3 nasihat parenting dari Rasullulah Muhammad Shallahu alaihi wassalam:

1 Jangan meninggikan suara kepada anak

Tidak hanya kepada anak-anak, sesungguhnya Rasulullah selalu bertutur lemah-lembut kepada siapapun.

Beberapa penelitian menyatakan nada tinggi dari orang tua kepada anak akan memutuskan beberapa sambungan syaraf (sinapsis) di kepala anak.

2 Memilih waktu yang tepat untuk memberikan nasihat

Tidak memperhatikan waktu ketika memberikan nasihat kepada anak, bisa dimaknai sebagai tidak memberikan kebebasan alias mengekang anak.

Nasihat pun bukan barang yang bisa diberikan terus-menerus. Karena intensitas atau frekuensi nasihat yang terlalu tinggi bisa menjadikan anak-anak malah kebal dari nasihat.

3 Berikan panggilan kesayangan yang baik

Panggilan kesayangan yang baik akan membangun persepsi diri yang bagus pula bagi anak-anak. Namanya persepsi diri, berarti bagaimana dirinya memandang dan menilai dirinya sendiri.

Ini akan berguna bagi anak-anak ketika dirinya diragukan oleh dunia, namun berkat pengulangan sebutan yang baik oleh ayah-bundanya maka anak-anak tersebut akan memiliki kepercayaan diri (self-esteem) untuk membalikkan keraguan-keraguan dari orang sekitarnya.

Demikian tiga nasihat parenting dari habibi (yang tersayang) kita, pemimpin sekaligus nabi kita Rasulullah Muhammad Shallahu Alaihi Wassalam.

Semoga dengan meneladani ketiga nasihat tersebut, kita menjadi ayah-bunda yang lebih baik bagi anak-anak kita.

BACA JUGA  Terbukti Ampuh! 6 Rahasia Mendidik Anak Berdasar Ilmu Psikologi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.