Film dokumenter “Dirty Vote” yang menggemparkan jagat maya menjadi pengingat bagi kita semua tentang pentingnya pendidikan politik. Kekurangan edukasi politik pada masyarakat, terutama generasi muda, dapat membuka peluang bagi manipulasi dan praktik politik yang tidak sehat.

Namun, pendidikan politik tidak harus selalu rumit dan teoritis. Kita dapat memulainya dari hal-hal kecil, bahkan sejak usia dini. Salah satu tempat terbaik untuk menumbuhkan kesadaran politik adalah di dalam keluarga.

Keluarga sebagai Fondasi Demokrasi

Keluarga merupakan miniatur masyarakat. Di sinilah anak-anak belajar tentang nilai-nilai dasar seperti demokrasi, toleransi, dan musyawarah mufakat. Ayah-Bunda dapat menjadi contoh dan mentor bagi anak-anak dalam memahami dan mengamalkan nilai-nilai tersebut.

Membangun Demokrasi dalam Keluarga

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membangun demokrasi dalam keluarga:

1. Ciptakan Ruang Diskusi Terbuka

Berikan kesempatan kepada anak-anak untuk menyuarakan pendapatnya tentang berbagai hal, mulai dari masalah kecil di rumah hingga isu-isu yang terjadi di sekitar mereka. Ajari mereka untuk mendengarkan pendapat orang lain dengan hormat dan menyampaikan pendapatnya dengan jelas.

2. Libatkan Anak dalam Pengambilan Keputusan

Berikan anak-anak kesempatan untuk terlibat dalam pengambilan keputusan keluarga, seperti memilih menu makan malam atau tempat wisata untuk liburan. Hal ini akan membantu mereka belajar tentang tanggung jawab dan kompromi.

3. Ajarkan Nilai-Nilai Demokrasi

Jelaskan kepada anak-anak tentang konsep demokrasi, seperti kesetaraan, keadilan, dan hak asasi manusia. Gunakan contoh-contoh dari kehidupan sehari-hari untuk membantu mereka memahami konsep-konsep tersebut.

BACA JUGA  9 Influencer Instagram yang Rajin Membahas tentang Parenting versi Awal Cemerlang

4. Jadilah Contoh yang Baik

Anak-anak adalah peniru ulung. Oleh karena itu, penting bagi Ayah-Bunda untuk menunjukkan contoh perilaku yang demokratis dalam kehidupan sehari-hari. Hormati pendapat orang lain, dengarkan dengan seksama, dan hindari memaksakan kehendak.

Pendidikan Politik Sejak Dini: Investasi untuk Masa Depan Bangsa

Pendidikan politik yang dimulai dari keluarga akan menumbuhkan generasi muda yang sadar akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara. Mereka akan lebih kritis terhadap informasi yang diterima dan berani menyuarakan pendapatnya dengan bertanggung jawab.

Membangun demokrasi dalam keluarga adalah investasi untuk masa depan bangsa. Dengan menanamkan nilai-nilai demokrasi sejak dini, kita dapat membantu menciptakan masyarakat yang lebih adil, damai, dan sejahtera.

Mari kita mulai dari diri sendiri dan keluarga untuk membangun demokrasi yang kuat dan berkelanjutan.

Awal Cemerlang adalah platform yang berfokus pada topik parenting & pengasuhan anak usia 2-7 tahun. Kami berharap bisa membantu para ayah-bunda dalam pengasuhan agar si kecil bisa merasakan masa-masa “awal” yang benar-benar “cemerlang”. Lewat website awalcemerlang.com dan social media, kami berbagi tips, cerita, dan info seru lainnya. Follow social media kami di IG @awalcemerlang dan Tiktok @awalcemerlang Gabung juga di WAG Komunitas Awal Cemerlang 😊

1 COMMENT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.