolah.

Usia Bukan Satu-Satunya Pertimbangan

Jadi, bila si kecil menunjukkan dirinya sudah mampu melayani kebutuhan dasarnya sendiri tanpa bantuan orang lain, artinya anak sudah cukup besar, pintar, dan mandiri. Apabila dari kriteria-kriteria yang sudah disebut di atas, semua atau hampir semua terpenuhi, itu berarti si kecil sudah bisa dimasukkan ke sekolah.

Dampak Anak Masuk SD di Usia 6 Tahun

Psikolog senior Elly Risman berpendapat bahwa anak terlalu cepat sekolah sebelum usia akan ada semacam efek BLAST yaitu Bored Lonely Afraid-Angry Stress Tired. Anak akan mudah bosan, merasa sendirian, marah, stres dan kecepekan dan efek ini nyaris tidak tampak dan dampaknya tidak pernah tahu kapan waktunya. Bisa saja putus sekolah di tengah jalan, atau bisa jadi ketika dewasa saat kuliah masalah ini akan muncul.

Baca Juga: Konten Prasekolah dari Awal Cemerlang.

Fact Check: Usia Anak Mulai Sekolah Menurut WHO

Anak sekolah menurut definisi WHO (World Health Organization) yaitu golongan anak yang berusia antara 7-15 tahun, sedangkan di Indonesia lazimnya anak yang berusia 7-12 tahun. Perbedaan usia anak sekolah yang disarankan ini mungkin dikarenakan perbedaan-perbedaan dalam hal sistem pendidikan nasional, kesehatan (fisik, mental, sosial), kesejahteraan ekonomi, serta kebutuhan/situasi/masalah khusus di masing-masing negara (daerah tertinggal, bencana alam, dll).

BACA JUGA  Mengasuh Si Kecil dengan Lebih Mudah, Bagaimana Caranya? Temukan Rahasianya di Sini!

Referensi:

Awal Cemerlang adalah platform yang berfokus pada topik parenting & pengasuhan anak usia 2-7 tahun. Kami berharap bisa membantu para ayah-bunda dalam pengasuhan agar si kecil bisa merasakan masa-masa “awal” yang benar-benar “cemerlang”. Lewat website awalcemerlang.com dan social media, kami berbagi tips, cerita, dan info seru lainnya. Follow social media kami di IG @awalcemerlang dan Tiktok @awalcemerlang 😊 Gabung juga di WAG Komunitas Awal Cemerlang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.