buku aktivitas anak

Libur telah tiba!
Libur telah tiba!
Hore! Hore!
Hatiku gembira!

Tujuan liburan ada beberapa: misal, liburan untuk meredakan stres, liburan untuk melepaskan diri dari rutinitas, dan lain-lain. Baik liburan sekolah (bagi anak) maupun libur dari pekerjaan (bagi orang tua) tetap bisa meraih tujuan-tujuan yang sudah disebut di atas.

Jangan sampai tidak liburan sama sekali. Karena sayang waktu liburan yang ada, jika tidak dimaksimalkan. Bisa di akhir tahun 2023 sekarang ini, atau dijadwal ulang ke bulan Februari 2024.

Namun, ada cara lho supaya liburannya tidak hanya bersenang-senang semata. Tetapi juga bernilai quality time untuk keluarga, serta memberikan pelajaran bagi si kecil. Berikut ini rekomendasi aktivitas liburan sekolah versi Awal Cemerlang:

Rekomendasi Aktivitas Liburan Sekolah yang Seru

Misalnya pergi ke museum. Anak-anak yang rasa ingin tahunya tinggi cocok sekali diajak ke museum. Di tempat berilmu dan bersejarah seperti museum, anak-anak bisa mengeksplorasi pengetahuan yang ada lewat kerangka kerja (framework) ala wartawan, yaitu 5W1H: what, who, when, where, why, dan how, lalu membuat “laporan” secara tertulis kepada ayah-bundanya. Laporan ini juga melatih keterampilan anak untuk berpikir dan menuangkan analisisnya ke wujud tulisan.

Rekomendasi aktivitas liburan sekolah berikutnya adalah yang quality time-nya ada banget.

Liburan yang Quality Time Banget bareng Ayah-Bunda

Quality time adalah menghabiskan waktu berdua, berinteraksi satu sama lain tanpa diganggu oleh gawai. Quality time bisa dilakukan di masa-masa liburan akhir tahun lho. Berikut ini tiga alternatifnya:

BACA JUGA  Mengungkap Pesona Wisata Ramah Anak di Semarang

1 Keliling Kota Berjalan Kaki dan Menggunakan Angkutan Umum

Alih-alih mengelilingi kota dengan menggunakan mobil, lebih baik mengajak Si Kecil berjalan kaki bersama. Di sini, mereka dapat bebas menjelajah sesuka hati. Meski begitu, Bunda dan Ayah harus awasi mereka dengan lebih ekstra.

Contoh angkutan umum yang dimaksud ya. Misal di DKI Jakarta ada MRT, Trans Jakarta, LRT. Maupun bus kota eksklusif di kota-kota besar seperti Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya. Yang namanya biasa diawali dengan kata “Trans”.

2 Menghabiskan Waktu di Alam Terbuka.

Ini bisa meraih beberapa tujuan sekaligus: melepaskan diri dari rutinitas sehingga terbebas dari stres serta mengurangi eksposur gawai. Misalnya pergi ke taman margasatwa / kebun binatang, atau kebun raya atau bahkan berkemah selama 2-3 hari (1-2 malam).

Alam terbuka yang lain, misalnya adalah pantai. Di pantai, ayah-bunda bisa bekerja sama dalam membangun istana pasir, belajar berenang, dan lain sebagainya.

3 Liburan di Rumah Sendiri

Apabila ayah-bunda sedang sibuk dengan pekerjaan di akhir tahun, sesungguhnya ada jeda waktu yang menarik lho di bulan Februari 2024. Jadi, liburan ke alam terbuka bisa dilakukan nanti di bulan Februari.

Jadi, bila anak-anak terpaksa harus liburan di rumah dulu di akhir tahun 2023 ini, apa saja aktivitas yang bisa dilakukan ayah-bunda bersama anak? Ini dia jawabannya:

  • Permainan tradisional, misalnya main petak umpet.
  • Berlatih kardio, misalnya senam aerobik
  • Menonton TV, khususnya film-film bertema keluarga
  • Permainan dengan kertas dan pulpen

Liburan Sambil Mengerjakan Buku Aktivitas

Buku aktivitas adalah jenis buku-buku yang sifatnya mengajak anak untuk tetap mengolah otak, namun dengan penyajian yang relatif ringan untuk dipikirkan dan dikerjakan.

Jadi, apapun jenis liburan yang dipilih, sembari berpindah dari satu aktivitas ke aktivitas yang lain, atau dari satu titik liburan ke titik liburan yang lain, anak-anak bisa diminta oleh ayah-bunda untuk mengisi buku aktivitas.

BACA JUGA  Menghabiskan Liburan Bersama Anak: Destinasi Wisata Ramah Anak di Jakarta Timur

Contohnya buku My FOYAB berikut ini:

  • 4 bundel buku berisikan 12 bulan pembelajaran harian
  • 360 lembar aktivitas sesuai kompetensi dasar TK & PAUD
  • 250 halaman dongeng & 120 halaman sains junior
  • 1.000 kosa kata bahasa Inggris

Referensi:

Awal Cemerlang adalah platform yang berfokus pada topik parenting & pengasuhan anak usia 2-7 tahun. Kami berharap bisa membantu para ayah-bunda dalam pengasuhan agar si kecil bisa merasakan masa-masa “awal” yang benar-benar “cemerlang”. Lewat website awalcemerlang.com dan social media, kami berbagi tips, cerita, dan info seru lainnya. Follow social media kami di IG @awalcemerlang dan Tiktok @awalcemerlang 😊 Gabung juga di WAG Komunitas Awal Cemerlang.

1 COMMENT

  1. Sekarang agak susah untuk liburan bareng keluarga. Anak-anak saya udah kuliah dan di SMA. Jadi, yang satunya udah santai, satunya justru baru mulai ujian. Tapi, waktu masih kecil memang seru kebersamaannya. Meskipun cuma liburan di rumah. Selalu diusahakan bikin kegiatan yang seru bersama anak. Biar mereka puas menikmati liburannya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.