masjid dome of the rock

Isra Mi’raj, peristiwa luar biasa yang terjadi dalam kehidupan Nabi Muhammad Shallalahu Alaihi Wassalam (selanjutnya izinkan kami menyederhanakan penulisannya menjadi ‘SAW’), adalah salah satu momen yang penuh dengan keajaiban dan kedekatan dengan Allah SWT. Ayah-Bunda menceritakan kisah ini kepada anak-anak bisa menjadi pengalaman yang menginspirasi dan mendalamkan pemahaman mereka tentang agama.

Berikut adalah poin-poin penting yang bisa Ayah-Bunda sampaikan saat menceritakan Isra Mi’raj kepada anak:

Tanggal Terjadinya Peristiwa Isra Mi’raj

Peristiwa Isra Mi’raj terjadi pada malam yang dikenal sebagai “Lailatul Mi’raj”, atau malam perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Mekah di Saudi ke Baitul Maqdis di Palestina (Isra) dan dari Baitul Maqdis ke langit (Mi’raj). Secara historis, tanggal pasti peristiwa ini tidak dijelaskan dengan rinci dalam sumber-sumber sejarah, tetapi umumnya diperingati pada bulan Rejab dalam kalender Islam.

Peristiwa yang Terjadi dalam Isra Mi’raj

Isra

Pada malam Isra, Nabi Muhammad SAW dijemput oleh malaikat Jibril dan dibawa dari Masjidil Haram di Mekah ke Masjid Al-Aqsa di Baitul Maqdis. Di sana, beliau melakukan shalat bersama para nabi sebelumnya, seperti Nabi Ibrahim, Nabi Musa, dan Nabi Isa.

Mi’raj

Setelah Isra, Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan melintasi langit-langit menuju arasy Allah Subhanahu Wa Ta’ala (izinkan kami menyederhanakan penulisannya menjadi ‘SWT’). Di setiap langit, beliau bertemu dengan para nabi dan malaikat, serta diberikan penglihatan atas berbagai makhluk gaib dan keagungan ciptaan Allah SWT. Akhirnya, beliau sampai ke Sidratul Muntaha, titik tertinggi dalam perjalanan, di mana beliau menerima perintah shalat lima waktu sehari semalam untuk dikerjakan oleh umat Nabi Muhammad SAW.

BACA JUGA  Cara Mengajar Anak Mengaji di Rumah. Metode Terbaru Paling Efektif.

3. Hikmah dari Peristiwa Isra Mi’raj

Keagungan Allah SWT

Isra Mi’raj menunjukkan kekuasaan dan keagungan Allah SWT. Anak-anak diajarkan bahwa Allah memiliki kekuatan untuk melakukan apa pun, bahkan membawa hamba-Nya dalam perjalanan spiritual yang luar biasa seperti yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW.

Kedekatan dengan Allah

Perjalanan Nabi Muhammad SAW ke langit adalah bukti nyata akan kedekatan antara hamba dan pencipta. Ini mengajarkan anak-anak untuk selalu berusaha mendekatkan diri kepada Allah melalui ibadah dan ketaatan.

Pentingnya Shalat

Salah satu hikmah utama dari Isra Mi’raj adalah pentingnya shalat dalam kehidupan seorang muslim. Anak-anak diajarkan bahwa shalat adalah sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah dan memperkuat ikatan spiritual dengan-Nya.

Dengan menceritakan Isra Mi’raj kepada anak-anak, kita tidak hanya memperkenalkan mereka pada sejarah agama Islam, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai spiritual yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dengan memahami kisah ini, anak-anak dapat tumbuh sebagai individu yang lebih taat dan penuh kasih kepada Allah SWT.

Awal Cemerlang adalah platform yang berfokus pada topik parenting & pengasuhan anak usia 2-7 tahun. Kami berharap bisa membantu para ayah-bunda dalam pengasuhan agar si kecil bisa merasakan masa-masa “awal” yang benar-benar “cemerlang”. Lewat website awalcemerlang.com dan social media, kami berbagi tips, cerita, dan info seru lainnya. Follow social media kami di IG @awalcemerlang dan Tiktok @awalcemerlang 😊 Gabung juga di WAG Komunitas Awal Cemerlang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.