uang rupiah dalam dompet

Manajemen keuangan rumah tangga bukan ilmu pasti. Ada seni dalam mengelola pemasukan dan pengeluaran rumah tangga. Beragamnya sumber dan besaran pemasukan, serta kebutuhan rumah tangga, sehingga mengatur pengeluaran keluarga adalah sebuah seni.

Berikut ini adalah beberapa alternatif mengatur pengeluaran yang bisa dipilih oleh ayah-bunda di rumah:

Prinsip 40-30-20-10

Lembaga pinjaman seperti bank pada umumnya menghitung kemampuan cicilan kita maksimal 30% dari pendapatan bulanan kita. Jika kita maksimalkan untuk kredit rumah dan kendaraan, misalnya.

Maka 40% dari penghasilan untuk memenuhi kebutuhan bulanan, 30% untuk memenuhi kewajiban seperti membayar cicilan, 20% untuk tabungan, dan 10% untuk pemberian seperti zakat atau perpuluhan.

Prinsip 45-25-20-10

Apabila mampu mengerem pengeluaran yang bersifat ”keinginan”, dan bisa mengubahnya menjadi tabungan.

Maka alokasinya adalah: 45% untuk kebutuhan pokok. 25% untuk tabungan. 20% untuk pembayaran cicilan/utang. 10% untuk dana darurat.

Prinsip 50-30-20

Jika meletakkan dana yang bisa digunakan sewaktu-waktu dan dana untuk keperluan di masa datang (sekolah anak) ke dalam satu pos. Dan zakat atau pengeluaran ibadah dikeluarkan setahun sekali, berarti diambil dari pos tabungan juga.

Prinsip ini memiliki aturan dasar mengatur keuangan dengan membagi pendapatan setelah pajak dan mengalokasikannya untuk dibelanjakan 50% untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan menyisihkan 20% untuk tabungan.

Prinsip 65-10-10-10-5

Jika pendapatan masih sedemikian kecilnya sehingga kebutuhan pokok mengambil porsi hingga sekitar 65%.

Kebutuhan 65%, tabungan jangka panjang 10%, uang jaga-jaga jangka pendek (dana darurat) 10%, self reward supaya bekerja lebih keras dan lebih cerdas lagi 10%, dan terakhir sedekah -bukan perpuluhan- 5%.

Baca juga: Konten Literasi Keuangan lainnya dari Awal Cemerlang.

BACA JUGA  Tips Memulai Usaha dari Rumah Sambil Mengasuh Anak Prasekolah

Referensi:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.