al quran

Ayah-bunda bisa mengajarkan tentang Nuzulul Qur’an kepada anak-anak di rumah dalam tiga bagian: maksud Nuzulul Qur’an, apa saja kegiatan yang dilaksanakan pada Nuzulul Qur’an (baik di sekolah maupun di masjid), serta hikmah apa yang bisa dipetik dari peristiwa Nuzulul Qur’an.

Umat Islam merayakan Nuzulul Quran, yaitu peringatan turunnya Al-Quran sebagai wahyu kepada Nabi Muhammad SAW. Di mana, bagian dari Al Qur’an yang pertama kali turun adalah Al Alaq ayat 1-5 yang diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan.

Maksud Nuzulul Quran

Nuzulul Quran merujuk pada turunnya wahyu pertama Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW (saat itu berusia 40 tahun) di Gua Hira pada hari ke-17 di Bulan Ramadhan. Momen tersebut merupakan awal penyampaian Al Qur’an sebagai wahyu yang disampaikan sepanjang 23 tahun berikutnya. Bisa disimpulkan, momentum tersebut menandai awal transformasi dalam sejarah umat manusia; yaitu Al Qur’an sebagai pedoman utama bagi kehidupan Umat Islam.

Kegiatan pada Hari Nuzulul Quran

Hari Nuzulul Quran adalah saat yang tepat bagi orang tua dan pendidik untuk memperdalam pemahaman anak-anak terhadap Al-Quran.

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan pada hari Nuzulul Qur’an:

Kajian Al-Quran

Mengadakan kajian kecil tentang keistimewaan Bulan Ramadhan, banyak kitab suci termasuk Al Qur’an diturunkan pada bulan tersebut.

Dari Watsilah bin Al-Asqa’, Rasulullah shallallahu álaihi wa sallam bersabda, “Shuhuf Ibrahim diturunkan pada awal Ramadhan. Taurat diturunkan pada awal-awal Ramadhan. Injil turun pada 13 Ramadhan. Sedangkan Al-Qurán diturunkan oleh Allah pada 24 Ramadhan.” (HR. Ahmad, 4:107, dihasankan oleh Imam As-Suyuthi. Syaikh Al-Albani menyebutkan hadits ini dalam Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, no. 1575). 

Referensi: https://rumaysho.com/27995-keistimewaan-ramadhan-ada-nuzulul-quran-dan-turunnya-berbagai-kitab-suci.html

Lomba Membaca Al-Quran

Mengadakan lomba membaca Al-Quran antar anak-anak dalam lingkungan sekolah atau masjid merupakan cara yang menyenangkan untuk mendorong mereka untuk terlibat dengan Al Qur’an. Tentu saja, sediakan hadiah untuk para qori/qoriah terbaik yang memenangkan lomba tersebut.

BACA JUGA  Mengasuh Si Kecil dengan Lebih Mudah, Bagaimana Caranya? Temukan Rahasianya di Sini!

Hikmah Nuzulul Quran

Ayah-Bunda bisa mengajarkan kepada anak-anak bahwa Nuzulul Qur’an mengajarkan beberapa hikmah penting sebagai berikut:

Kedekatan dengan Allah

Nuzulul Quran mengingatkan anak-anak akan pentingnya hubungan mereka dengan Allah SWT (habluminallah) melalui Al-Quran. Menghabiskan waktu untuk memahami dan menghayati ajaran Al-Quran dapat membantu mereka merasa lebih dekat dengan Sang Pencipta.

Pedoman Hidup (Al Huda)

Al-Quran bukan hanya sekadar kitab suci, tetapi juga merupakan pedoman hidup bagi umat Islam. Hari Nuzulul Quran memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk memahami bahwa Al-Quran bukan hanya untuk dibaca, dilafalkan, tetapi juga untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Makna Kehidupan

Dengan memahami ajaran-ajaran Al-Quran, anak-anak dapat mulai memahami makna sebenarnya dari kehidupan dan tujuan mereka di dunia ini. Mereka dapat belajar untuk hidup dengan nilai-nilai kebaikan, kedermawanan, dan kasih sayang yang diajarkan oleh Islam.

Peringatan Nuzulul Quran kepada anak-anak bukan hanya tentang merayakan momen bersejarah, tetapi juga tentang membantu mereka memahami Al Qur’an sebagai petunjuk (Al Huda) maupun pembeda (Al Furqon) yang akan membimbing mereka dalam kehidupan. Dengan memperdalam penghayatan pada Al-Quran, anak-anak dapat tumbuh menjadi individu yang lebih shalih dan shalihah.anggung jawab, penuh kasih, dan taat kepada Allah SWT.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.