Agar bisnis ayah-bunda terus berkembang, terdapat 7 cara mengatur keuangan usaha dari Awal Cemerlang implementasikan. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

1 Pisahkan Keuangan Personal dan Usaha

Cara pertama dan utama sebelum cara-cara yang lain adalah pisahkan dana milik keluarga ayah-bunda dengan dana perusahaan. Mencampur dua dana tersebut adalah satu langkah untuk mendorong usaha ke jurang kesia-siaan dan kebangkrutan.

2 Membuat Laporan Keuangan

Cara mengatur keuangan yang kedua adalah disiplin dalam membuat laporan keuangan secara berkala. Laporan keuangan bisa dibuat per bulan, per kuarter, dan per tahun.

Dengan begitu, rekam jejak transaksi perusahaan bisa diawasi dan dievaluasi. Evaluasi tersebut dapat jadi landasan untuk mengukur tujuan keuangan, membuat anggaran berikutnya, serta berinvestasi lebih lanjut.

Idealnya, laporan keuangan ada 3: pertama adalah neraca, untuk mencatat aset apa saja yang dimiliki per tanggal tersebut. Kedua adalah laporan rugi laba, yang menggambarkan selisih antara pendapatan dikurangi dengan pengeluaran. Ketiga adalah laporan arus kas, yang menggambarkan bagaimana uang tunai masuk (pendapatan) dan keluar (belanja).

3 Tetapkan Target Keuangan

Cara mengelola keuangan yang berikutnya adalah menetapkan target keuangan. Seberapa besar keuntungan yang perlu ayah-bunda capai dalam sebulan, dalam 3 bulan, ataupun dalam satu tahun. Buatlah target yang realistis ya, ayah-bunda.

Salah satu cara menetapkan target yang realistis adalah dengan menghitung berapa minimal pengeluaran rumah tangga keluarga yang sifatnya wajib. Dari sini, ayah-bunda bisa tahu berapa besar keuntungan yang harus diraih. Sehingga, operasional rumah tangga tidak terganggu oleh apapun kinerja usaha.

BACA JUGA  4 Alternatif Mengatur Pengeluaran Rumah Tangga

4 Buatlah Anggaran Belanja Usaha

Cara mengatur keuangan usaha yang keempat adalah membuat anggaran belanja pekanan, bulanan, kuarter, ataupun tahunan. Catatlah jenis pengeluaran apa saja yang diperlukan dalam satu hari/pekan/bulan/tahun, kemudian buat batas nominal pengeluaran untuk setiap jenisnya. Usahakan bertransaksi sesuai dengan anggaran yang telah dibuat.

Jika tidak ada dalam rencana dan anggaran, berarti belanja tersebut bisa ditunda di periode pekan/bulan/tahun berikutnya. Prinsipnya adalah jangan impulsif (tiba-tiba) dalam berbelanja. Semua pembelanjaan harus didasari oleh rencana.

5 Perhatikan Arus Kas Keuangan Usaha

Cara mengatur keuangan usaha yang kelima adalah mengawasi/memperhatikan arus keuangan bisnis, ayah-bunda. Arus kas adalah aliran (arus) uang kontan. Meliputi pendapatan maupun pengeluaran.

Catat setiap transaksi yang berhubungan dengan perusahaan dan tentukan siapa yang berwenang untuk bertransaksi dengan uang perusahaan agar mengurangi potensi korupsi. Bila dikerjakan secara konsisten, ini sudah sesuai dengan prinsip membuat laporan arus kas.

6 Manfaatkan Laba untuk Berinvestasi Kembali pada Usaha

Setiap keuntungan sangat berarti. Cara mengelola keuangan selanjutnya adalah menggunakan laba untuk perkembangan perusahaan. Ayah-bunda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar karena kinerja perusahaan juga meningkat.

7 Kelola Utang Usaha

Cara mengatur keuangan usaha yang terakhir adalah mengontrol utang usaha. Jika ayah-bunda terpaksa harus berutang, maka bayarlah utang tepat waktu.

Di samping itu, jika memang tidak ada yang genting, ayah-bunda bisa membayar utang usaha terlebih dahulu dibanding mengeluarkan uang untuk hal lain. Dengan demikian, usaha ayah-bunda akan memiliki utang usaha yang sehat.

Baca juga kategori lain seputar Literasi Keuangan dari Awal Cemerlang ya.

Demikian 8 cara mengelola keuangan usaha versi Awal Cemerlang. Mungkin ada pengalaman lain, ayah-bunda bisa share di kolom komentar ya.

BACA JUGA  Panduan Lengkap Memulai Investasi Emas yang Menguntungkan

Inspirasi:

Awal Cemerlang adalah platform yang berfokus pada topik parenting & pengasuhan anak usia 2-7 tahun. Kami berharap bisa membantu para ayah-bunda dalam pengasuhan agar si kecil bisa merasakan masa-masa “awal” yang benar-benar “cemerlang”. Lewat website awalcemerlang.com dan social media, kami berbagi tips, cerita, dan info seru lainnya. Follow social media kami di IG @awalcemerlang dan Tiktok @awalcemerlang 😊 Gabung juga di WAG Komunitas Awal Cemerlang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.