agar anak tidak kehilangan sosok ayah

jangan sampai si kecil tidak memiliki sosok ayah. Padahal ayahnya masih hidup.

Pada umumnya orang tahu anak yang tidak memiliki sosok ayah atau disebut juga dengan istilah Fatherless adalah anak yang ayahnya sudah meninggal sejak ia kecil.

Kenyataannya tidak seperti itu, bahkan kondisi ini berlaku bagi anak yang ayahnya masih hidup, entah itu hidup berpisah karena pekerjaan atau bahkan mereka hidup bersama dalam satu rumah yang sama.

Fatherless adalah fenomena di mana keberadaan seorang ayah tidak dirasakan baik secara fisik maupun secara psikologis.

Bagi pasangan yang Long Distance Marriage (LDM) atau pernikahan yang sebagian besar waktunya terpisahkan oleh jarak, kami akan merangkum beberapa tips untuk anak tetap merasakan peran dan kehadiran ayah dalam kehidupan anak meski terpisahkan oleh jarak.

Buat Anak Merasa bahwa Ayah Terlibat dalam Pengasuhan dan Pendidikan Baginya

Beri ayah kesempatan untuk memutuskan hal-hal besar terkait dengan pengasuhan dan pendidikan anak, serta buat anak mengetahui bahwa keputusan tersebut berasal dari ayahnya. Misalnya Bunda mengajak si kecil untuk menelepon ayahnya dan mengajarkan meminta izin kepada Ayah untuk pergi jalan-jalan bersama Bunda.

Selalu Menyebut Sikap Ayah dalam Kehidupan Sehari-hari

Biasakan Bunda selalu bilang bahwa ayahnya tidak suka kalau si kecil memukul atau melempar barang. Misalnya dengan bilang seperti ini, “Nak, ingat kata ayah kan, kamu harus jadi anak baik. Ayah tidak suka kalau kamu lempar mainan seperti itu. Ayo diambil mainannya, ya”. Dengan berbicara seperti itu, si kecil akan selalu ingat pesan dan kata-kata dari Ayahnya.

BACA JUGA  Marak Artis Adopsi Anak, Begini Adopsi Anak Menurut Islam

Melakukan Video Call

Biasakan si kecil melakukan video call dengan ayahnya dan menceritakan seluruh kegiatannya hari ini kepada ayahnya.

No Gadget Ketika Bertemu

Usahakan menjauh dari gadget supaya dia tidak merasa diduakan. Manfaatkan waktu bisa ketemu. Lakukan hal-hal menyenangkan yang membuat anak senang berada di dekat ayah.

Beri Waktu Berdua

Kalau si kecil sedang bertemu ayahnya, kita bisa berikan waktu spesial untuk mereka. Kalini bunda tidak perlu ikut dulu lah, biarkan mereka nge-date berdua.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.