aplikasi belajar online anak

Aplikasi Belajar Online Anak

Rumah Belajar Kemendikbud

Rumah Belajar Kemendikbud merupakan portal belajar yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar anggota dalam komunitas. Portal ini merupakan inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Seluruh konten yang ada di dalamnya dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.

Fitur di dalam aplikasi belajar online untuk anak yang bernama Rumah Belajar Kemendikbud ini menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum yang disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam wujud gambar, video, animasi, simulasi, evaluasi, dan permainan.

Tekakita

Sesuai tagline-nya, Tekakita mengklaim sebagai Sahabat Eksplorasi (anak) Sejak Dini. Yakni salah satu pilihan bagi Ayah dan Bunda untuk pembelajaran si kecil. Belajar di rumah jadi lebih simple karena bermodal gawai semata ditambah dengan buku aktivitas My FOYAB (My First One Year Activity Book) dari grup Pustaka Lebah. Dalam buku aktivitas tersebut, si kecil bisa menebalkan garis gambar, huruf-angka, dan mengerjakan aktivitas-aktivitas lainnya.

Bisa dikatakan, tekakita termasuk pembelajaran hibrida yang mengkombinasikan pembelajaran daring dan luring.

QuiverVision

QuiverVision, sebuah produk pendikan digital berbasis Augmented Reality (AR) yang meningkatkan interaksi guru-murid, menaikkan motivasi belajar dan pencapaian pendidikan secara keseluruhan. Hal ini disebabkan oleh aplikasi Quiver app yang membuat pembelajaran menjadi menyenangkan untuk semua, membantu guru dan siswa mencapai tujuan pendidikan masing-masing.

Peran Ortu dalam Belajar Online

Sekarang ini, belajar di rumah bisa dilakukan secara online dengan gawai, maupun offline dengan perlengkapan yang memadai. Berikut ini adalah peran yang dijalankan oleh orang tua dalam pembelajaran di rumah.

Membuat Jadwal dan Meraih keteraturan

Anak usia PAUD – TK mungkin belum bisa bekerja sama dengan orang tuanya dalam hal membuat jadwal ya. Tidak apa-apa. Jadwal dibuat dulu saja oleh ortu. Misalnya setelah bangun pagi langsung mandi, lalu sarapan dan seterusnya. Selanjutnya anak diajak menyimak konten pendidikan untuk PAUD – TK. Bila anak bersekolah secara offline di pagi hari, konten online bisa digeser ke sore hari.

Mendampingi anak mencapai keterampilan motorik

Keterampilan motorik bisa diraih lewat keterlibatan dalam tugas-tugas rumah tangga. Contoh tugasnya seperti membuang sampah pada tempatnya, merapikan mainannya, dan lain-lain yang membantu perkembangan motorik halusnya.

Menyediakan Perlengkapan Belajar

Untuk siswa PAUD-TK, perlengkapan belajar yang sesuai dengan tumbuh-kembangnya antara lain kertas/buku gambar (termasuk buku mewarnai) dan alat tulis (pensil, pulpen). Lalu ada mainan yang menyentuh sensorinya seperti plastisin, slime, dan sejenisnya.

Baca juga: Konten Pengasuhan dari Tim Awal Cemerlang.

Awal Cemerlang adalah platform yang berfokus pada topik parenting & pengasuhan anak usia 2-7 tahun. Kami berharap bisa membantu para ayah-bunda dalam pengasuhan agar si kecil bisa merasakan masa-masa “awal” yang benar-benar “cemerlang”. Lewat website awalcemerlang.com dan social media, kami berbagi tips, cerita, dan info seru lainnya. Follow social media kami di IG @awalcemerlang dan Tiktok @awalcemerlang 😊 Gabung juga di WAG Komunitas Awal Cemerlang.

BACA JUGA  Nussa Rara: Kesempurnaan dalam Ketidaksempurnaan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.