influencer parenting di instagram

Di zaman now, belajar bisa dari mana saja, tidak terkecuali social media seperti Instagram. Dari social media, kita bisa menemukan berbagai kategori influencer, termasuk yang membahas soal parenting. Dari berbagai sumber, Awal Cemerlang menghimpun dan menyeleksi influencer parenting untuk direkomendasikan. Berikut ini rekomendasi versi kami:

1 @anakjugamanusia

Jika mengikuti akun ini di Instagram, ayah-bunda akan semakin mendapat pemahaman seputar kesehatan mental anak-anak. Anak Juga Manusia akan memberi tahu bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan si kecil sehingga ayah-bunda akan paham bagaimana membentuk psikis anak yang sehat. Tidak hanya lewat instagram, akun influencer parenting ini juga sudah merilis buku dan menyediakan kuliah online parenting buat ayah-bunda yang ingin belajar lebih dalam soal parenting dengan harga yang terjangkau!

2 Citra Ayu Mustika @olelove

Momfluencer yang satu ini sering dijuluki Mak Aji. Postingan utamanya adalah kisah perjuangan ASI untuk putri pertamanya, Zayda. Melalui #zaidaasijourney, ayah-bunda bisa mengakses kisah Citra dalam mengASIhi Zayda sampai sempat menyusui sambil mengandung putri kedua, Fayza. Beliau juga banyak bercerita tentang ASI, maintenance, dan semua seluk beluk ASI. Citra juga merupakan konselor menyusui bersertifikat.

3 Grace Melia @grace.melia

Grace Melia adalah seorang play therapist bersertifikat yang akrab disapa Mami Gesi. Sebelum memutuskan untuk menjadi play therapist, Gesi aktif menulis di blognya dan mengampanyekan tentang bahaya virus Rubella. Hal ini didasari oleh pengalamannya membesarkan putri pertamanya, Aubrey, atau dikenal dengan panggilan Ubii, yang menderita Congenital Rubella Syndrome yang diakibatkan oleh virus Rubella yang menjangkit Grace ketika mengandung Ubii.

BACA JUGA  6 Akun Instagram Ide Bermain Bersama Anak yang Wajib Difollow

Setelah berdamai dengan keadaan, Grace banyak berkontribusi dalam kampanye Rubella, masih aktif menulis di blog bersama dengan suaminya (Adit) serta bekerja sebagai play therapist.  Grace juga sering berbagi kegiatannya bersama Aiden, putra keduanya, dan membagikan aktivitas gratis yang bisa dicetak sendiri dari rumah. Banyak bahan diskusi bermanfaat dari coretan Grace di Instagram story, lho. Coba deh ayah- bunda follow.

4 Damar Wahyu Wijayanti @damarwijayanti

Wanita yang lebih suka dipanggil Ibu Damar ini dikenal dengan tagar Montessori Sehari-hari. Ibu Damar banyak membagikan kegiatan berbasis Montessorinya bersama Embun, putri kecilnya (E). Ibu Damar juga seringkali membahas tentang masalah emosi pada anak dan Ibu, memberikan beberapa DIY project, mencontohkan messy play bersama E, juga menjelaskan tentang manfaat free play dan banyak tips parenting lainnya.

Bahasan yang diulas Ibu Damar selalu mengena di hati para Ibu yang membaca, karena tulisannya nyaman dibaca, practical, dan tidak terkesan menggurui. Ibu Damar juga seringkali menjelaskan tentang pentingnya keterlibatan orang tua dalam penerapan metode Montessori. Karena dalam Montessori diperlukan 3 pilar penting, yaitu Anak, Orang Dewasa yang Mendampingi, dan Lingkungan.

Ibu Damar juga sudah punya buku lho, judulnya “Rapi-Rapi” (Seri Caramonti). ayah-bunda bisa belajar banyak dari Ibu Damar tentang kesederhanaan dalam pengasuhan anak dan keterlibatan orang tua dalam mendampingi anak bermain.

5 Bendri Jaisyurrahman @ajobendri

Bendri, yang memiliki akun Instagram @ajobendri, merupakan penggiat kekokohan keluarga dan parenting Islam. Instagram Bendri telah memiliki 176 ribu pengikut dan mengikuti 498 akun Instagram. Para orang tua juga bisa belajar parenting melalui situs websitenya, www.fatherman.id dan akun Instagram khusus parentingnya, @fatherman.id. Salah satu konten yang diunggah di @fatherman.id adalah Tips Membangun Kedekatan Anak dan Ayah, sementara di situs webnya tertera menu buku, e-course, dan kelas online.

BACA JUGA  Tips Ngabuburit Ramadhan Bersama Anak

6 Retno Hening Palupi @retnohening

Senang melihat betapa pintarnya kakak beradik Kirana dan Rumaysaa? Ada sosok Retno Hening yang merupakan ibu dari kedua bocah menggemaskan itu. Dikenal berkat pola asuhnya kepada buah hatinya, Retno Hening kini memiliki 1.3 juta pengikut di akun Instagramnya @retnohening.

Menetap di Muscat, Oman, Retno Hening bisa menjadi inspirasi bagi para orang tua dalam mendidik anak-anak. Selain membagikan aktivitas sehari-hari Kirana dan Rumaysaa yang lucu, ia juga kerap memperlihatkan cara mengasuh buah hatinya, mulai dari pelajaran agama, mengisi waktu luang dengan kegiatan bermanfaat, hingga mengajak pengikutnya berderma kepada sesama. Retno Hening bahkan menulis buku dengan judul Happy Little Soul yang bercerita tentang caranya mengasuh Kirana, lho!

7 Chaisplay @chaisplay

Awalnya saya lebih dulu mengetahui applikasi chai’s play yang isinya kumpulan ide permainan untuk anak menggunakan barang-barang di sekitar kita. Mencari permainan yang cocok untuk anak pun tidak sulit karena pada applikasi chai’s play, permainan dikelompokkan berdasarkan umur anak. 

Sampai pada suatu hari, chai’s play muncul di halaman explorer instagram saya. Kontennya menarik, banyak tips-tips yang diberikan, terkadang komik lucu cerita singkat kehidupan ibu, serta repost video dari orang-orang yang mempraktekkan permainan dari chai’s play.

8 Ummu Balqis @ummubalqis.blog

Ummu Balqis termasuk akun yang saya follow belum lama ini. Awalnya karena ada teman yang mengquote beliau. Lalu saya baru sadar ternyata saya pernah dihadiahkan buku “Bukan Ibu Biasa” oleh ibu mertua yang rupanya ditulis oleh ummu balqis. Jangan jiper dulu sama nama “ummu” nya.. Walaupun memang sarat muatan agama, tetapi masih realistis layaknya emak-emak biasa kok. Hehhehe

Katanya sih kunci kebahagiaan pria ada di perutnya. Ya mungkin bisa liat-liat resep makanan di akun ini. Hihihii

BACA JUGA  Mengajarkan Niat Istinja Kepada Anak Sejak Kecil

9 Reisa Broto Asmoro @reisabrotoasmoro

Kalau ayah-bunda ingin mendapatkan informasi tentang kesehatan anak langsung dari pakarnya, maka ayah-bunda perlu follow momfluencer inspiratif yang satu ini, yaitu dr. Reisa Broto Asmoro.

Tidak hanya cantik dan pintar, ia juga merupakan sosok momfluencer yang kerap menghabiskan waktu berkualitas bersama anak-anaknya.

Demikian 9 influencer parenting di Instagram yang bersama mereka, ayah bunda bisa belajar banyak mengenai pengasuhan dan parenting.

Awal Cemerlang adalah platform yang berfokus pada topik parenting & pengasuhan anak usia 2-7 tahun. Kami berharap bisa membantu para ayah-bunda dalam pengasuhan agar si kecil bisa merasakan masa-masa “awal” yang benar-benar “cemerlang”. Lewat website awalcemerlang.com dan social media, kami berbagi tips, cerita, dan info seru lainnya. Follow social media kami di IG @awalcemerlang dan Tiktok @awalcemerlang 😊 Gabung juga di WAG Komunitas Awal Cemerlang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.