me time ala ibu rumah tangga

Me time menjadi waktu yang sangat berharga. Terlebih ya sebagai seorang wanita wajib melakukan banyak peran dan membagi waktu dengan baik.

Pertama, peran sebagai istri yang melayani kebutuhan suami. Kedua, peran seorang Bunda yang merawat, mendidik anak, dan menyiapkan semua kebutuhan anak. 

Me time memberikan waktu dan ruang bagi Bunda untuk mengelola emosi lebih baik. Tentu akan menghasilkan hal positif.

Dengan me time, Bunda bisa mengembalikan mood menjadi lebih baik. Kalau mood Bunda bahagia dijamin seisi rumah juga ikut bahagia. Betul tidak?

1 Memasak Menu Favorit

Walaupun terkadang kehabisan ide menu untuk memasak sehari-hari demi keluarga, tetapi itu adalah aktivitas yang sulit apabila sedang tidak mood. Namun, mau tidak mau harus dituntaskan ya bunda.

Nah, memasak bisa menjadi me time jika bunda mendapat kesempatan untuk memasak menu favorit pribadi, seperti batagor, seblak, mie instan, dan lain sebagainya yang merupakan selera masing-masing.  

Me time dengan memasak menu favorit sendiri menjadikan bunda lebih senang, sehingga bisa menyajikan masakan terbaik untuk keluarga. 

2 Berbelanja 

Namanya me time, belanjanya ya sendirian.

Siapa disini yang tidak senang dengan belanja? Duh mayoritas kaum hawa pasti paling senang dengan waktu belanja.

Kalau masalah belanja kebutuhan bahan pokok makanan sudah menjadi hal rutin bahkan bukan lagi menjadi me time. Sebab sudah menjadi kewajiban. Apalagi sekarang sudah bisa berbelanja lewat marketplace lewat sentuhan ujung jari. Q

Untuk para wanita yang senang belanja, ini menjadi waktu terbaik untuk me-time. Bisa memilih barang yang ingin dibeli dengan tenang dan cermat sudah bikin mood happy balik lagi. 

BACA JUGA  Memperkuat Hubungan Ayah dan Anak Perempuan Melalui Aktivitas Bareng-Bareng

Ketika sudah memiliki barang koleksi baru rasanya bikin perasaan lebih senang dan semangat melakukan aktivitas harian lagi.

3 Menulis di Blog atau Social Media

Menuangkan keresahan ke blog atau social media, tanpa membongkar data-data pribadi adalah langkah baik untuk menjaga kesehatan mental. Tidak heran mengekspresikan ide ke media digital tersebut merupakan salah satu cara untuk me time juga.

Setelah terjun di dunia blogger, menulis menjadi waktu me time yang berharga. Bisa menulis satu buah artikel sampai selesai tanpa ada jeda, bisa menjadi apresiasi terhadap diri juga. Karena menulis kan membutuhkan konsentrasi dan kondisi tenang. 

Oleh karena itu, membuat konten di blog atau social media itu harus dialokasikan waktunya secara terencana. Salah satu waktu yang enak digunakan untuk menulis adalah saat anak sudah tertidur lelap di malam hari.  

4 Menonton Film atau Serial

Menonton film favorit atau serial drama korea (atau serial lainnya) terbaru dan menikmati kudapan ringan tentu sangat menyenangkan. Aktivitas me time ibu rumah tangga ini bisa bunda lakukan di rumah melalui komputer atau laptop, bisa juga di bioskop kesayangan.

Setelah itu, bunda bisa menulis ulasan film tersebut di blog atau social media andalan.

5 Membaca Buku

Bagi para bunda pencinta buku, membaca buku saat suasana rumah sudah tenang tanpa gangguan menjadi me time ibu rumah tangga yang menyenangkan.

Buku bisa meluangkan waktu walaupun hanya 10-30 menit saja untuk melanjutkan membaca buku kesukaan. Aktivitas ini bisa menambah wawasan baru bagi bunda-bunda sekaligus memunculkan ide-ide segar untuk dilakukan.

6 Menyendiri di Kafe

Meneguk secangkir latte atau cappucino hangat dan memandang ke luar jendela sebuah sudut kafe bisa menjadi momen me time ibu rumah tangga yang menenangkan jiwa. Saat itu Bunda bisa menghimpun kembali energi yang telah terkuras habis selama beberapa hari untuk mengurus pekerjaaan rumah tangga. Lepaskan segala pikiran-pikiran yang mengganggu dan nikmati saat me time ini ya, Bun!

BACA JUGA  Strict Parents: Anak Jadi Patuh, Tetapi Ada Dampak Negatifnya

7 Olahraga di Rumah

Caranya, dengan melakukan olahraga sederhana atau bisa membeli alat khusus untuk olahraga di rumah. Atau se-simple self yoga practice dirumah dengan menonton youtube. Bagi yang belum pernah mencobanya, hal ini patut kamu coba karena yoga memiliki banyak manfaat lho, Yoga merupakan salah satu kegiatan olahraga yang berkaitan dengan fisik, mental, dan spiritual manusia untuk mencapai sistem kesehatan yang menyeluruh. Biar badan jadi sehat dan pikiran tenang cobain deh hal ini.

8 Merawat Tanaman

Me time di rumah akan semakin seru jika diisi dengan kegiatan merawat tanaman atau berkebun. Mulai menanam bunga, buah, sayuran, dan sebagainya. Ada baiknya kamu menanam tanaman hias yang cantik untuk hiasan rumah dan kaya manfaat. Tanaman hias tertentu memiliki kemampuan luar biasa untuk menyerap polutan dan zat berbahaya yang ada di udara, sehingga membuat kualitas udara di dalam ruangan menjadi lebih baik. Selain itu, beberapa tanaman hias, seperti Lidah Mertua (Sansevieria), Sirih Gading (Epipremnum aureum), Lavender (Lavandula angustifolia) juga dipercaya memiliki efek relaksasi yang dapat mengurangi stres dan meningkatkan ketenangan pikiran.

Penutup

Demikian 6 ide aktivitas me time ibu rumah tangga yang bisa bunda coba. Semoga dengan menerapkan ide-ide tersebut bisa menyegarkan jiwa, raga, dan pikiran Bunda sekalian untuk kembali beraktivitas menjalani rutinitas harian. Selamat mencoba, Bunda! 

Awal Cemerlang adalah platform yang berfokus pada topik parenting & pengasuhan anak usia 2-7 tahun. Kami berharap bisa membantu para ayah-bunda dalam pengasuhan agar si kecil bisa merasakan masa-masa “awal” yang benar-benar “cemerlang”. Lewat website awalcemerlang.com dan social media, kami berbagi tips, cerita, dan info seru lainnya. Follow social media kami di IG @awalcemerlang dan Tiktok @awalcemerlang 😊 Gabung juga di WAG Komunitas Awal Cemerlang.

BACA JUGA  Keutamaan Agar Suami Berkontribusi pada Urusan Domestik

13 COMMENTS

  1. Aku milih menyendiri, tapi selain di kafe juga suka ke alam-alam.
    Lebih enak lagi kemana-mana bawa buku atau jaringan internet lancar.
    Jadi selain baca buku kalo bosen bisa nonton and repeat…
    Seru yaa,,, jadi ibu rumah tangga, hehee

  2. Setuju! Me time penting banget, agar ibu tetap waras. Tetap bisa bahagia saat bersama keluarga. Kalau saya biasanya paduan dari beberapa aktivitas di atas. Biasanya nih, ya ke kafe favorit (kafenya ini tuh enak banget, suasananya tenang, bukan tipikal yang rame), menikmati secangkir coffee latte, sambil membuat postingan blog. Nah dari sana, atau sebelum dari sana, sempatkan diri dulu berbelanja.
    Satu aktivitas me time yang pengen banget suatu saat bisa saya nikmati adalah membaca buku. Hiks, agak gemas sih sama diri sendiri yang kok mulai malas baca buku, justru banyakan habis waktu dengan ngegadget 🙁

  3. Me time yang sudah lama banget tidak dilakukan sepertinya menyendiri di kafe sembari memperhatikan kesibukan rangorang tanpa ada yang mengusik atau menatap aneh.
    Pulang-pulang badan berasa ‘enteng’ pastinya dan di sudut bibir udah tersungging senyum penuh syukur.

  4. Me time memang perlu ya, biar pikiran tetap jernih. kalau membaca poin-poinnya, sepertinya bukan hanya untuk para ibu saja sih ini, yang belum berumah tangga pun bisa apalagi kalau tipenya intovert hehe.

  5. Me time saya window shopping, hehehe
    Gak belanja karena harus hidup hemat
    Maklum termasuk ibu RT jadul yang sering merasa bersalah kalo menggunakan waktu bukan untuk keluarga
    Belanja kan ceritanya untuk keluarga

  6. Me time paling cocok buatku ke kafe. Heheh, menyendiri aja gitu.. uda seneng banget.
    Serasa fresh.
    Mungkin karena ga repot mikirin mau masak apa, mau makan apa. Semua uda terhidang dan aku bisa ngapain aja. Kaya ngerjain remote work atau konten.

  7. Dari ke enam list me time yang disebutkan di atas, saya paling kangen sama me time baca buku sama menyendiri di kafe nih. Tak dimungkiri semua ibu rumah tangga memang butuh me time buat merecharge pikirannya supaya tetap waras dan bisa beraktivitas dengan normal setiap hari.

  8. Dari 6 cara ini, ada 4 cara yang biasa aku lakuin. True banget emang, me time ibu adalah waktu penting bagi ibu untuk mengisi tangki diri agar bisa kembali beraktifitas dengan baik. Klo terlupa, siap2 aja Terima klo ibu waktunya ‘meledak’ hehe

  9. Udah lama gak membaca buku novel, padahal dulu hobby banget. Sekarang lebih suka baca webtoon di hape. Tapi ibu rumah tangga kaya aku suka banget sama kegiatan yang di list tadi di atas, biar gak jenuh hihi.

  10. Kak walaupun saya belum berumah tangga atau menjadi ibu rumah tangga, Tapi semenjak mama saya meninggal otomatis semua pekerjaan rumah jadi tanggung jawab saya. Jadi saya merasa jadi ibu-ibu rumah tangga dan Emang me time itu diperlukan banget untuk menjaga kewarasan. Hampir semua aktivitas yang kakak lakuin di atas dari mulai nonton film, baca buku, nulis blog … semuanya saya suka kecuali menyendiri di cafe karena saya emang kurang suka keluar rumah sih

  11. Me time aku nonton tv di Netflix. Bahagia lahir bathin. Ahaha. Segala masalah suka gak begitu diambil pusing..karena aku buat ada waktunya rehat supaya otak tetep waras dan charge lagi untuk bahagia bagi diri sendiri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.