Emas telah lama dianggap sebagai salah satu investasi paling stabil dan aman. Dalam artikel ini, kita akan membahas segala hal yang perlu Anda ketahui tentang investasi emas, mulai dari kelebihan dan kekurangannya hingga cara membeli emas fisik dan investasi secara digital.

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas

Berinvestasi pada instrumen emas memiliki kelebihan sebagai lindung nilai terhadap inflasi, likuiditas yang tinggi (terutama untuk bentuk perhiasan, bentuk batangan murni 5 gram dan 10 gram) serta sifatnya yang mudah diperdagangkan.

Namun, beberapa kekurangannya termasuk biaya penyimpanan dan risiko harga yang fluktuatif.

Seiring dengan bertambahnya emas yang disimpan, maka biaya yang muncul bisa berupa brangkas, atau biaya safe deposit box (SDB) di bank, misalnya. Ini namanya mengelola risiko penyimpanan dengan mentransfer risiko tersebut ke pihak lain.

Tempat Membeli Emas Fisik

Untuk membeli emas fisik, Anda dapat mengunjungi toko perhiasan emas, butik emas, atau melalui lembaga keuangan seperti pegadaian yang menjual emas batangan.

Beberapa merek terkenal logam mulia termasuk PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (Antam), UBS, PAMP Suisse, dan Perth Mint.

Di salah satu bank syariah di Indonesia, emas dijual melalui produk Tabungan Emas. Lembaga keuangan tersebut juga menawarkan Gadai Emas bila Ayah-Bunda memerlukan uang tunai secara cepat.

Emas Antam

Emas Antam adalah produk emas batangan yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang (Persero) Tbk, BUMN pertambangan di Indonesia. Emas Antam memiliki sertifikat keaslian dan kemurnian yang diakui secara internasional.

BACA JUGA  Begini Cara Menentukan Uang Jajan Anak SD, SMP, dan SMA yang Ideal

Secara rutin, Antam juga merilis produk emas batangan dalam seri-seri tertentu.

Emas Pegadaian

Pegadaian juga merupakan tempat yang populer untuk membeli emas fisik. Mereka menawarkan emas batangan dengan berbagai ukuran dan harga yang kompetitif.

Beli eMAS di DANA

Salah satu cara untuk berinvestasi dalam emas adalah melalui reksa dana emas. DANA memberikan brand eMAS pada produk ini sehingga memungkinkan investor untuk memiliki kepemilikan dalam portofolio emas tanpa harus menyimpan fisik emas. Pembelian reksa dana emas ini bisa dimulai setara dengan 0,0001 gram.

Investasi Senilai 1 Gram Emas

Investasi senilai 1 gram emas dapat menjadi pilihan yang baik bagi investor pemula yang ingin memulai dengan jumlah yang kecil namun tetap mendapatkan manfaat dari keuntungan berinvestasi pada instrumen emas.

Tempat Investasi Emas Secara Digital

Ada berbagai platform investasi emas digital yang memungkinkan investor untuk membeli, menjual, dan menyimpan emas secara online, seperti aplikasi fintech dan platform perdagangan emas online.

Halal-haramnya Tabungan/Cicil Emas

Secara umum, tabungan emas dianggap halal dalam Islam karena tidak melibatkan riba atau bunga. Namun, penting untuk memastikan bahwa produk tabungan emas yang dipilih sesuai dengan prinsip syariah. Di dua institusi keuangan kita, akad yang digunakan adalah Akad Rahn, yaitu perjanjian utang-piutang dengan menyimpan barang sebagai jaminan atas utang (gadai).

Kesimpulan

Investasi emas dapat menjadi pilihan yang menarik bagi investor yang ingin melindungi kekayaan mereka dari fluktuasi pasar dan inflasi. Namun, sebelum memulai investasi emas, penting untuk memahami kelebihan, risiko, dan berbagai cara untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan keuangan Anda.

Awal Cemerlang adalah platform yang berfokus pada topik parenting & pengasuhan anak usia 2-7 tahun. Kami berharap bisa membantu para ayah-bunda dalam pengasuhan agar si kecil bisa merasakan masa-masa “awal” yang benar-benar “cemerlang”. Lewat website awalcemerlang.com dan social media, kami berbagi tips, cerita, dan info seru lainnya. Follow social media kami di IG @awalcemerlang dan Tiktok @awalcemerlang 😊 Gabung juga di WAG Komunitas Awal Cemerlang.

BACA JUGA  Pertimbangkan Plus-Minus Double Income dan Dampaknya Pada Pengasuhan Si Kecil

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.