Home Tips Bermain Permainan Edukatif yang Baik untuk Kemampuan Kognitif Anak

Permainan Edukatif yang Baik untuk Kemampuan Kognitif Anak

0
7
permainan catur

Kognitif apa yang ditarget oleh permainan?

Bermain bisa memberikan manfaat bagi kognitif anak dengan mempromosikan keterampilan berpikir yang kritis. Permainan kreatif dan terbuka membantu anak-anak membuat konsep, bertukar pikiran, dan melatih keterampilan berpikir mereka secara kritis.

Dengan bermain dan melakukan aktivitas menyenangkan lainnya, anak-anak bisa menjelajahi dunia di sekitarnya, memahami sebab dan akibat, serta memiliki ingatan yang kuat. Bermain juga menginspirasi anak untuk berkreasi dan berimajinasi.

Puzzle

Mainan puzzle sekarang sudah ada di smartphone lho. Ini memang permainan yang terkesan biasa, padahal luar biasa. Karena sisi edukatifnya baik untuk kecerdasan anak. Bermain puzzle akan membantu anak melatih otak berpikir kritis secara cepat, serta melatih motorik halus mereka.

Kemampuan analisa dan problem solving juga dilatih lewat permainan puzzle. Keduanya merupakan pondasi penting untuk kecerdasannya. Apalagi ketika dia dilatih dengan berbagai macam gambar puzzle supaya tidak bosan. Yang tidak kalah penting adalah memberikan apresiasi tatkala puzzle berhasil tersusun dengan sempurna.

Lego

Bermain susun balok -umumnya dari kayu-, bricks, lego, dan mainan sejenisnnya bisa melatih kreativitas anak dan pemahamannya terhadap bentuk (bangun ruang: bola, kubus, balok, dll) serta fungsi dari suatu objek. Terutama Lego, semua mainan tersebut melatih anak berproses menghasilkan sesuatu dari imajinasinya.

Lego juga bisa dimanfaatkan untuk permainan tim. Sehingga anak berlatih untuk bekerja bersama-sama. Misalnya, lewat ayah-bunda memberikan instruksi sehingga si kecil belajar menyerap informasi lalu merealisasikan bangunan, kendaraan, atau apapun wujudnya dari Lego tersebut.

Permainan Kata

Kemampuan linguistik alias kemampuan berbahasa anak untuk memahami kata, kalimat, hingga berbicara juga perlu dilatih. Ada games-games edukatif yang temanya tentang belajar berbahasa. Baik bahasa ibu, bahasa Indonesia, maupun bahasa asing.

BACA JUGA  Permainan Tradisional Kita yang Melibatkan Pikiran, Bahasa, Emosi, dan Motorik Anak

Permainan semacam melatih anak menjadi lebih supel, suka berbicara, mampu bernegosiasi dengan baik, serta memahami tata cara berkomunikasi yang tepat dengan lawan bicara (sesama usia maupun dengan orang dewasa). Salah satu yang utama dalam melatih kemampuan berbahasa adalah kesediaan orang tua untuk menyediakan waktu dan perhatian untuk berinteraksi dengan si kecil dalam mengasah kemampuan berbicara tersebut.

Dapat kita simpulkan bersama-sama ya, ayah bunda. Bahwasanya bermain adalah bentuk lain dari bertumbuh dan berkembang. Bermain membantu perkembangan fisik dan banyak sekali keterampilan emosional, serta membuat anak belajar berbagai hal di sekitar mereka. In short, bermain sangat penting untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak-anak.

Board Games

Banyak sekali permainan berbasis papan. Di antaranya ada catur, halma, monopoli, dan lain sebagainya. Selain menstimulasi otak untuk berpikir, menganalisis, menghitung, dan lain sebagainya, kelebihan board games adalah permainan kategori ini juga melatih motorik halus anak, terutama dalam memegang alat-alat permainan yang berukuran kecil.

Aspek motorik halus ini menjadikan permainan papan ini lebih unggul daripada game digital di smartphone.

Game Edukatif Digital di Smartphone

Sekarang ini sudah banyak games edukatif format digital di smartphone untuk anak. Umumnya games disajikan dengan sistem dan visual yang menarik supaya si kecil lebih mudah memahami sekaligus melatih imajinasi serta kreativitasnya.

Batasi waktu layar pada tingkat yang sehat. Media yang sesuai dengan usia anak bisa memberikan manfaat bagi anak yang lebih besar, terutama bila orangtua ikut menonton dan bermain bersama mereka.

Bila ayah-bunda mencari buku anak yang bagus dalam mendukung perkembangan kognitif mereka, tim Awal Cemerlang merekomendasikan buku berikut ini: One Day One Book (ODOB).

BACA JUGA  Tips Membawa Anak Saat Bepergian, Termasuk Ketika Liburan

Referensi: https://www.education.com/games/

Baca juga konten Tips Bermain lainnya dari Awal Cemerlang.

NO COMMENTS

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Discover more from awalcemerlang.com

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading