Artikel ini membahas cara-cara mencegah anak kecanduan gadget.

Kita tidak bisa memungkiri bahwa gadget membawa dampak positif seperti lebih pandai dan lancar dalam berbahasa Inggris. Di sisi lain, penggunaan gadget yang berlebihan pada aktivitas yang tidak produktif dapat membahayakan fisik maupun mental penggunanya. Tentunya hal tersebut sangat kita hindari terjadi pada anak-anak.

Sebelum kita lakukan pencegahan, atau bahkan pengobatan, pertama-tama kita coba kenali dahulu apakah anak kita sudah memenuhi tanda-tanda kecanduan gadget berikut ini.

Apa Tanda-Tanda Anak Kecanduan Gadget?

  • Ketika orang tua meminta, si kecil tidak mudah lepas dari handphone
  • Cenderung melakukan aktivitas individual (seorang diri)
  • Tidak dapat menerima informasi dari sekitarnya
  • Sulit fokus

Lebih lanjut, kecanduan gadget sangat mungkin berdampak terhadap lingkungan sosial, seperti terealisasinya cyber bullying hingga kekerasan seksual.

Salah satu cara mencegah anak kecanduan gadget adalah dengan mengupayakan agar si kecil tidak menghabiskan waktunya dengan gadget. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkah berikut.

Agar Anak Tidak Menghabiskan Waktu dengan Gadget

Sebelum terjadi jauh lebih parah, berikut adalah beberapa tips untuk mencegah anak agar tidak menghabiskan waktunya dengan gadget:

1 Batasi waktu penggunaan lewat penetapan jadwal

Sampaikan peraturan bahwa gadget tidak boleh dipakai di semua waktu. Bangun tidur tidak boleh langsung pegang gawai. Ketika makan pagi/siang/sore tidak boleh sambil menonton dari gadget.

Berikan juga batasan waktu bahwa sekali menyentuh gadget, misalnya maksimal 20 menit. Itu pun dengan pemasangan alarm digital terlebih dahulu.

BACA JUGA  Cara Mendidik Anak yang Benar Menurut Islam

2 Minta anak melakukan aktivitas lain

Bisa jadi anak fokus dengan gadget dan berpotensi kecanduan karena “tidak ada” aktivitas lain. Yakinkan pada si kecil bahwa ada aktivitas lain yang bisa dilakukan. Fasilitas perlengkapan untuk melaksanakan aktivitas tersebut. Misal, memfasilitasi buku gambar dan alat mewarnai, agar anak teralihkan dari aktivitas ber-gadget.

3 Habiskan waktu lebih banyak dengan anak

Anak-anak “lari” ke gadget sesederhana alasan “sendirian”. Karena mereka sendirian dan tidak ada teman bermain, maka pelarian mereka adalah ke gadget.

Supaya mereka tidak sendirian, maka orang di sekitar mereka, khususnya orang tua wajib menghabiskan waktu lebih banyak dengan anak. Bisa bermain, bisa mengerjakan sesuatu bersama-sama, atau kegiatan lainnya. Yang penting adalah anak tidak dibiarkan sendirian. Bisa lihat rekomendasi permainan versi Awal Cemerlang.

4 Gadget Hanya di Ruang Tertentu Saja

Selain membatasi waktu seperti di tips nomor 1, maka buatlah juga aturan mengenai ruang-ruang di mana gadget boleh digunakan. Contohnya, gadget tidak boleh digunakan di kamar tidur, karena kamar tidur untuk tidur/beristirahat.

5 Jadilah teladan

Anak-anak adalah peniru ulung. Satu tindakan orang tua yang dilihat anak, lebih diikuti daripada 1000 kata-kata kepada anak-anak. Demikian pentingnya memberikan contoh kepada anak untuk tidak selalu menyentuh gadget setiap detik.

Jadilah teladan yang baik, bahkan sebelum mereka berkata, “Ayah/Ibu kan ngasih contoh begitu”.

Demikianlah beberapa tips mencegah terjadinya kecanduan gadget pada anak.

Referensi

Awal Cemerlang adalah platform yang berfokus pada topik parenting & pengasuhan anak usia 2-7 tahun. Kami berharap bisa membantu para ayah-bunda dalam pengasuhan agar si kecil bisa merasakan masa-masa “awal” yang benar-benar “cemerlang”. Lewat website awalcemerlang.com dan social media, kami berbagi tips, cerita, dan info seru lainnya. Follow social media kami di IG @awalcemerlang dan Tiktok @awalcemerlang 😊 Gabung juga di WAG Komunitas Awal Cemerlang.

BACA JUGA  6 Contoh Kegiatan Bulan Ramadhan untuk Anak Prasekolah

2 COMMENTS

  1. Saya amati awalnya anak kecanduan gadget karena orang tua yang memberi gadget, agar anaknya anteng, Mas. Akhirnya kebablasan. Padahal gadget hadir juga memberi manfaat pada anak. Maka harus digunakan pada anak secara bijak juga.

  2. menjadi teladan bagi anak untuk penggunaan gadget dengan bijak ini kunci utama ya. Bagaimanapun anak akan meniru orang di sekitarnya. Kalu enggak mau anak kecanduan gadget, oratunya juga jangan main gadget di depan anak. mengutip kalimat pak ridwan kamil, hhhhe

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.