hobi ibu rumah tangga

Kebosanan di rumah bisa mendatangkan stres untuk Ibu Rumah Tangga. Ujung-ujungnya bisa suami yang kena marah atau anak-anak yang terkena getahnya jika si bunda mengalami tekanan batin.

Lalu, bisa melakukan apa supaya tidak bosan yang lalu berdampak ke stress?

1 Hobi Menulis

Jika ingin mengekspresikan diri atau berbagi pengalaman dan tips, bunda bisa mencoba hobi menulis. Ibu bisa memulai dengan membuat blog pribadi atau sekedar menulis di jurnal. Jika ingin memulai hobi menulis di blog pribadi, tapi bingung mulai darimana, bisa banget cari “Blogging untuk Pemula”.

2 Hobi Fotografi

Dengan fotografi, Bunda tidak hanya bisa menangkap momen berharga keluarga, tetapi juga kesempatan untuk mengekspresikan kreativitas. Bunda juga bisa berkembang menjadi videografer, bahkan berlanjut menjadi content creator. Di titik ini, Bunda bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, misalkan lewat menjual jasa – setelah membuat portfolio yang cakep-cakep. Menarik sekali kan, Bunda! Ini namanya dari hobi jadi cuan.

3 Hobi Melukis/Mewarnai

Adalah kegiatan krreatif yang sangat bermanfaat dan menyenangkan untuk dicoba oleh bunda. Keduanya bukan hanya cara untuk merelaksasi diri, tetapi juga wadah untuk mengekspresikan ide dan seni. Melukis dengan kanvas dan cat minyak tidak membutuhkan modal besar, bisa dimulai dengan Rp500ribu saja. Itu pun masih akan ada sisa cat minyak yang bisa dipakai lagi untuk kanvas berikutnya.

Hobi mewarnai juga bukan hobi yang mahal. Karena buku mewarnai dapat diperoleh di toko buku terdekat. Terdiri dari puluhan halaman, berarti ada puluhan jam juga yang bisa Bunda gunakan untuk mencari dan merasakan ketenangan selama proses pewarnaan itu sendiri.

BACA JUGA  7 Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur di Malam Hari

4 Hobi Berkebun

Hobi ini memberikan kesempatan bagi bunda untuk berada di alam, dan merasakan sentuhan tanah, tanaman, dan udara segar. Ini dapat memberikan efek menenangkan sehingga mengurangi stress.

5 Hobi Menjahit

Dengan menjahit, membuat Anda lebih kreatif sekaligus melatih kesabaran dalam menciptakan sesuatu mulai dari awal. Tidak perlu menjahit sesuatu yang rumit, Anda dapat memulainya dengan mempelajari teknik dasar menjahit. Menjahit selalu berhubungan dengan jarum dan benang, karena itu sebaiknya Anda juga mengenali jenis-jenis teknik dasar menjahit yang biasa dilakukan secara manual.

Teknik menjahit menggunakan tangan memerlukan lebih banyak variasi dibandingkan dengan menggunakan mesin. Jika Anda tertarik melakukannya dengan mesin jahit, mulailah untuk mencari tahu jenis mesin yang cocok untuk Anda sebagai pemula dan bagaimana cara dalam menggunakan mesin tersebut.

6 Hobi Memasak

Hobi memasak itu dicirikan dari mencari dan mengeksplorasi resep masakan yang baru atau belum pernah dicoba sebelumnya. Seninya adalah bagaimana mengikuti resep yang disediakan di YouTube, CookPad dan referensi-referensi lain. Karena tidak semua resep pasti berhasil atau langsung sukses. Diperlukan penyesuaian di bahan maupun teknik untuk mengoptimalkan masakan yang ditargetkan.

7 Berolahraga Yoga

Yoga bisa dilakukan secara mandiri di rumah ketika pagi atau sore hari. Jenis olahraga satu ini akan membuat pikiran lebih rileks dan badan menjadi semakin sehat.

Petualangan dan pengalaman baru dalam melakukan olahraga yoga adalah ketika Bunda mencoba melakukan gerakan-gerakan yoga yang baru dan berbeda. Mungkin tidak langsung berhasil, namun rasa penasaran itulah yang akan membuat Bunda mencoba lagi dan lagi tanpa merasa gagal ketika gerakannya belum sempurna.

Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa instruktur yoga, cukup cari saja video tutorial yoga yang ingin Anda coba melalui aplikasi YouTube. Gimana, mudah banget kan?

BACA JUGA  Rekomendasi Nama untuk Si Kembar

8 Hobi Memelihara Kucing

Kucing adalah hewan yang lucu dan menggemaskan, banyak sekali pecinta hewan yang akhirnya memilih binatang berbulu satu ini sebagai teman sekaligus sahabat mereka di rumah sehari-harinya.Memelihara kucing mungkin bisa menjadi hobi barumu, selain bisa membuatmu lebih betah di rumah, di saat sekarang ini  sudah banyak para pecinta hewan yang memanfaatkan kucingnya untuk hal yang bermanfaat dan memberikan kegiatan positif mereka sebagai ibu rumah tangga sehari-harinya.

Referensi https://sumut.idntimes.com/life/family/febi-wahyudi/hobi-ini-cocok-dilakukan-ibu-rumah-tangga-biar-gak-bosan.

9 Hobi Menari

Jika Anda adalah tipe wanita yang suka bergerak, cobalah untuk menari ketika ada waktu senggang. Jika memungkinkan, Anda bisa mengajak serta anak-anak untuk menari dengan iringan musik yang menyenangkan. Pasti seru banget!

Sama seperti yoga, menari juga banyak referensinya di YouTube, sehingga Bunda tidak akan merasa menari seorang diri.

Penutup

Semoga rekomendasi hobi-hobi tersebut dapat menjadi pilihan yang menginspirasi dan memperkaya pengalaman Ibu Rumah Tangga di rumah. Ingatlah bawah mengerjakan hobi bukan tentang hasil akhir, melainkan mengalami dan merasakan proses itu sendiri yang dapat menggembirakan sekaligus memuaskan. Selamat mengeksplorasi hobi baru tersebut ya, Bunda!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.