Dalam mendidik anak, tidak hanya aspek fisiknya saja yang kita tumbuh-kembangkan. Tetapi juga aspek psikis/mental-nya, yaitu mendidik anak menurut psikologi.

Bayangkan bila putra-putri kita mengalami satu atau beberapa contoh gejala dari penyakit mental: perasaan tidak aman (insecure), tertekan (stressed), atau rendah diri (low self-esteem).

Berikut ini adalah tips mendidik anak agar menjadi anak yang sehat secara mental.

Tips Mendidik Anak Agar Sehat Secara Mental

1 Berikan Perhatian dan Kasih Sayang

Tunjukkan kasih sayang kepada si kecil, seperti memeluknya saat bangun tidur, menciumnya saat ia akan tidur di malam hari, atau menanyakan bagaimana kegiatannya hari ini. Perlakukan hal ini kepada semua anak secara adil tanpa pandang bulu.

2 Buat Anak Percaya Kepada Orang Tua

Ini penting dilakukan agar anak merasa berada di posisi yang aman dan memiliki tempat untuk bersandar serta berkeluh kesah, sehingga ia tidak tumbuh menjadi pribadi yang insecure. Anak akan percaya kepada orang tuanya ketika orang tuanya selalu menepati janji. Anak juga akan percaya kepada ortunya ketika anak bisa berbagi (sharing) mengenai perasaan cemas atau sedih kepada ortunya.

3 Lakukan Quality Time Bersama-sama

Quality time yang menyenangkan akan mempererat hubungan ortu dengan si kecil. Eratnya hubungan akan mencegah anak mengalami gangguan mental. Contoh kegiatan bersama yang cocok untuk quality time: membaca buku, menggambar, mewarnai, bermain, dan lain sebagainya.

BACA JUGA  Menceritakan Isra' Mi'raj kepada Anak: Bagaimana Perintah Shalat 5 Waktu diturunkan kepada Rasulullah

4 Tingkatkan Kepercayaan Diri Anak

Agar Si Kecil bisa percaya diri, berikan ia kesempatan untuk melakukan banyak hal dan jangan melarangnya untuk bereksplorasi. Ortu hanya perlu memberikan arahan, mendukung, dan mengingatkannya ketika ia salah. Berikan pujian atas usahanya setelah melakukan sesuatu. Either berhasil atau tidak. Yang penting tetap proporsional dan tidak berlebihan ya.

5 Ajarkan Cara Melepas Stress

Stress sebenarnya hal yang kita butuhkan untuk mendorong (push) kita mencapai suatu tujuan. Namun, tekanan mental yang berlebihan akan menyebabkan stress. Kita perlu mengajari anak untuk meredakan stress tersebut. Mulai dengan menanyakan dirinya, apa yang kira-kira bisa membuatnya merasa lebih baik. Ajarkan kepadanya bahwa hal ini penting dilakukan, karena untuk memecahkan masalah dengan efektif diperlukan pikiran yang tenang.

Baca Juga: Parenting Usia Dini versi Awal Cemerlang.

6 Ajak Beraktivitas Fisik, Termasuk Olahraga Secara Rutin

Aktif bergerak dengan rutin berolahraga. Si Kecil bebas memilih olahraga apa pun yang ia suka, tetapi Anda juga harus memastikan olahraga yang dilakukan sesuai dengan usianya. Baik olahraga sebagai pereda stress, maupun olahraga untuk menyiapkan fisik yang sehat. Men sana in corpore sano. Di dalam tubuh yang kuat, ada jiwa yang sehat.

Demikian 6 strategi mendidik anak menurut ilmu psikologi. Punya opini atau pengalaman pribadi? Ditunggu sharing-nya di kolom komentar ya!

Referensi:

  • https://www.alodokter.com/cara-menjaga-kesehatan-mental-anak-yang-perlu-dipahami-orang-tua (dari alodokter.com)

Awal Cemerlang adalah platform yang berfokus pada topik parenting & pengasuhan anak usia 2-7 tahun. Kami berharap bisa membantu para ayah-bunda dalam pengasuhan agar si kecil bisa merasakan masa-masa “awal” yang benar-benar “cemerlang”. Lewat website awalcemerlang.com dan social media, kami berbagi tips, cerita, dan info seru lainnya. Follow social media kami di IG @awalcemerlang dan Tiktok @awalcemerlang 😊 Gabung juga di WAG Komunitas Awal Cemerlang.

BACA JUGA  7 Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur di Malam Hari

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.