paylater dan pinjol

Beda Paylater dengan Pinjol

Paylater berasal dari idiom Buy Now Pay Later (BNPL). Intinya membayar di kemudian hari setelah menerima produk atau merasakan manfaat dari suatu jasa. Tentu saja tetap ada jatuh tempo untuk membayar “hutang” tersebut. Tidak heran, paylater biasanya disediakan oleh e-commerce atau marketplace untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi atas pembelian tertentu. Durasi pembayaran yang bisa kamu pilih, mulai dari 1, 3, 6, atau 12 bulan.

Contohnya, saat kamu ingin membeli barang kebutuhan atau tiket perjalanan, kamu bisa memilih opsi paylater untuk menunda pembayaran hingga jatuh tempo.

Paylater dianggap lebih aman karena layanannya berasal dari lembaga pembiayaan tepercaya seperti bank atau multifinance.

Sementara itu, pinjol (pinjaman online) adalah lembaga pembiayaan bukan bank yang dapat diakses masyarakat secara online melalui berbagai aplikasi. Pinjol menyediakan dana tunai yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, baik itu untuk kebutuhan konsumtif maupun produktif.

Salah satu keunggulan utama pinjol adalah fleksibilitasnya. Tidak ada jaminan barang fisik seperti barang elektronik, kendaraan, properti, dan lain sebagainya. Sehingga pengguna dapat mengajukan pinjaman dengan jumlah yang bervariasi, tergantung pada kebutuhan dan kemampuan pengembalian pinjaman. Selain itu, tenor atau durasi pinjaman juga bisa disesuaikan, mulai dari beberapa hari hingga beberapa bulan.

Risiko Paylater dan Pinjol

1 Bunga Pinjaman Jadi Lebih Besar

Semakin lama menunggak, jumlah bunga atau denda pinjol yang dikenakan akan semakin membesar.

BACA JUGA  6 Strategi Keuangan Keluarga demi Masa Depan yang Lebih Sejahtera

Tips: Saat Anda kesulitan melunasi pinjaman, bisa mengajukan keringanan bunga atau memperpanjang tenor. Dengan begitu nominal cicilan bisa lebih terjangkau dan memungkinkan untuk dilunasi.

2 Masuk Blacklist SLIK OJK

Masyarakat yang masuk ke daftar hitam artinya akan kesulitan bahkan tidak mungkin mendapatkan bantuan layanan finansial di lembaga keuangan di Indonesia.

Tips: Jaga skor kredit untuk selalu positif. Caranya membayar tagihan pinjaman apapun tepat waktu. Dengan begitu maka akan memudahkan Anda saat mengajukan pinjaman di masa depan.

3 Ditagih debt collector

Pinjol dapat bekerja sama dengan pihak yang lain (debt collector) Untuk menagih utang. Tapi debt collector harus berbadan hukum. Punya izin. Tersertifikasi dari lembaga terdaftar di OJK, dan bukan afiliasi pinjol/pemberi dana.

Apabila hutang tersebut belum tuntas juga, kedatangan debt collector ke rumah, maupun panggilan teleponnya kepada orang-orang di phonebook kamu akan mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat hidup tidak tenang.

4 Gangguan Mental

Apabila hidup tidak tenang, kamu berisiko terkena gangguan mental. Apabila gangguan mental ini tidak berkesudahan, dan juga tidak tersolusikan, kemungkinan terburuknya adalah korban bisa mengakhiri hidupnya (bunuh diri).

Galbay Pinjol

Gagal bayar (GALBAY) Pinjol adalah kondisi debtur yang tidak mampu melnasi cicilan pinjamannya. apa resiko jika pinjol tak dibayar ? bukan afiliasi pinjol/pemberi dana

Contoh Aplikasi Pinjol Ilegal per November 2023

  • Pinjam Yuk – Mudah, Cepat.
  • Pinjam Yuk Pinjaman Online Tip.
  • Dompet Kilat Cepat Terbaru.
  • Pinjam YUK OJK aman Guide.
  • Rupiah Dompet.
  • Digilend Pinjaman Dana Clue.
  • Rupiah Dompet.
  • Dana Rupiah Kilat Tips.

Baca Juga: Kategori Literasi Keuangan versi Awal Cemerlang.

Cara Bijak dan Aman Menggunakan Paylater dan Pinjol

  1. Pertimbangkan kemampuan membayar. Total cicilan, termasuk yang sebelumnya sudah berjalan, tidak melebih 30% dari total pendapatan bulanan. Selain itu, hindari memiliki banyak akun paylater.
  2. Gunakan untuk kebutuhan, bukan keinginan. Yaitu kebutuhan yang benar-benar mendesak atau investasi yang PASTI menguntungkan.
  3. Cek legalitas perusahaan di OJK. Untuk menghindari penipuan dan bunga yang tidak manusiawi.
  4. Perhatikan detail biaya dan bunga. Supaya terhindar dari kejutan buruk di kemudian hari.
  5. Lunasi cicilan dengan segera. Agar terhindari dari penumpukan beban bunga.
  6. Membaca detail persyaratan. Minimalisir ketidakpahaman hak dan kewajiban dari kedua belah pihak.
BACA JUGA  Bukan Dapat Capek Doang, Ini Daftar Bisnis Online Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan

Ayah-bunda pernah punya pengalaman dengan paylater atau pinjol? Boleh ya dibagikan di kolom komentar.

Referensi

Awal Cemerlang adalah platform yang berfokus pada topik parenting & pengasuhan anak usia 2-7 tahun. Kami berharap bisa membantu para ayah-bunda dalam pengasuhan agar si kecil bisa merasakan masa-masa “awal” yang benar-benar “cemerlang”. Lewat website awalcemerlang.com dan social media, kami berbagi tips, cerita, dan info seru lainnya. Follow social media kami di IG @awalcemerlang dan Tiktok @awalcemerlang 😊 Gabung juga di WAG Komunitas Awal Cemerlang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.