Setelah Awal Cemerlang merekomendasikan akun instagram berisikan ide-ide permainan, kali ini kami akan merekomendasikan channel-channel YouTube edukatif untuk anak.

Ini dia daftarnya:

Rekomendasi Channel Youtube untuk Anak

Super Simple Songs
Channel ini menyajikan lagu-lagu anak-anak yang mudah diingat dan memiliki animasi yang lucu. Si kecil dapat belajar sambil bernyanyi dengan lagu-lagu tentang angka, huruf, warna, dan banyak lagi.

Sesame Street
Channel resmi Sesame Street menyediakan berbagai video pendek yang menghibur dan edukatif. Termasuk segmen-segmen dengan karakter-karakter ikonik seperti Elmo, Big Bird, dan Cookie Monster.

PBS Kids
PBS Kids memiliki berbagai channel yang menyediakan konten edukatif dan menghibur, seperti Wild Kratts, Curious George, dan Daniel Tiger’s Neighborhood. Video-video ini membantu si kecil memahami konsep-konsep penting sambil tetap bersenang-senang.

National Geographic Kids
Channel ini memberikan tontonan yang mengedukasi tentang hewan, alam, dan dunia sekitar melalui video-video pendek yang menarik dan informatif.

Blippi
Blippi adalah karakter yang ceria dan enerjik yang menjelajahi dunia nyata untuk memberikan pembelajaran yang menyenangkan kepada si kecil. Channel ini berisi berbagai topik seperti alat berat, kendaraan, dan aktivitas sehari-hari.
Shimajiro
Shimajiro (digambarkan sebagai anak harimau) adalah karakter anak yang ceria dan pintar. Serial ini berbagi ilmu dalam format yang menghibur dengan Shimajiro sebagai tokoh utama didampingi teman-temannya seperti Mimi Lynne (anak kelinci), Flappie (seekor anak flappy bird).

Konten Karya Anak Bangsa

Nussa Official
Nussa Official berisi konten cerita kakak beradik yang bernama Nussa dan Rara. Cerita mereka mengandung nilai-nilai agama Islam yang disajikan dengan animasi. Selain itu, cerita yang diambil juga dekat dengan kehidupan masyarakat. Sehingga memberikan contoh dan kebiasaan baik bagi anak-anak. Nussa Official juga dilengkapi dengan lagu-lagu islami yang dapat ditiru serta mudah diingat oleh anak-anak. Nussa Official dapat dinikmati oleh seluruh kalangan usia, terutama anak usia 2 sampai 6 tahun.

Kok Bisa?
Channel punya anak bangsa yang satu ini cocok banget jadi teman santai sekaligus menambah wawasan. Topiknya seru ditambah animasi yang lucu bikin kita jadi betah nonton videonya. Mulai dari science, fenomena yang sedang trend, sejarah sampai bahasan sederhana seperti “lebih berat mana 1 kg besi atau 1 kg kapas” bakalan jadi topik di channel Ada ada saja ya. Dengan menonton channel ini secara tidak langsung si kecil juga ikut berpikir.

BACA JUGA  Merangsang Perkembangan Bahasa Si Kecil bersama ODOB

Uwa and Friends
Channel ini berisi edukasi untuk balita usia pra sekolah di kawasan Indonesia dan wilayah Asia Tenggara. Channel youtube ini berisi kumpulan lagu anak Indonesia. Karakter Uwa and Friends diambil berdasarkan 3 satwa langka kebanggaan Indonesia, yaitu Uwa (sang orangutan), Mica (seekor harimau cantik), dan Pito (si badak lucu). Selain ketiga tokoh utama itu, satwa-satwa yang ikut memeriahkan setiap video edukatif di channel youtube Uwa and Friends. 

Mengapa Ayah-Bunda perlu mendampingi si kecil dalam menonton channel-channel tersebut?

  1. Pembelajaran yang Menyenangkan: Channel-channel ini menyajikan pembelajaran melalui tontonan yang menyenangkan dan interaktif. Channel ini membuat si kecil anak lebih tertarik untuk belajar.
  2. Pengembangan Keterampilan Bahasa: Menonton video-video berisi lagu-lagu, cerita, dan dialog dapat membantu memperkaya kosakata dan meningkatkan keterampilan bahasa si kecil.
  3. Pengetahuan tentang Dunia: Video edukatif membantu si kecil memahami konsep tentang sains, dan dunia sekitar mereka juga membuka cakrawala pengetahuan.
  4. Pengembangan Keterampilan Sosial dan Emosional: Beberapa program seperti Sesame Street juga mengajarkan keterampilan sosial seperti kerjasama, kesabaran, dan pengelolaan emosi.
  5. Waktu Berkualitas Bersama: Menonton bersama si kecil merupakan waktu berkualitas yang berharga untuk menghabiskan waktu bersama, memperkuat ikatan keluarga, dan membangun kenangan bersama.

Awal Cemerlang adalah platform yang berfokus pada topik parenting & pengasuhan anak usia 2-7 tahun. Kami berharap bisa membantu para ayah-bunda dalam pengasuhan agar si kecil bisa merasakan masa-masa “awal” yang benar-benar “cemerlang”. Lewat website awalcemerlang.com dan social media, kami berbagi tips, cerita, dan info seru lainnya. Follow social media kami di IG @awalcemerlang dan Tiktok @awalcemerlang 😊 Gabung juga di WAG Komunitas Awal Cemerlang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.