Hubungan intim adalah sebuah kebutuhan dasar bagi pasangan suami istri. Ketika memasuki bulan puasa, bukan berarti aktivitas ini juga harus berhenti lho. Suami dan istri hanya tidak dapat melakukannya di waktu puasa , sehingga malam hari adalah waktu yang tepat untuk melakukannya.

Kalau Ayah Bunda tidak sengaja melakukan di siang hari, menurut aturan Islam Ayah Bunda harus menanggung kafarat atau denda yang wajib dijalani untuk menebusnya. Dendanya yaitu mengganti puasa selama 60 hari berturut-turut, tapi kalau gak sanggup, kita bisa memilih untuk memberi makan setara 60 orang fakir miskin.

Tapi ada cara nya Ayah Bunda masih bisa ngelakuin hubungan intim tanpa harus membatalkan puasa, nah simak tips berhubungan suami istri di saat bulan ramadhan yaa Bunda.

1. Atur Waktu

Jangan harap Ayah Bunda bisa melakukannya di siang hari saat puasa, karena akan mendatangkan kafarat atau denda. Waktu yang ideal bagi Ayah Bunda adalah antara pukul 9-10 malam, kalau lebih dari jam itu khawatir sahurnya kesiangan ya Bun. Lagipula jam-jam segitu tenaga masih oke, karena baru aja buka puasa.

2. Hilangkan Rasa Bersalah

Ayah Bunda harus hilangkan pikiran bahwa berhubungan badan saat bulan puasa itu adalah dosa. Bunda bisa menikmati waktu berdua dan bermesraan sepanjang bulan puasa tanpa mengganggu kekhusyukan ibadah yang dilaksanakan sejak matahari terbit hingga tenggelam.

3. Persingkat Durasi

Padatnya kegiatan ibadah di bulan puasa ini mulai dari membaca Al-Quran, shalat tarawih dan ibadah-ibadah lainnya mengharuskan Ayah Bunda untuk menyempatkan di waktu-waktu yang tersisa, yakni di malam hari hingga sebelum waktu sahur.

BACA JUGA  Kewajiban Suami Kepada Istri - Semoga Dimudahkan dalam Menjalankannya

4. Jaga Asupan Gizi

Pastikan asupan makanan Ayah Bunda berkualitas agar stamina tetap prima. Jika dirasa masih kurang Ayah Bunda bisa mengkonsumsi suplemen tambahan, multivitamin, atau bahkan afrodisiak (makanan pembangkit gairah).

5. Mandi Junub

Biasakan mandi junub di antara waktu sahur dan waktu subuh agar terbebas dari hadas, badan lebih segar dan siap beraktifitas kembali.

Demikian tips berhubungan intim antara suami dan istri selama bulan Ramadhan.

12 COMMENTS

  1. Hilangkan rasa bersalah itu penting banget, secara hubungan sah suami istri dan menjaganya tetap terpenuhi semua yang dibutuhkan agar selalu harmonis juga bagian dari ibadah.

  2. bisa menggunakan waktu dengan baik dan bukan pada waktu yang terlarang.
    serta bisa dikomunikasikan juga

  3. setuju, hilangkan perasaan bersalah
    karena suami istri berhubungan intim kan sah/gapapa
    Malah dianjurkan agar hormon-hormon yang berhubungan dengan kualitas hidup bisa dibangkitkan dan hubungan suami istri lebih harmonis

  4. sebegitu detilnya islam mengatur segalanya ya. Mewajibkan puasa bagi umatnya. Namun, untuk perkara berhubungan intim sama pasangan tetap bisa dilakukan di malam hari.

  5. Islam tidak pernah memberatkan ya. Selalu ada cara yang tidak melanggar hukum Islam untuk kegiatan apapun yang sah secara agama. Termasuk diantaranya berhubungan intim suami istri. Memberikan pemahaman yang benar agar tidak keliru atau memunculkan praduga yang salah.

  6. Iya sih kudu atur waktunya, karena dua2nya ya bernilai ibadah jangan sampai tumpang tindih. Penting komunikasi antara suami istri dan pemahaman agama yang baik.

  7. Tipsnya mengingatkan kita bahwa meskipun bulan puasa, tetap untuk memenuhi tugas suami dan istri untuk bisa saling memuaskan dan ini pastinya akan berefek pada keridloan pasangan.
    Barakallahu fiik~

    Bener-bener memanfaatkan waktu dengan optimal ini penting banget.

  8. Wah ini jadi pengetahuan buat saya yang belum menikah Kak. Ternyata berat banget ya kalau sampai khilaf melakukan hubungan badan antara suami istri di bulan Ramadan kalau siang hari. Serem sih harus mengganti puasa selama 60 hari berturut-turut meng, atau memberi makan setara 60 orang fakir miskin.

    Udah paling aman ngikutin tips dari kakaknya jeh berhubungan di malam hari dan dengan durasi yang singkat supaya tidak mengganggu waktu ibadah juga langsung mandi junub

  9. senang sekali ada yang membahas tentang hubungan suami istri, karena masih banyak yang merasa tabu, padahal menurut aku yang begini harus dibahas tuntas supaya tidak salah atau jadi takut. paling pas memang malam hari ya kak, terus kalau bisa langsung mandi junub biar gak lupa.

  10. Kalau aku sih cari aman aja kak, dengan tidak melakukan hubungan badan saat berpuasa. Soalnya kadang mandi subuh-subuh itu malesin banget, dingin luar biasa. wkwk. Jadi ya tahan ajalah, cuma 30 hari ini.. hehe.

  11. Makasih tipsnya, berhubungan suami istri ini salah satu kebutuhan juga bagi pasangan yang sudah menikah. Bulan puasa kan cuma menahan untuk tak berhubungan di waktu puasa ya, kalau sudah malam tetap bisa dilakukan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.