anak menyiapkan isi tas sekolahnya

Tidak lama lagi si kecil akan kembali belajar ke sekolah. Uuh, tentu mereka tidak sabar lagi bertemu dengan teman-temannya. Belajar, bermain, dan bercanda di sekolah. Yuk, ayah bunda, kita cek dulu persiapan kembali ke sekolah mereka!

Jaga Pola Makan dan Jaga Kesehatan

Bagian dari persiapan kembali ke sekolah adalah menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, minum air putih serta istirahat yang cukup. Meskipun habis liburan, tetap harus jaga kesehatan supaya tidak izin sakit di hari-pekan pertama masuk sekolah.

Peralatan sekolah

Buku tulis? Check!
Alat tulis? Check!
Penggaris? Check!

Kalau bisa ya, ayah bunda, satu hari sebelum masuk sekolah semua sudah ada di dalam tas si kecil yang akan dibawa ke sekolah. Bila ada barang yang sulit ditemukan oleh si kecil, saatnya ayah-bunda mengajak si kecil mencarinya kembali di dalam kamar. Barangkali tersasar ke bawah kolong tempat tidur, belakang lemari, atau celah-celah sempit lainnya. Jika tidak ditemukan, berarti saatnya mencari solusi bersama-sama dengan si kecil.

Bekal Makanan

Makan siang dan bekal adalah hal yang paling disukai anak saat di sekolah. Oleh sebab itu, orang tua dapat mempersiapkan mereka bekal makanan dan minuman favorit agar lebih bersemangat.

Meski begitu, usahakan agar bekal yang dibawa mudah dimakan dan berada di tempat yang aman agar tidak tumpah.

Antar anak pada hari pertama sekolah

Pada hari pertama bersekolah, antar dan temani anak agar ia tidak merasa ayah dan ibu meninggalkannya. Namun, jangan selalu hadir di hari pertama sekolah. Ada kalanya ayah bunda harus “menghilang” beberapa waktu dari pandangannya. Tujuannya agar anak terlatih untuk tidak melulu ditemani orangtua pada hari-hari berikutnya.

BACA JUGA  Marak Artis Adopsi Anak, Begini Adopsi Anak Menurut Islam

Bila anak rewel dan memaksa untuk terus-terusan ditemani oleh ayah bunda, ingat untuk tidak menuruti kemauan si kecil terus -menerus, karena nantinya bisa menjadi kebiasaan.

Berikan apresiasi

Ketika anak sudah menjalani hari pertamanya dengan lancar, ayah bunda perlu memberikannya apresiasi atas usahanya. Sehingga, mereka akan merasa dihargai dan semangat pergi ke sekolah pada hari-hari berikutnya. Tanyakan juga bagaimana pengalaman hari pertamanya. Hal ini penting untuk mengetahui apa saja yang anak alami di sekolah.

Baca Juga: Subkategori Prasekolah dari Awal Cemerlang.

Demikian pentingnya ayah bunda mengetahui apa saja yang harus dilakukan bersama anak dalam persiapan kembali ke sekolah.

Referensi

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6165831/5-tips-persiapkan-anak-untuk-masuk-sekolah-pertama-agar-lebih-percaya-diri

Awal Cemerlang adalah platform yang berfokus pada topik parenting & pengasuhan anak usia 2-7 tahun. Kami berharap bisa membantu para ayah-bunda dalam pengasuhan agar si kecil bisa merasakan masa-masa “awal” yang benar-benar “cemerlang”. Lewat website awalcemerlang.com dan social media, kami berbagi tips, cerita, dan info seru lainnya. Follow social media kami di IG @awalcemerlang dan Tiktok @awalcemerlang 😊 Gabung juga di WAG Komunitas Awal Cemerlang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.