taman kota atau playground gratis

Kenapa ajak anak bermain di playground di luar rumah? Karena aktivitas tersebut turut melibatkan fisik, emosi, dan sosial. Emosi berupa kegembiraan dan kesenangan. Fisik berupa jalan, lari, melompat, memanjat, dll. Chatting dengan si kecil membicarakan bentuk dan warna benda yang ada di taman juga mengasah intelektual mereka lho.

Bagi anak sekolah, berkunjung ke playground merupakan rehat intelektual – sehingga bisa mengengkan potensi atau kemampuan yang lain.

Sosial karena anak-anak akan menyadari bahwa ada orang-orang lain di ruang publik. Baik anak-anak seperti mereka, remaja, maupun orang dewasa. Sadar bahwa mereka tidak sedang bersama keluarga saja, akan turut mengembangkan kepercayaan diri mereka dalam berinteraksi dengan orang lain.

Berikut ini adalah daftar playground yang child-friendly dan tidak perlu bayar di Jakarta:

Tebet Eco Park

Memiliki area seluas 7 hektare, Tebet Eco Park terdapat beberapa zona. Salah satunya adalah zona playground. Di zona ini juga terdapat berbagai wahana permainan, mulai dari berbagai jenis perosotan, panjat tebing, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, ayah-bunda juga akan disuguhkan pemandangan pohon eukaliptus yang hijau dan menyejukkan mata. Ayah-bunda bisa mendiskusikan manfaat pohon eukaliptus yang salah satunya adalah sebagai bahan minyak kayu putih lho.

Bagi ayah-bunda yang tertarik mengajak si kecil kesini, bisa mengunjungi taman ini kapan saja karena Tebet Eco Park buka setiap hari mulai pukul 06.00-19.00 WIB.

Untuk lokasi tepatnya, Taman Tebet Eco Park terletak di Jl. Tebet Barat Raya, RT.1/RW.10, Tebet Barat., Kec. Tebet, Jakarta Selatan.

Taman Rawa Badak Jakarta Utara

Taman Rawa Badak merupakan taman playground di Jakarta dengan luas wilayah 400 m2. Taman ini telah dilengkapi Amphitheatre, Danau Buatan untuk menampung air hujan, bangku taman, jogging track, outdoor gym dan lapangan olahraga lainnya. Amphitheater dan Danau buatan adalah ciri khas yang membedakan daripada taman-taman lainnya.

Ayah-bunda bisa menerangkan si kecil bahwa danau buatan adalah salah satu cara untuk melestarikan alam, melalui penampungan air hujan yang danau tersebut juga berfungsi sebagai pencegah banjir.

BACA JUGA  Menghabiskan Waktu Berkualitas dengan Keluarga: Wisata Ramah Anak di Bogor

Taman Hijau Duri Kosambi Jakarta Barat

Tidak hanya menjadi ruang hijau bagi masyarakat sekitar, taman Hijau Duri Kosambi kini menjadi rumah bagi beberapa hewan menakjubkan, diantaranya ada untuk kelinci, soang, ayam, hingga burung yang dirawat oleh petugas taman. Anak-anak bisa mengobservasi bagaimana hewan-hewan ini hidup, makan, berinteraksi dan ayah-bunda bisa berdiskusi dengan si kecil pasca observasi tersebut.

Di area taman ini anak-anak juga bisa memanfaatkan fasilitas playground untuk mereka bermain dengan teman sebayanya. Taman bermain playground punya banyak manfaat bagi tubuh dan perkembangan si kecil. 

Taman Ciracas Ceria Jakarta Timur

Taman Ciracas Ceria terletak di Gang Masjid, Jalan Raya Centex, Ciracas, Jakarta Timur. Berlama-lama di taman bisa membuat ayah-bunda mengambil jarak dengan berbagai kesibukan, lho.

Taman Tabebuya Jagakarsa

Cocok untuk menghirup udara segar bersama anak-anak, Taman Tabebuya memiliki area hijau yang luas dan indah. Lokasinya berada di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Taman Humaniora Ciracas

Selain Taman Ciracas Ceria, ada juga Taman Humaniora di Ciracas. Didesain dengan konsep modern dan Instagramable, Taman Humaniora ini menyediakan berbagai fasilitas seperti ruang baca, jogging track, playground, dan fasilitas umum lainnya untuk keluarga. Lokasinya berada di di Jl. Raya Lingkar Selatan, Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur. Ruang baca ini yang unik karena tidak semua taman menyediaka ruang baca.

Taman Suropati di Menteng, Jakarta Pusat

Terletak di kawasan Menteng, tempat wisata di Jakarta Pusat ini memiliki taman bermain berukuran kecil dan beberapa fasilitas yang bisa digunakan. Mulai dari adanya perosotan, ayunan, jembatan kayu, dan lain sebagainya. Lokasi taman ini cukup strategis sehingga bisa dijadikan lokasi meet up dengan kawan-kawan.

Untuk jam operasionalnya, Taman Menteng ini buka mulai pukul 05.00-22.00 WIB setiap hari, ya.

Taman Literasi Martha Tiahahu

Merupakan bagian dari kawasan pembangunan transit Blok M dan Sisingamangaraja, Taman Literasi Martha Christina Tiahahu baru saja menjalani revitalisasi. Lokasinya yang merupakan hub TransJakarta menjadikan taman ini bisa diakses dari daerah mana saja di Jakarta.

Di taman ini, ayah-bunda bisa menemukan berbagai macam fasilitas yang dapat ditemui. Oh ya, Taman Literasi Martha Christina Tiahahu yang baru direvitalisasi ini memiliki enam plaza.

Keenam plaza ini antara lain Plaza Anak, Plaza Utara, Plaza Kabaresi, Plaza Bunga, Plaza Selatan, serta Plaza Timur. Oh ya, ayah-bunda juga bisa menemukan Galeri Jak Habitat, Paviliun, hingga ruang menyusui, lho.

BACA JUGA  Menghabiskan Liburan Bersama Keluarga: Wisata Ramah Anak di Jakarta Selatan

Taman Literasi Martha Christina Tiahahu buka setiap hari mulai pukul 06.00-19.00 WIB. Tepatnya terletak di Jl. Sisingamangaraja, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan.

Taman Sambas Asri

Taman Sambas Asri juga merupakan salah satu taman dengan konsep ruang terbuka hijau yang dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas.

Salah satu fasilitas yang bisa ayah-bunda temukan dalam taman ini adalah taman bermain anak. Nah, Taman Sambas Asri memiliki berbagai macam fasilitas yang bisa si kecil mainkan, mulai dari perosotan hingga ayunan.

Selain itu, taman ini juga memiliki lapangan serbaguna yang bisa digunakan untuk olahraga bersama keluarga, lho.

Taman Sambas Asri berlokasi di Panglima Polim, Kebayoran Baru. Letaknya yang strategis membuat ayah-bunda dan si kecil juga bisa menikmati jajanan kuliner di sekitar Panglima Polim.

Oh ya, Taman Sambas Asri ini buka setiap hari selama 24 jam, ya. Namun, ayah-bunda dan si kecil baru bisa menikmati fasilitasnya dengan nyaman jika berkunjung pada pukul 06.00-17.00 WIB.

Taman Pintar Berlalu Lintas

Kini, arena dan fasilitas bermain untuk anak sudah semakin bertambah -setelah renovasi di awal tahun 2022- sehingga si kecil dapat lebih leluasa untuk bermain dan bereksplorasi.

Dilengkapi dengan fasilitas yang juga ramah anak, taman ini bisa menjadi tempat bermain nyaman untuk si kecil. Seperti fasilitas lapangan basket, futsal, perosotan, ayunan, dan lain-lain.

Ayah-bunda bisa mengunjungi taman ini kapan saja karena Taman Pintar Berlalu Lintas buka setiap hari selama 24 jam. Taman yang tidak ditutup hingga 24 jam setiap hari biasanya memiliki lampu taman yang hanya dihidupkan pada malam hari. Taman Pintar Berlalu Lintas ini berada satu kecamatan dengan Tebet Eco Park.

Taman Bulus Bali

Taman Bulus Bali memiliki area yang ramah anak karena sudah dilengkapi berbagai wahana permainan yang dapat dinikmati secara gratis. Mulai dari berbagai jenis perosotan, panjat tebing, dan lain sebagainya. Jarang-jarang nih, ada taman dengan panjat tebing, jogging track, hingga karpet.

Tak hanya itu, tak perlu khawatir dengan keselamatan si kecil ketika bermain disini karena beberapa area taman lantainya sudah dilapisi karpet khusus yang tebal untuk meminimalisir luka saat anak jatuh.

Menariknya lagi, taman ini memiliki fasilitas lainnya yang membuat orang dewasa betah di taman, yakni jogging track. Adanya fasilitas ini membuat taman ini lebih ramai dikunjungi saat pagi dan sore hari.

BACA JUGA  14 Taman Tematik di Kota Bandung yang Bikin Betah Keluarga

Bagi yang tertarik mengajak si kecil kesini, bisa mengunjungi taman ini bisa dikunjungi kapan saja karena Taman Bulus Bali buka setiap hari mulai selama 24 jam. Untuk lokasi tepatnya, Taman Bulus Bali terletak di Jl. Gn. Balong II No.31, RT.11/RW.4, Lb. Bulus, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan.

Taman Puring

Nah, Taman Puring memiliki berbagai macam fasilitas taman bermain anak yang bisa si kecil mainkan, mulai dari perosotan, wall climbing, ayunan, rocking elephant, arena skateboard, dan masih banyak lainnya.

Oh ya, ayah-bunda juga bisa menemukan arena atau trek untuk jogging dan lari pagi disini, lho. Letaknya yang strategis membuat kalian juga bisa menikmati wisata kuliner di dekat taman. Buat yang tertarik berkunjung, Taman Puring berlokasi di Jl. Kyai Maja RT07/01 Kramat Pela, Jakarta Selatan.

Taman Puring ini buka setiap hari selama 24 jam, ya. Namun, fasilitasnya bisa dinikmati dengan nyaman jika berkunjung pada pukul 06.00-17.00 WIB.

Taman Delonix Pasar Rebo

Rekomendasi taman bermain gratis di Jakarta berikutnya adalah Taman Delonix. Taman ini terletak di Jl. Tipar, RT.2/RW.7, Pekayon, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Si kecil bisa diajak untuk mencoba permainan climbing, ayunan, dan lain sebagainya. Uniknya, segala fasilitas disini terbuat dari ban bekas yang diberi warna menarik, lho.

Ketika berkunjung ke Taman Delonix, seperti taman-taman kota pada umumnya, tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun karena gratis. Kalian bisa mendatangi Taman Delonix ini pada pukul 6.00-17.00 WIB, ya.

Taman Lingkar Putri Hijau Kebayoran Lama

Bisa dinikmati secara gratis, Taman Lingkar Putri Hijau juga dilengkapi dengan kolam renang anak-anak yang menyenangkan dan sangat cocok untuk anak-anak yang ingin bermain air. Selain perosotan, ayunan, area bermain pasir, dll.

Selain itu, terdapat pula lapangan basket dan jogging track di taman ini, sehingga si kecil dapat bermain dan berolahraga secara bersamaan.

Taman Cattleya Kemang

Berlokasi di Kemang, Taman Cattleya menyajikan area bermain dengan perosotan, ayunan, dan trampolin untuk anak-anak segala usia. Taman bunga dan area piknik menambah keasyikan suasana yang didapat.

Penutup

Selain rehat untuk ayah-bunda yang jenuh dengan kesibukan, playground gratis di Jakarta -dan kota-kota lainnya- juga bermanfaat untuk anak-anak karena turut mengembangkan aspek-aspek fisik, emosi, dan sosial mereka.

Baca Juga: Konten Tips Bermain lain dari Awal Cemerlang.

Referensi:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.