fakir miskin
Gambar dari hidayatullah.com

Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang penuh berkah bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selain sebagai bulan puasa yang diwajibkan, Ramadhan juga menjadi momen penting untuk melakukan berbagai kegiatan sosial yang memperkuat persaudaraan, kepedulian, dan kebaikan antar sesama.

Simak HR. Bukhari berikut ini yang menyuratkan bagaimana dermawannya nabi kita Rasulullah selama Bulan Ramadhan:

"Rasulullah shallahu 'alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al Qur'an. Dan kedermawanan Rasulullah shallalahu 'alaihi wa sallam melebih angin yang berhembus." (HR. Bukhari)

Mari kita eksplorasi beberapa kegiatan sosial yang umum dilakukan selama Bulan Ramadhan dan tentu saja, Ayah-Bunda bisa mengajak putra-putri di rumah untuk terlibat di dalam kegiatan-kegiatan tersebut:

1. Berbagi Makanan untuk Berbuka Puasa

Salah satu kegiatan sosial yang paling umum dilakukan selama Ramadhan adalah berbagi makanan untuk berbuka puasa bersama. Banyak masjid, lembaga amal, atau komunitas yang mengorganisir program berbagi makanan untuk membantu mereka yang kurang mampu. Makanan yang disediakan biasanya beragam, mulai dari kurma dan air minum hingga hidangan utama dan makanan penutup.

Kita juga secara mandiri dalam rumah tangga bisa menyumbang belasan hingga 20-an porsi menu berbuka puasa ke lembaga yatim piatu ataupun lembaga zakat yang mengelola akomodasi para yatim piatu.

2. Memberikan Hidangan Sahur

Kegiatan ini utamanya dilakukan di sepertiga akhir Bulan Ramadhan, khususnya ketika ada iktikaf di masjid. Tentunya harus dilakukan pendataan terlebih dahulu ke jamaah tarawih, agar jumlahnya tidak kurang dan tidak berlebih, karena yang berlebihan bisa menjadi mubazir.

BACA JUGA  Tips Ngabuburit Ramadhan Bersama Anak

3. Zakat Fitrah untuk Fakir Miskin

Bulan Ramadhan juga menjadi waktu yang tepat untuk menghimpun zakat fitrah dan membagikannya kepada masyarakat yang membutuhkan. Di samping kita bisa mengerjakannya sendiri, ada banyak organisasi yang mengumpulkan berupa dana atau beras untuk disalurkan sebagai bantuan kepada mereka yang kurang beruntung, sehingga mereka juga bisa merasakkannya di Bulan Syawal. Namun demikian, aktivitas yang sama juga bisa dilakukan selama Bulan Ramadhan, sehingga mereka bisa merasakan kebahagiaan berbuka puasa dengan layak.

4. Wakaf Al-Qur’an

Membaca Al Qur’an dari Al Fatihah di Juz 1 hingga An Nas di Juz 30 merupakan lomba kebaikan yang terjadi di setiap Bulan Ramadhan. Di momentum ini, kita bisa melakukan kegiatan sosialnya berupa memberikan donasi berupa wakaf Al Qur’an. In shaa Allah, ayah-bunda dan anak-anak yang mendonasikan Al Qur’an akan turut mendapat pahala manakala mereka yang menerima mushaf tersebut membacanya hingga khatam (tamat). Jadi amal jariyah yang luar biasa pastinya, bukan?

Bulan Ramadhan bukan hanya tentang menahan lapar dan haus, tetapi juga merupakan waktu untuk meningkatkan kepedulian sosial, kebaikan, dan kasih sayang kepada sesama. Melalui berbagai kegiatan sosial yang dilakukan selama Ramadhan, umat Muslim di seluruh dunia dapat memperkuat persaudaraan, memperluas cakrawala empati, dan mengamalkan nilai-nilai kemanusiaan yang luhur.

Kegiatan sosial di Bulan Ramadhan sejatinya adalah fastabiqul khairat (berlomba-lomba dalam kebaikan). Sebab menapaki kehidupan di dunia ini, hendaknya dilakukan secara berimbang antara habluminallah (berbuat baik kepada Allah subhanahu wa ta’ala) dan habluminannas (berbuat baik kepada sesama).

Referensi: https://almanhaj.or.id/32506-kedermawanan-nabi-shallallahu-alaihi-wa-sallam-2.html


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.