Menjalani bulan Ramadan tidak hanya tentang menahan lapar dan haus selama puasa, tetapi juga tentang meningkatkan kualitas spiritual dan sosial. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga, terutama dengan anak-anak, adalah ngabuburit. Ngabuburit merupakan kegiatan menyenangkan untuk mengisi waktu menjelang berbuka puasa.

Berikut adalah beberapa ide ngabuburit bersama anak di bulan Ramadan:

1. Bermain Game Sederhana

Bermain tebak-tebakan bisa banget nih dilakukan bersama anak saat ngabuburit. Secara gak butuh lari ke sana kemari ataupun mengeluarkan keringat yang bisa buat anak jadi makin haus ataupun lapar. Game paling simpel adalah Pancasila 5 Dasar? Nah, bisa banget dong ya ayah-bunda ajak anak untuk bermain tebak-tebakan dengan permainan ini. Pilih kategori yang sederhana saja seperti buah-buhan, hewan, dan lain sebagainya. Dengan sendirinya ini akan membuat pengetahuan anak mengenai kategori tersebut menjadi lebih solid.

Sambil menunggu beduk tiba, ngabuburit yang berfaedah juga bisa banget kita lakukan bersama anak dengan belajar mengaji maupun menghafal surah pendek bersama.

2. Belajar Membaca Al-Quran

Gunakan waktu ngabuburit untuk membimbing anak-anak dalam belajar membaca Al-Quran. Bisa dengan metode iqro, tilawati atau metode lainnya yang sudah populer.

3. Murajaah Surat-surat Pendek

Selain belajar membaca, ajak anak-anak untuk melakukan murajaah (pengulangan) surat-surat pendek yang telah mereka pelajari sebelumnya. Latihan ini membantu memperkuat hafalan mereka serta meningkatkan kecintaan mereka pada Al-Quran. Cara lain membuat anak-anak lebih lengkap dan fasih hafalannya adalah dengen melaksanakan tarawih di rumah dengan berbagai bacaan surat pendek. Anak-anak akan terpapar dengan beragam surat pendek dari Al Qur’an.

BACA JUGA  Tahapan Tumbuh Kembang Anak di 5 Kategori Usia

4. Membuat Takjil Favorit Anak

Anak-anak biasanya suka dengan suatu hal yang baru. Nah, pas banget nih ayah-bunda mengajak anak untuk membuat sendiri kreasi takjil untuk buka puasa mereka. Bisa berupa minuman maupun kudapan kesukaan anak-anak. Contohnya: es buah, kolak, atau cemilan manis lainnya. Bakalan seru nih, anak-anak juga akan bangga karena bisa membantu menyiapkan sendiri menu berbuka puasanya.

5. Menonton Bareng Serial Favorit Si Kecil

Bisa dengan menonton film kesukaan anak, drama yang menceritakan tentang keluarga, atau, bisa juga memilih serial animasi yang ditayangkan secara streaming melalui platform sejenis YouTube. Pastikan untuk memilih tontonan yang mengandung nilai-nilai positif dan mengajarkan moralitas kepada anak-anak. Di antaranya ada: Ipin dan Upin, Omar Hana, Nussa Rara, dan lain-lain.

Baca juga: 6 Serial Animasi Islami yang Populer di Tanah Air.

6. Bermain dengan Kertas dan Pulpen

Bermain dengan kertas dan pulpen sudah pasti menjadi kegiatan yang sederhana namun menyenangkan. Ajak anak-anak untuk menggambar, mewarnai, atau membuat origami dengan kertas. Anda juga bisa membuat permainan kreatif seperti teka-teki silang islami atau bingo kata-kata.

Baca Juga: Permainan Seru hanya dengan Kertas dan Pulpen Bersama Anak

7. Membaca Buku

Selain menonton, membaca buku juga bisa jadi ide ngabuburit untuk anak. Bisa dengan membaca buku cerita maupun komik yang disukai anak-anak atau buku-buku cerita islami. Sekaligus menumbuhkan minat membaca buku kepada anak yang mungkin belakangan menurun karena seringnya bermain gadget. Selain bermanfaat mengisi waktu ngabuburit, ini juga meningkatkan pengetahuan dan imajinasi anak-anak.

Baca Juga: Buku Aktivitas Anak Prasekolah.

8. Membuat Permainan DIY dari Bahan Sederhana

Ide ngabuburit lainnya yaitu melatih kreativitas dengan mencoba membuat permainan dari bahan sederhana seperti dari kardus. Kita bisa melihat tutorialnya dari internet seperti cara membuat roket astronot, aquarium mini, garasi mobil-mobilan, rumah boneka, puzzle dari akrdus bekas, ular tangga dengan tema islami, dan lain sebagainya. Pastinya akan ada nilai puas dan bangga saat anak bisa berhasil membuat sendiri mainannya. Tentu ini bisa jadi kegiatan seru dan menantang bagi anak sekaligus mengasah kreativitas mereka.

BACA JUGA  Deretan Hadiah Tahun Baru untuk Anak Prasekolah yang Bikin Mereka Terpana

9. Membuat Percobaan Sains Sederhana

Kegiatan yang tidak kalah seru sambil ngabuburit atau menanti buka puasa tiba, ayah-bunda bisa mencoba mengajak anak untuk membuat percobaan sains. Kita bisa mengajak anak menyiapkan terlebih dahulu apa yang dibutuhkan untuk melakukan percobaan sains sederhana di rumah. Lagi-lagi kita bisa mencari referensi atau ide percobaan sains dengan bantuan internet atau melalui buku pelajaran maupun buku cerita anak. Misalnya, buatlah eksperimen tentang gaya gravitasi, reaksi kimia sederhana, atau membuat permainan sains dengan bahan-bahan yang ada di sekitar rumah.

10. Berbagi dengan Sesama

Bukan Ramadhan adalah momentum paling tepat untuk berbagi kepada sesama. Ayah-bunda bisa melibatkan anak mulai dari penyiapan takjil maupun makan berat, hingga pengiriman kepada panti sosial atau panti asuhan yang menerima. Sehingga anak bisa memaknai bahwa tidak semua orang seberuntung mereka.

Baca juga: 4 Rekomendasi Kegiatan Sosial Bersama Anak di Bulan Ramadhan.

Ngabuburit bersama anak di bulan Ramadan bukan hanya tentang mengisi waktu luang, tetapi juga tentang membentuk ikatan yang lebih kuat antara ayah-bunda dan anak serta memperkuat nilai-nilai keislaman dalam keluarga. Dengan memanfaatkan ide-ide di atas, diharapkan bulan Ramadan menjadi waktu yang berkesan dan bermanfaat bagi keluarga Anda. Selamat ngabuburit!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.