“Jika kamu bisa memilih makanan untuk makan malam minggu ini, apa yang kamu pilih?”

Topik ini dapat membuka kesempatan bagi si kecil untuk merasa didengar dan dihargai dalam membuat keputusan dalam keluarga. Hal ini dapat membantu mereka merasa memiliki keluarga dan memperkuat ikatan dengan orangtua melalui diskusi bersama.

“Apa Warna Favoritmu?”

Percakapan dengan topik ringan ini dapat membantu orangtua memahami preferensi anak dan membantu anak mengenalkan dunia pada mereka. Dengan adanya warna yang beragam, orangtua mungkin dapat mengetahui kesukaan-kesukaan si anak.

“Jika kamu bisa menjadi tak terlihat satu hari penuh, apa yang akan kamu lakukan?”

Pertanyaan ini terkesan unik dan mungkin anak akan butuh waktu untuk berpikir sebelum menjawabnya. Maka dari itu, melalui pertanyaan ini akan mendorong imajinasi anak dan memperluas batas-batas pemikiran mereka.

Percakapan ini juga dapat menjadi bahan diskusi untuk mengetahui sifat anak mengenai kebaikan dan tanggung jawab.

“Jika kamu hanya punya satu keinginan, apa yang kamu inginkan?”

Pertanyaan dengan topik ini dapat membuka percakapan mengenai cita-cita dan keinginan anak di masa depan. Melalui ini, orangtua juga dapat mengetahui dan merencanakan cita-cita anak.

“Jika kamu bisa menjadi hewan, hewan apa yang kamu pilih?”

Pertanyaan yang terdengar lucu ini dapat mendorong imajinasi anak dan mengembangkan pengenalan dan pemahaman mereka tentang keanekaragaman alam. Selain itu, orangtua dapat menggali lebih dalam tentang apa yang menjadi minat, impian, atau bahka ketakutan anak melalui jawaban tersebut.

BACA JUGA  Deretan Hadiah Tahun Baru untuk Anak Prasekolah yang Bikin Mereka Terpana

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.